About Leopold S

Anak kampung yang hanya dibekali doa dan ilmu oleh Ibu untuk merantau ke pulau Jawa. Saat ini menjadi Ayah dr 2 anak laki2 badung.

Honda CRF250 Rally Edisi 2021. Ubahannya bikin tambah ajib!

Meski sdh launching lebih dari 4 tahun, Honda CRF250 Rally ini makin rame komunitas dan kegiatannya. Kagak ada surutnya, ngegas terus.

Apalagi skrg AHM, sbgmn dinyatakan Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya, menyematkan desain, performa, dan fitur baru.

Apa aja itu babang Leo?

  1. penyempurnaan pada ratio gear sehingga akselerasi lebih responsif
  2. Penyematan fitur assist/slipper clutch di sistem transmisi yang bikin tambah PD libas rute yang menantang.
  3. kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar. Yang membuat Rally berkurang frekwensi refuellingnya. Ukuran tanki menjadi 12,8L dengan konsumsi bahan bakar 34,8km/liter, Rally bisa u menjelajah lebih dari 445km.
  4. Desain swing arm dan cover knalpot bikin bobot turun jadi 152kg
  5. Panelmeter digital yang kini lebih besar dengan ukurang huruf/angka jadi 23mm. Juga informatif dengan tambahan informasi jumlah rata-rata konsumsi bahan bakar dan posisi transmisi gigi yang sedang digunakan.

Nah dengan ubahan-ubahan yang disampaikan AHM di atasm Honda CRF250 RALLY dengan varian warna Extreme Red dipasarkan di harga Rp. 87.500.000, – on the road (OTR) DKI Jakarta.

Unit diharapkan bisa jejak tanah air mulai April. Inden sudah mulai diterima bulan Maret ini.

Cemana? sikatt?

Hasil Test Ride Honda PCX160. Layak Dipersunting?

Ngomongin Honda PCX tentu ngomongin kenyamanan.

Kalau mau kenceng tenaganya, silakan ambil CBR250RR-SP.

Itu mindset saya waktu tiba di fasilitas AHM Safety Riding and Training Centre.

Sayapun pake sepatu santai, dan gear yang nyaman aja buat dipakainya. Meskipun yg ngeliat saya makai mungkin ga ngerasa nyaman ya.

Lalu saat duduk santai mendengar penjelasan teknis, telinga saya mulai tegak.

 Mesin overbore, kompressi mesin naik siginifikan dari 10 ke 12:1, 4 valves dan cc naik ke 156,9cc. Serius keknya.

Kilas balik sedikit sekitar bulan Juni 2012, saya sdh menetapkan hati. Utk ngantor saya akan ambil PCX125 yg CBU Thailand. Udh nonton official video dan review2nya. Lalu saya telp Honda Cengkareng yang relative gede layanannya (secara online paling engga). Mbaknya jelaskan kalau tidak bisa dipastikan kapan unit datang. Bisa 6 bulanan lanjutnya. Wahduh Cancel dan akhirnya pas NINFI keluar, the rest was history.

Saya juga bbrp kali ride test PCX di era 2012-2013.. Nyaman banget.

Kembali ke masa sekarang, itu jugalah yang saya antisipasi. Nyaman.

Saat di tepi sirkuit kecil AHM, langsung tatap-tatapan mata dg PCX merah.

Merah dong yg ditest. Bung pun langsung set-up Insta360 buat ditest.

Cakep bener si merah ini. Warnanya Doff/matte.

Putar kunci on, engine start, alussss…kalau pas berisik banget bisa keder kita ga yakin mesin on apa belum.

Pancing dikit gasss, motor langsung nyundul, kayak ABG liat putri pak RT liwat.

Tarikan awal lumayan nyodok ya. Buat manuver stop n go, berkelit menghindari ribet macet lumayan ngisi.

Rute sirkuti saya liat mayoritas isinya tikungan pendek dan sempit, bener-bener diatur untuk menguji kelincahan motor yang ga kecil-kecil amat ini.

Namanya juga test, ya saya paksain aja ini motor, kalaupun ndlosor di area test ini, engga nyusahin traffic. Gass, tekuk kiri, tekuk kanan. Counter leaning dan segala macam.

Saking isengnya, saya coba kendarai motor ini sambil berdiri dan ternyata meski ga bisa full berdiri, motor ini tetep nurut banget dikendalikan sambil berdiri.

Dan seperti yang bro lihat di video, it excels. Test kelincahan ini dilalui dengan lumayan baik. Malahan saya yg keder. Maklum saat test masih rintik2 dan track basah banget.

Traction control beberapa kali bekerja, terutama saat ngeloncatin ramp, tanjakan patah yang diikuti dengan turunan patah dimana ban sempat tidak menapak di permukaan. Saat mendarat all good. Saya bayangkan di scenario jalur Cikidang yang berpasir saat hujan, masuk tikungan, feature ini mungkin akan lebih teruji dan berguna.

Saat masuk straight baru terasa menurut saya motor ini akselerasinya kalah banget dengan KTM 390Adv. Ahahaha orang gila. Ya jelaslah mas.  Saya bandingkan dengan Endrik Elang. Meskipun di corner sdh mepet. Tapi akselerasi motor saya dan dia terasa menjauh di straight akibat perbedaan bobot mungkin 30kg lebih ahahaha. Untuk rider yang berberat badan normal ini motor yg bergenre comfort bike ini mungkin sudah lebih dari cukup akselerasi dan top speednya.

Jalur straight saya gunakan justru untuk test hard braking dari speed 50-60km/jam ke 0 km/jam. Ini diatas track yang basah lohh ya. Dan hasilnya peret banget sob. Motor berhenti dengan stabil tanpa goyang.

KESIMPULAN

Mungkin saya masih butuh tenaga lebih. Tapi buat bro dan sis yang memilikki bobot dibawah 80kg, motor ini mungkin memenuhi banyak kriteria dengan baik.

Dia berdesain keren dan elegant.

Lincah banget, wenteng.

Powerband di kitiran bawah – menengah ternyata lumayan padahal agak overbore.

Ada pertanyaan ttg geredek, selama test itu ga ada. Mestinya dg adopsi baru ESP+ yang pakai hydraulic cam tensioner persoalan hilang atau terminimalisir.

Masih perlu dilihat bagaimana pendinginan berjalan baik dengan kompresi mesin yang naik dari 10 ke 12. Mestinya sih ini sudah diantisipasi dg baik oleh tim engineer AHM ya.

Ini motor layak dipersunting dg harga yang ditawarkan. Harga cukup diposisikan agresif terhadap Yamaha NMax. Kalau ada selisih-selisih, Well, after all, it’s a Honda.

Btw jadi penasaran dg PCX e:HEV nih hehehe.

Price List Moge Kawasaki Tahun 2021. Naik Cuy….. Cuan yg udh punya.

krn beberapa kali ditanyain temen2 soal kapan moge Kawasaki masuk lagi dan berapa kira harganya, akhirnya saya tanyakeun ke temen-temen lain.

Salah satunya mas Ricky Ong, Kawasaki Jakaindo, tempat saya ambil KLX450R dan Ninja ZX25R. Dari pemberitahuan resmi diperkirakan estimasi paling lambat Juni 2021. Namun mas Ricky memproyeksikan April sdh mulai bisa beredar.

Karena statusnya masih nunggu clearance untuk PI unit-unit tersebut.

Tapi barusan dikhabari bagi bro/sis yang berminat sudah bisa inden segera unit2 tertentu.

Ga semua unit bisa diinden ciuy, ternyata new ZX10R juga blm ada.

Harganya berapa mas?

nah silahkan pantengi price list ini. Khusus utk moge CBU harga masih ada kemungkinan berubah yak.

Yang menarik bagi pemilik Z900RS Cafe bisa nyengir lebar ini. Karena harga barunya naik lagi ke 316 juta. Aman cuannn ahahha…

Buat saya yg cuman bisa kepengen dan nyimpen fotonya yah berfantasi aja lihat harga2 yang makin naik ini.

Gimana? sikat ga?

Strategi AHM Naikkan Gengsi CBR150R di kelas Sport 150cc

Dalam situasi tekanan ekonomi akibat COVID, AHM memutakhirkan jurusnya di kelas pasar sengit 150cc sportbike. Welcome New CBR150R!

Menyerap DNA racing dari CBR250RR, CBR150R adopsi gaya desain yg sama agresif dan sportynya.

Apa aja? Simak ini

  • Assist/ slipper clutch dan
  • Inverted front suspension
  • Ergonomi riding yang condong ke depan/agresif
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Emergency Stop Signal (ESS), lampu hazard akan aktif saat hard braking

Untuk sector dapur pacu, AHM menilai performa mesin yang ada sekarang masih cukup. Dengan mesin 150 cc DOHC berpendingin cairan, mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 12,6 kW (17,1 PS) @9.000. Sanggup membawa All New CBR150R melaju dari 0-200 meter hanya dengan 10,6 detik dengan kecepatan maksimal 127 km/jam.

AHM masih memberikan opsi non-ABS selain ABS di CBR150R ini. Yang tipe Non-ABS ada 4 pilihan warna Matte Black, Dominator Matte Black, Victory Black Red, dan

Honda Racing Red ditambah warna special MotoGP. Varian ini dijual di harga Rp. 35,9 juta.

Utk varian ABS ada 4 tipe: Victory Black Red dan Dominator Matte Black dibanderol Rp. 39,9 juta. Untuk Honda Racing Red dijual di Rp. 40,6 juta. Serta MotoGP dipasarkan di Rp. 40,8 juta.

Gimana pendapat mas Leo?

Menurut saya AHM mencoba menaikkan kelas CBR150R ke segment yang lebih tinggi dari segi gengsi dan harga dibandingkan sportbike 150cc lain. Ini dengan mengandalkan adopsi keras racy style CBR250RR. Menyedot wibawa kelas di atasnya.

Cara lain dengan membenamkan feature seperti upside down dengan spek kelas 250cc.

Strategi ini cukup smart, memisahkan kelas dari pesaingnya. Dan menurut saya akan menarik potential market CBR150R, yang siap bayar lebih untuk gengsi 150cc yang berbeda.

Kekurangannya apa? hmmm kalau AHM juga melakukan ubahan/upgrade pada mesin sehingga juga superior dari segi performa dibandingkan rival2nya, bakalan josss juga deh.

Next: Honda ADV 160 4 Klep. Makjannnn!

Setaun lalu begitu kelar test Honda ADV 150 di area Dieng sampai Ambarawa, saya langsung ditanya oleh seorang petinggi AHM. “Gimana mas kesannya ADV 150?”

Babang Leo beserta adik2 kelas

“wah ini handlingnya enteng dan enak banget. Saya bbrp kali salah speed/posisi masuk tikungan (maklum ga hapal Dieng yg sempit tikungannya), ngoreksinya enak banget. Mungkin the best handling utk kelasnya”

“Nahh cuman tenaganya buat berat ama riding style saya, kurang banget apalagi kalau ketemu tanjakan. Ini ganjelannya” Ujar saya polos-polos aja, sebagai seorang bapack2 tua.

Beliau manggut-manggut lalu bisik2 “masih off-the-record ya mas. Akan ada ubahan di area mesin mas, tmsk 4 klep.”

Saya menatap mata beliau, sambil wahhhhhh.

Kewajiban off-the-record saya kira jadi gugur dengan keluarnya Honda PCX 160 4 klep secara resmi ke pasar.

Saya perhatikan baik-baik perubahan speknya

PCX 15014,49 dk / 8.500 rpm13,2 Nm / 6.500 rpm
PCX 160 4 klep15,8 dk / 8.500 rpm15 Nm / 6.500 rpm.
Perbandingan Tenaga dan Torsi PCX 150 dan PCX 160 4 klep

Tenaga naik hampir 1,5 HP. that is nice! more top speed. Tapi yang lebih impressive adalah torsinya naik 1.8 Nm. Ini bakal berasa banget di tarikan mesin.

Ini basicnya, Kalau kurang puas, tentu bisa diakali/disesuaikan prefer tenaga galakan dirange mana dengan kombinasi pulley atau menggunakan piggyback atau ECU aftermarket seperti BRT Juken.

Honda juga benamkan traction control, in par, dg revisi NMax terbaru, Honda Selectable Torque Control. Fasilitas ini akan mengurangi torsi pada saat ada gejala ban spinning. Penasaran beut!

LHOH mas kan belum ada pernyataan resmi apapun soal Honda ADV 160 4 klep ini?

Seperti bisik-bisik petinggi AHM ke saya saat break test ride itu. “tunggu aja bro/sis”

Bakalan jadi godaan banget deh buat saya Honda ADV 160 4 klep ini. Any thought? gimana bro dan siz?

IMG_7367.jpg

Yamaha R6 dan WR250R akan Stop Produksi! Kenapa?

Di saat dominasi Yamaha WZF-R6 di ajang WSP600 selama beberapa tahun terakhir, berita ini muncul. Ada yang kaget, kalau saya sedikit tidak.

Pernyataan resmi dari Yamaha adalah

With deep consideration of evolving global market trends and regulations that limit production volumes on certain models, the following Yamaha models will be discontinued after model year 2020: YZF-R6, VMAX, WR250R and SMAX.

Yamaha understands the iconic history of these models. Regarding the future, Yamaha is continuously looking at new ideas and concepts to support and expand the market, as well as enhance our customers’ experiences.

yang kurang lebih artinya berikut:

Dengan mempertimbangkan scr mendalam trend perubahan market global dan juga regulasi yang membatasi jumlah produksi model2 motor tertentu, maka model motor Yamaha berikut akan dihentikan produksinya setelah model year 2020: R6, VMAX, WR250R, dan SMAX.

Yamaha memahami sejarah penting dari model-model tersebut. Terkait masa depan model2 itu, Yamaha akan terus mencari gagasan dan konsep baru untuk mengembangkan market dan juga pengalaman riding pengguna motor.

Ada dua alasan yang diajukan: perubahan market global dan pembatasan jumlah produksi.

Di luar negeri, dimana skema pajak tidak seperti di Indonesia, memang penjualan motor sport 600cc mulai tertekan dengan sport 1000cc. Perbedaan harga sangat tipis jika dibandingkan dengan perbandingan performanya yang sangat signifikan.

Tapi saya merasa di kelas middleweight sport Yamaha pasti akan balik lagi. Sama seperti Honda.

Mungkin kembali dengan konfigurasi mesin CP3 675cc seperti Triumph dan MV Agusta? siapa tau. Kedua motor diatas galak di jalan raya dan di areana balap krn torsinya yg superior.

Untuk WR250R yang sebenarnya baru saja mengalami peremajaan, saya belum mengerti sepenuhnya kenapa didiscontinue, karena ini masih hot items. Apakah karena aturan euro? kalau iya, berarti akan sama balik lagi.

Untuk VMax setau saya, di Indonesia aja deh, susah banget jualnya ini motor.

Kita nantikan langkah berilkutnya Yamaha di kelas sport middleweight yang terlalu manis untuk ditinggalkan.

Kawasaki Z250 NIK 2021 Terbatas Banget. Harga Menarik Nih.

Buat yang demen dengan Ninja 250 2018 (dua silinder yaaaa, kali aja ada yg buru2 bacanya), tapi suka yang telanjang-telanjang, nih sikat bro dan girls, Kawasaki Z250 NIK 2021.

Jangan kelamaan karena jumlah unit yang dilepas terbatas. Limited edition.

Dibekali dengan mesin Ninja 250FI 2018, Z250 ini akan hadir lebih lincah dan powerful dibandingkan Z250 yang lama.

Asyik nih buat muter-muter touring tipis dengan pacar atau kalau jomblo, dengan batangan lainnya hehehe.

Z250 Frame Year 2021 ini akan hadir singletone, abu-abu gelap dengan sapuan hijau pada list. Langsung di decal nih kalau saya mas.

Kalau minat segera kontak dealer Kawasaki terbesar dan terdekat dengan kediaman bro dan girls.

Meskipun ini diklaim model/frame year 2021, ternyata motor ini masih merupakan Z edisi pertama. Belum adopsi mesin Ninja 2018.

Harga berapa mas?

Menarik banget, untuk OTR Jabodetabek dilepas di harga Rp. 56,9 juta rupiah.

Jangan kelamaan mikir, unit terbatas banget. Saya ga bisa cerita sayangnya berapa unit,

Buruan!!