Adu Akselerasi ZX300R vs ZX25R !! Selisih berapa kebon?

Pemilik ZX25R tentu mahfum. Tenaga ZX25R memang meledaknya ya diatas. Namanya juga mesin 4 silinder 250cc.

Saya sejak Agustus 2020 berusaha cari akal bgmn caranya supaya tarikan bawah ZX25R saya lebih nampol. Terutama utk kebutuhan harian yang sering stop n go atau harus bermanuver melepaskan diri dari kemacetan.

Saya waktu itu pasang knalpot aftermarket (Prospeed dan Sportisi), piggyback powertronic dan menaikkan gir belakang ke 50T. Hasilnya galak banget di lampu merah. Bejaban lah dengan 2 silinder.

Nah Sportisi pergi lebih jauh lagi, dengan develop paket bore-up ke 300cc.

Emang seberapa sih bedanya dengan yang standar ?

Kita bahas spek modifikasinya belakangan aja ya. Perbedaan pada karakter tenaga yang dirasakan ini yang penting.

Kalau naik ZX25R standard, saat start, sementara kita dibuai oleh merdu suara 4 silindernya, kita mesti sabar main throttle karena tenaga menantinya di RPM tengah ke atas. Di lampu merah atau saat stop n go. Kalau dengar ZX25R pas akan jalan direvving up/meraung, itu karena ridernya ingin segera dapat sentakan tenaga. Tenaga mulai berasa di RPM 6-7ribuan.

Saat saya test ZX300R ini, dari awal puter throttle sedikit udh terasa nyundulnya. Tenaga lebih padat ngisi mulai dari betotan awal. Gimana sih, terasa putaran gas di tangan PLUS suara revving up linear dengan sentakan motor ke depan. Ini beda banget dengan ZX25R biasa.

Penasaran, saya pakai Racelogic untuk tahu secara lebih terukur berapa sih perbedaan akselerasinya utk mencapai 100km/jam?

Test dilakukan pada lintasan yg sama, dan bersih di area Tangsel. Juga oleh ride yg sama, bapack2 dengan bobot 88kg berusia 47tahun.

Motor ZX25R yang dijadikan pembanding adalah sesama ZX25R Standard non ABS milik bro Arya member ZRI Tangerang, tambahannya hanyalah knalpot aftermarket by Sportisi.

Kita ambil 3 kali take, (ingat jokinya sama) dengan hasil terbaik seperti ini:

Akselerasi ZX25R Standard dg knalpot Prospeed

kecepatan 0 sd 60 km/jam dicapai dalam waktu 4.16 detik. Sementara ke 100km/jam butuh waktu 8.22 detik

Gantian dengan ZX300R, Settingan KTRC dan Power Mode dibuat sama.

Dan ini hasilnya.

Akselerasi ZX300R

Kecepatan ke 60km/jam dicapai dalam waktu 2.77 detik, sementara ke 100km/jam butuh hanya 5.94 detik.

Itu ada yg dihapus krn setelah setelah ngerem sempat jalan lain.

Kesimpulannya, emang bukan hanya sekedar data spek teknis dan feeling saat berkendara, tapi juga real time akselerasinya benar2 beda signifikan.

Sekarang kalau kita lihat data on dyno, memang wajar sih ada perbedaan akselerasi sebesar itu, karena torsinya saja loncat jauh dari 18 ke 25 Nm.

Apa aja sih ubahannya mas? ini saya ambil dari IG Sportisi ya

untuk lengkapnya bisa hubungi Sportisi atau mas Bram di +62 811-184-318

sensasinya akselerasinya? Beda!

6 thoughts on “Adu Akselerasi ZX300R vs ZX25R !! Selisih berapa kebon?

  1. kira kira buat harian enak gak ya om?, secara std udh jarang disalip, dan udh minum bensin merah, tp jiwa kadang pengen nambah power buat si zx saya.

  2. Dari awal pengen cobain Powertronic, sudah liat youtube tutorial pasang, dan reviewnya jg. Kalo bore up nggak deh ah hehehe

Leave a comment