Tahun 2023 Kawasaki 399cc Inline4 alias ZX4R Mendarat di US

Setelah hampir 2 tahun, negara-negara lain hanya bisa menelan ludah melihat ZX25R beredar di Jepang dan beberapa negara Asia, versi ORIGINAL dari motor 4 silinder small cc akan segera mengaspal secara global. U.S. National Highway Traffic Safety Administration mengkonfirnasi pendaftaran VIN (Vehicle Identification Number)  baru sebuah motor 399cc Inline-Four untuk tahun 2023 dari Kawasaki.

Kenapa versi original mas? Karena sejak di meja gambar, small cc 4 silinder memang dimaksudkan untuk 400cc yang merupakan target produksi global, bukan 250ccnya.

Ini terlihat di informasi patent yang didaftarkan Kawasaki tahun lalu. Design fairing dan intake udara yang mirip ZX25R didesain untuk “ a vehicle having four-cylinder 400 cc engine.”

Informasi dari pendaftaran VIN bulan Maret ini mengkonfirmasi beberapa hal:

  1. Kubikasi adalah 399 cc dengan jumlah silinder 4 buah
  2. Tahun release adalah kode “P” atau 2023
  3. Untuk tanggal release masih diembargo, alias tbd (to be determined), ini akan diupdate di kolom VIN kemudian.
  4. Maksimal horsepower juga masih diembargo, namun diperkirakan maksimal di kisaran 60HP on crank. Yang jelas torsinya akan lebih besar secara signifikan dibandingkan ZX25R.
  5. Akan hadir dengan varian ABS, hanya saja belum diketehui apakah akan menggunakan dua disc depan mengingat velg ZX25R sekarang sudah ada dudukannya.

Dengan berkembangnya market biker muda belakangan ini, dan krisis ekonomi termasuk BBM, kehadiran ZX4R di pasar global menurut saya keputusan cerdas. Dengan perkiraan harga baru antara 100- 140 juta rupiah (di US ya, bukan di Indonesia) alias dibawah sport 600cc yang berbanderol 160-180an juta rupiah, maka ZX4R jadi pilihan yang sangat menarik. ASLI.

Apakah akan masuk di Indonesia dan di harga berapa?

Kawasaki mengandalkan line-up produknya dari produk import moge. Dan kalau survey pasar mengindikasikan peminat, terutama dari basis rider ZX25R yang ingin upgrade, mengapa tidak? Dengan PPNBM dan PPhBSM dan Pajak Import, harganya bisa di kisaran 180-200juta.

14 thoughts on “Tahun 2023 Kawasaki 399cc Inline4 alias ZX4R Mendarat di US

  1. Harga di kisaran 180-200jt, kode keras nih 😁😁😁🙏, setelah lama idam2 moge small cc tp 4 cylinder, akhirnya kawi yg kasih jalan. Sayang cb 400 superfour vtec harganya d indo sangat2 gelap.

    Semoga ada diversifikasi naked nya 🤗🤗🤗

    Btw kmn aja om jarang rilis artikel, semoga om dan keluarga selalu diberinkesehatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa amiiinnn

    • Aminnn srmoga begitu mas, ceruk pasarnya masih besar.
      Terbukti ZX25R cukup laku meskipun harganya diatas kelas 250 yg ada.

      Kemarin2 sibuk kerjaan mas ampun

    • Bisa, biasanya bisa kalau memang 1 basis beda cc doang

      ninfi bisa up ke 286, ninfi baru bisa up ke 399, r25 bisa ke 320.

      Buat menghindar pajak sih cocok ya, yang jelas bukan saya. saya rakyat biasa ahhaha

  2. Wah, sudah lama saya tidak komentar di mari om, sehat selalu untuk kita semua, saya punya pemikiran om, dan ujungnya jadi pertanyaan buat saya, apakah sekiranya cylinder body ninja zx-4r ini bisa masuk buat ninja zx-25r ya om? Jadi hitungannya seperti bore up, tapi pakai part resmi om.

Leave a comment