First Impression Nunggang KTM 250 Adventure: Kok Enteng GIni Ya?

Ini motor udah rame sejak 2019. Tapi baru masuk ke Indonesia 2 tahun kemudian.

Banyak ditunggu oleh biker yang

  1. Senang adventure ride
  2. Penasaran dg KTM Bike
  3. Butuh yg CC kecil dg harga terjangkau

Rata-rata yang nanya ke saya masuk ke kategori di atas.

Saya awalnya skeptis dong, ahhh apaan ini motor spec down dari KTM 390 Adventure.

Lalu pas weekend ada kesempatan test ride tipis2 KTM 250 Adventure. Saya dikhabari sementara jadwal baru bisa test di groundnya KTM. Karena masih banyak yang datang buat nyobain. Nanti kalau lega, baru deh bisa test jauhan dikit.

Kembali ke motor.

Kalau lihat spec di atas kertas, kening agak berkerut, karena hampir tidak ada perbedaan kecuali pada kapasitas mesin, dashboard dan keluaran tenaga/torsi.

Hampir semuanya sama plek. wheelbase, seat height, sasis, bodi, dll.

Tapi kok begitu didudukin dan dinaikin beda ya?

Ergonomic

Ini plek sama dg KTM 390 Adv, nyaman, penuh kendali. Tidak setegak supermoto/dual purpose, namun lebih santai ketimbang naked/streetfighter.

Kaki menjejak dengan lebih baik pakai 250 ini. Meskipun diatas kertas seat heightnya sama (855 mm), tapi pada prakteknya motor ini lebih rendah ketimbang 390 Adventure. Lebih bersahabat. Meskipun tetep lebih tinggi ketimbang Versys X 250 mnrt saya.

Posisi lengan cukup tinggi, kaki juga rileks.

TENAGA

Diatas kertas KTM 250 memiliki tenaga 29HP (on crank) dan torsi 24Nm. Sementara 390 Adv tenaganya 42,9HP dengan torsi 37Nm. Lumayan ya selisihnya.

Dan ini terasa saat gas dibejek.

Oommph yang biasa terasa di 390 kurang terasa disini. Tapi ini sepertinya diakali oleh KTM dengan mensetting gearing pada gigi 1 dan 2 yang lebih panjang. Sehingga di kitiran bawah enak banget. Untuk ukuran 250cc 1 silinder harus saya bilang tenaga yang dikail lumayan ngisi. Mungkin juga karena ratio compression mesin yang tinggi ya, hampir 1:12.5

Sistem injection sama smoothnya dengan 390 Adv, apakah sudah pakai Bosch injection systtem juga? kalau iya top banget ini

Sayangnya kita ga punya kesempatan untuk mengenal karakter tenaga KTM 250 Adventure ini pada kitiran menengah ke atas ya.

On paper KTM 250 Adv ini unggul torsi dibandingkan Versys X 250 (21,7 Nm), dan unggul tenaga serta torsi dibandingkan CRF 250 Rally (25,6 PS @8.500 rpm dan 23,1 Nm @6.500 rpm)

HANDLING

Meskipun diatas kertas motor ini hanya 2 kg lebih ringan dibandingkan KTM 390 Adv, namun handlingnya ringan banget. Dugaan saya karena centre of gravity motor yang juga lebih rendah. Sehingga saat harus bermanuver zig zag, mudah sekali swerving motor ini dari kiri ke kanan, lebih enteng ketimbang 390 ADV.

Saat kita hitung perbandingan suspensi depan, memang suspensi KTM 250 Adv lebih pendek sekitar 2 sd 2,5 cm ketimbang KTM 390 Adv.

Posisi stang utk standing riding agak rendah, mirip 390 Adv, perlu ditambah raiser stang.

BRAKING dan SUSPENSI

Pengereman sudah dual ABS, di medan paving dan beton kering, motor berhenti dengan amat baik,

Suspensi terasa lebih keras compressionnya dan jarak mainnya lebih pendek dibandingkan 390 Adv. Kekurangna lain adalah tidak adjustable seperti 390 Adv, Hahahaha iyalah mas.

KESIMPULAN

Motor ini lebih ringan dan lincah dibandingkan 390 Adventure. Dugaan saya karena centre of gravity dan mungkin ground clearancenya juga lebih rendah, meskipun di brosur bilangnya sama.

Untuk tenaga 250cc 1 silinder menurut saya dengan kompressi yang tinggi, powernya sudah termasuk yang terbaik. Ini saya bandingkan dengan Dtracker 250 dan CRF250 Rally (standard) ya, yg sesama single silinder.

Kelincahan motor ini mungkin membuat bro dan sis berpikir utk menjadikan motor ini daily bike. Yaaaa bisa sihhh…. tapi ingat lho fast moving parts nya KTM ya tetap ga semurmer Yamaha.

Tapi ga apa2lah namanya suka.

Utk kemampuan adventure, motor ini recommended di kelas 250cc adventure. Tentu bannya yang sangat road-oriented (MRF Mogrip Meteor) perlu diganti kalau medannya lebih sering off-road.

Jadi buat biker yang: senang adventure ride, penasaran dg KTM Bike, dan butuh yg CC kecil dg harga terjangkau: KTM 250 Adventure ini pilihannya.

9 thoughts on “First Impression Nunggang KTM 250 Adventure: Kok Enteng GIni Ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s