Kurang 3 Hari, Tiket Mandalika WSBK Baru Terjual 30% dari Target. Masalahnya dimana?

Wakil Ketua DPRD NTB Muzihir mengaku sangat kaget ketika mendapat informasi bahwa per hari Senin tanggal 7 November 2022 tiket Mandalika WSBK yang terjual baru sejumlah 30% dari target.

Panitia sendiri menargetkan penonton sejumlah 50,000 orang akan mendatangi WSBK 2022 ini.

Mengapa jumlah tiket yang terjual masih jauh dibawah target yang ditetapkan?

  1. Faktor popularitas WSBK yang di tanah air memang masih di bawah MotoGP, apalagi tidak ada stasiun TV gratis yang menayangkan kompetisi ini.
  2. Pengalaman penonton saat WSBK Mandalika 2021 yang mungkin kurang positif, sehingga menyebabkan minat datang ke Mandalika berkurang drastis. Harus diakui dari pengalaman saya ke berbagai sirkuit dunia, Mandalika dari segi akses yang paling, apa ya namanya, buruk. Jika bukan bagian dari undangan khusus, bro/sis harus menggunakan shuttle bus utk kemudian diantarkan ke lokasi sirkuit. Waktu tunggu ini amat sangat lama dan melelahkan hingga banyak yang memutuskan untuk jalan kaki sejauh hampir 6km dari/ke lahan parkir. Begitu juga dengan kesulitan mencari penginapan dan persoalan logistik lainnya.
  3. Promosi kegiatan yang kurang gencar. Sesungguhnya ada bbrp kantung yang diharapkan bisa menyumbang penonton cukup besar. Seperti wilayah jabodetabek, surabaya, bandung, medan, balikpapan, yogya, dan kota2 besar lain yang komunitas pencinta motornya sangat hidup. Promosi yang segmented yang dilakukan sejak jauh hari sebelumnya akan merasa mereka-mereka ini disapa dan terdorong untuk ikut. Tentunya promosi ini diikuti dengan penjelasan apa saja perubahan yang dilakukan sehingga Mandalika lebih bisa dinikmati.
  4. Perbaikan fasilitas dan prosedur di Mandalika yang disampaikan luas kepada publik sehingga mereka mengetahui kelebihan Mandalika 2022 dibanding gelaran sebelumnya
  5. Mungkin penetapan target 50,000 agak terlalu tinggi, mengingat tahun lalu yang hadir saja hanya 20,000 orang

Gelaran WSBK di Mandalika ini bukan hanya urusan penyelenggara ataupun pemangku kebijakan di bidang roda dua, tapi juga soal nama baik bangsa.

Jangan sampai kita mengeluarkan begitu banyak biaya untuk membangun sirkuit namun tidak mampu menjadikan gelaran event internasional disini berjalan meriah. Kalau kemudian sampai dinilai gagal dari segi penonton, yang malu kan juga sebangsa Indonesia.

1 thought on “Kurang 3 Hari, Tiket Mandalika WSBK Baru Terjual 30% dari Target. Masalahnya dimana?

  1. Yg jelas..
    1.Akomodasi ke Mandalika yg lumayan mahal ..dan penggila balap motor dan team balap pun saat ini mungkin msh banyak di pulau jawa,
    2. terdengar hotel dan penginapan selama even wsbk/motogp di sana banyak yg aji mumpung getok harga berkali lipat dr biasanya ( ini udah budaya masyarakat kita sih hehe alesanya setahun sekali atau gak tiap bulan naikin harga inih)
    3.kalo ke mandalika via. perjalanan Darat pasti perlu jauh2 hari ajukan cuti hehehe buat yg dr luar lombok misal dr jawa,sumatera borneo sulawesi..

Leave a comment