Pemenang dr Ninja 250 Karbu versus 250 Injeksi

Pagi Broh dan Sis

bbrp waktu lalu saya sempat cerita mengenai KMI (Kawasaki Motor Indonesia) yang meminjamkan Ninja 250R (Karbu) selama Ninja 250 FI saya ditarik dan diperiksa oleh KMI.

Bianka ditarik

Bianka ditarik

Kesan pertama: lebih cantikan Bianka.

Meskipun Ninja Karbu tersebut masih terawat sekali – namanya juga motor peliharaan pabrik, KM masih 700, tanpa cacat. warnanya ijo lagi. I still want my Bianka.

Lime Green

Lime Green

Selama kurang lebih 200 km, si Limey ini saya ajak ngantor,  kopdar NEX, dan full weekend riding untuk merasakan perbedaan dg Bianka. Berikut kesimpulan saya:

1. Torsi.

Untuk torsi awal, saat gas dibetor pertama, Ninja Karbu memang terasa SEDIKIT lebih responsif. Tidak signifikan bedanya. Meski begitu saat dicoba diputaran lurus Foresta BSD, menurut saya Bianka lebih ngisi di putaran menengah ke atas. Mungkin ini persoalan setting karbu ya.

2. Handling.

Perbedaannya lebih terasa disini. Naik Ninja 250 karbu itu, terutama pada kecepatan pelan saat melintasi padatnya ibukota, terasa seperti kalau memegang golok dibalik. Lebih berat di depan. Kita harus lebih sering mengendalikan arah dan keseimbangan pada kecepatan rendah. Begitu pula saat saya lepas tangan dan deselerasi saat memasuki cluster, kalau Bianka tetap stabil sampai kecepatan di 15km/jam barulah stang mulai goyang. Sementara dg Karbu, begitu kecepatan drop di 20km/jam stang sudah geol. Saat cornering di lintasan BSD ataupun Bintaro, Bianka lebih cepat persiapannya dan nurut saat masuk tikungan, walaupun utk keluar, tenaganya lebih terasa siap di karbu. Faktor ukuran ban juga mungkin berpengaruh utk handling cornering ya.

3. Vibrasi dan panas

Saat revving up, saya merasa vibrasi lebih terasa di Ninja Karbu. Terutama pada paha yang mengepit body dan tangan yang menggenggam setang. Panas yang saya jarang rasakan di paha dan betis saat menaiki Bianka, terasa lebih noticeable, di Limey ini.

4. ‘Ukuran’

Saya beri aposthrope karena ini adalah ukuran yang kita rasakan sebagai rider. Belum tentu ukuran real. Saya merasa Ninja Karbu ini terasa lebih kecil di dek depannya. Lekuk sambungan body dan fairing depan mengingatkan saya ke RGR.

IMG-20130216-00519IMG-20130309-00757

5. Bodywork dan finisihing

Ninja Karbu terlihat lebih kokoh materialnya dan lebih presisi sambungannya. Jika anda punya/memperhatikan Ninja Injection coba bandingkan sambungan antara tanki dan fairing kiri, akan terlihat celah yang tidak bisa diakali. Tidak mengganggu, tapi itu seperti putri cantik dan gaun indah, tapi ada sobek di ketiaknya.

6. Fuel Consumption

Kesimpulan saya terlalu prematur mungkin krn hanya bisa review selama 200km utk Karbu. Saya rasa perbedaan fuel consumption di antara keduanya TIDAK signifikan, dengan karbu sedikit lebih boros.

Kesimpulan Akhir

Disini tentu subyektif, but i like my Bianka much more. Injeksi adalah pemenangnya, dihatikyu….

Modern look, edgy, terutama di bagian depannya tidak bisa dibantah.

Apakah kalau saya pemilik Ninja Karbu saya akan upgrade ke Ninja Injection?

hmm, engga perlu, tidak sebanding dg selisih uangnya.

Kalaupun akan upgrade saya akan naik CC atau tambah silinder.

My rule of thumb for product upgrades:  Jangan ganti produk yang kita miliki sekarang dengan produk/serie pengganti, kecuali sudah terjadi dua kali upgrade.

Misalnya anda punya Canon DSLR 20D, keluar yg 30D biarkan saja, tidak akan signifikan. Kalau memang mau ganti, gantilah dgn 40D, atau naik ke serie diatasnya seperti 5D.

Menjual Ninja Karbu, apalagi kalau umurnya masih dibawah 3 tahun, untuk kemudian menggantinya dengan Ninja Injection engga akan saya lakukan.

Bianka dan anak bungsu saya, Devonio 7 Diotibenedica.

Bianka dan anak bungsu saya, Devonio 7 Diotibenedica.

Iklan

73 thoughts on “Pemenang dr Ninja 250 Karbu versus 250 Injeksi

  1. Maturnuwun sanget ulasannya Om Leopold…..
    Temans…terus terang saya pemula sekali mau meminang Kawazaki menjadi tunggangan saya sehari hari. Masih menunggu Z250 yg entah kapan dlm medio Maret-April ini akan saya dapatkan.
    Pertanyaan pemula dan basic, Pertamax jelas bagus…bagaimana dengan mengkonsumsi bensin ? Atau 50:50 ?
    Saya blm pernah tau tentang seluk beluk Kawazaki..harap maklum. Saya penunggang HONDA yg mana kian hari disainnya tidak menarik lagi buat saya.
    Matur Nuwun

  2. saya udah bawa ninja carbu dari awal di release KMI sampe akhirnya meminang n250fi. banyak plus dan minusnya dari perbandingan keduanya (pendapat pribadi). dari sudut pandang handling pendapat saya bertolak belakang sama om leo. saya lebih suka carbu krn fi sedikit terlalu enteng terutama jalur saya semi luar kota. mungkin juga krn saya nyoba carbu duluan dan sudah terbiasa sama handling carbu yg saya pegang sekitar 4 tahun (32rb km) sedang om leo kebalikannya 🙂

  3. Nampaknya begitu om. om Yudie lebih terbiasa dg yg Karbu dan saya sebaliknya heheh
    Tapi ini apa maksudnya om Yudie menyesal pake FI dan pengin balik ke karbu? nanti saya comblangin om hihihi

  4. hahah ngga om, kan udah ane bilang ada banyak plus dan minus dr masing2. cuman butuh rada lama ngerubah riding stylenya. klo nyesel sih jelas ngga, soalnya yg FI lebih enak diacak2 sendiri (ecu+piggyback) sesuai keinginan walau seringnya malah jd berantakan hahaha. emang ga bisa dipungkiri kadang suka kangen ama si carbu.

  5. Taruna dah jajan padahal belum kepegang… di hipnotis waktu telpon bakul Audio. niat awal ganti tape bawaan Taruna yang masih kaset… eh malah pasang TV double Din+cam, Audio set,alarm, gembok setir hadewww…. Abis deh tabungan buat ganti knalpot prospeed.. Uapess… sedikit masukan masbro… mbok yo pasang widget daftar isi atau artikel terakhir.. biar enak berselancarnya 🙂

    • hahaha, jadi inget 10 th lalu waktu beli motuba pertama, jajannya juga banyak aneka rupa…
      Tapi kalau utk dipakai weekend atau mudik TV double din itu penting brooo. Alarm kudu, apalagi kalau ga ada asuransi.
      Widget recent post udah kok bro, ada di kanan.

    • prospeed melayang :mrgreen: tapi gapapa yang penting anak seneng nonton dvd kartun terus sepanjang perjalanan, apalagi buat mudik :)… eh ya widget sepertinya belum nongol

  6. eh udah ganti knalpot lagi tho mas..?? jadi prospeed carbon skrg he3.. Reviewnya dong mas ttg knalpot blueflame vs carbon, suaranya juga ya sekalian enakan mana, matur nuwun

  7. Om sy mau nunggang kawasaki ninja 250 FI kira2 tinggi 160+ dan bobot badan saya 55kg+ cocok gak ya? hehehe pencerahan nya ya ommm leoo&biankaa

    • sepertinya sih masih bisa ya. Coba nanti ganti ban yg ke ukuran (tinggi) 60. Standarnya kan 70. Kalau masih mepet juga pakai boot biker (demi keamanan juga)

  8. terus terang saya lebih suka ninja karbu disamping karna yang saya rasakan ninja karbu lebih berasa gagah dan kencang saat dikendarai

    • Yakin masBro bilang gitu prasaan kalau injeksi ganti knalpot aja settingnya ribet banget apalagi sampai injeksinya eror waduuuuh manteb tuh

  9. Nimbrung om….. saya udah lama pake carbu, malah sampai saat ini udah 3 kali ganti carbu…. emang saya akui kalau dulu pas inject baru keluar, saya sempet kepincut sama body inject, kalo mata agak rabun2 dikit bisa dikira zx6r hehehe (kidding)

    Saya lebih setuju sama komentar bang alex diatas, kalo pengalaman saya justru carbu lebih mantab, dimana tenaganya resposif, keluar tikungan lebih garang, …. yang saya bicarakan masih dalam konteks sama2 standar, paling banter sebatas porting polish bukan bore up

    Sampai saat ini di comunitas saya di bekasi, belum ada yang bisa lewatin si pedes (nama motor saya) dari jenis n250fi, baik itu di trek taman mini yang nota bene kita main lurusan, maupun trek monasco… di dua trek tersebut belum pernah injek bisa ngelewatin si pedes, yang ada kalo kita rolling injek sering banget ketinggalan…..
    Yang bikin gak asik justru ada temen saya yang kebakar (hangus) fairingnya….. ini menambah cela lagi buat injek

    Tapi memang ini sifatnya subjektif sih bos, ………… gas poll terussssssss 😀

    • bener bro..ninja 250r karbu lebih mantab….jelas aja bianka dipiling wong motor nya aja injec bukan karbu,,,hahahaha

  10. Rata2 mantan rider ninja karbu yg ganti ke ninject bilang ninja karbu performanya lebih bagus… Dealer jg bilang tarikan awal ninja karbu menang 1-2 detik d banding ninject sedangkan tarikan atas sama saja.. 🙂 ane sendiri pakenya ninja karbu, waktu itu sempet mau ganti ninject.. Tapi ya karena hal2 yg ane sebutin d atas gk jadi ganti deh.. 😀 ane bukan ngebela ninja karbu karena gk kebeli ninject yaa gan.. Cuma mau share info yg ane dapet aja 😀

  11. apakah diwajibkan memakai piggyback di ninja 250 fi setelah ganti knalpot aftermarket…?? jika memakai piggyback adakah resiko utk jangka panjangnya?? makasiy

  12. Setuju dgn bro leo,saya memakai ninja250 cebolan 2010 selama pakai asyik2 aja sampai saat ni lum ada niat tuk ganti ke ninja 250FI. Intinya syukuri yg ada sekarang ,masi byk yg inginkan punya ninja 250 kenapa kita yg sudah punya gak biso mensyukuri.

  13. Om leo,nice info….sebenernya ane suka bgt model fi (FYI,saya user ninja 250 r thn 2010 dan KM nya baru 2400an)…tapi berhubung baca review dimana2 katanya ninja fi lbh banyak masalah ya ane milih untuk bertahan gak jual ninja ane.hehehehe.btw,beli knalpot prospeed yg hrgnya miring dimana ya?ane cari di samarinda tmpt domisili ane gak dapet2 (apa ane yg krg canggih carinya) bwahahahaha….salam kenal ya mas leo,blog sampeyan terkenal di google search engine,kalo ane cari bahasan ninja pasti arahnya ke blog smpyn…ehehehehe

    • Bro Rudit, iya jangan diganti mas.
      Kalau mau ganti cari er6 second saja. Rugi kalau hanya ke FI. Beli Prospeed coba kontak langsung ke Bie Hau saja, ada di artikel saya yg prospeed. Mungkin di samarinda ada outletnya,

      Salam kenal balik, lain kali kalau tugas ke Samarinda saya khabari.

      Wah begitu ya, semoga membawa manfaat bagi kita semua bro

    • Wes tak tunggu bro….seneng aku ditekani konco anyar.hehehehe.opo maneh ditekani expert blogger terkenal di seantero perninjaan…ahahahaha.btw,punya pin bb ta mas?

  14. bro.mau tanya nihh, kawasaki ninja 250r yang karbu masih ada barunya apa engga ya di diler kawasaki.
    saya newbie di kelas 250cc jadi bro.
    trimss…..

  15. salam kenal om leo sy pemakai ninja 250 carbu, tp selama ini belum ada tuh ninja FI yg menang lawan sy, biasanya medok di 160 ke atas.. sy sering lawan di per empatan gede bage bandung..cmn agak dikit d korek bisa nyampe 180.. blm ganti carbo..udh bosen sama FI ga ada perlawanan om bukan maksud meyombongkan diri tp kenyataan..
    inceran drag di jalan sama r25 katanya ok.. larinya

  16. salam kenal om leo saya pemakai ninja 250 carbu.sejak tahun 2010 alhamdulilah masih bertahan dengan jenis ninja ini.perawatan mudah.gampang di setting sana sini..walaupun kadang kebablasan ckkkcc.tapi untuk handling saya pegang ninja karbu ni…lebih stabil menurut saya dan responsif.

  17. Salam kenal, maaf sbelumx, saya mantan racer, yg saya rasakan klo track panjang ato luar kota memang FI sdikit lebih unggul, tp jika dlm tikungan stelah low speed utk kmbali ke high speed masih unggul Carbu, krn nafas ato kompresi Ninja cepat terisi oleh Carbu, maka dari itu FI lebih unggul jika track panjang drpd Carbu. Masalah handling sich menurut saya relatif sama, hanya keterampilan saja yg mmbedakan, jika tidak ingin goyang pasang stabilizer, insya Allah tratasi. Saya awal punya N250Fi & saya tukar N250 Carbu. Maaf jika ada kekurangan dr pnjelasan saya. Thanks. 🙂

  18. Ping balik: BAROKAH RIDER

  19. Saya mah cinta karbu aja om.. hehehe…
    Dari dulu rajin ke bengkel, ampe sekarang bisa serpis ringan pribadi kerumah..
    kaya berasa ngerawat anak sendiri.. hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s