Hanya Rubah AFR Gunakan PCV Milik Ninja250, Tenaga CBR250RR Naik 1.5 HP

Sabtu kemarin saat nongkrong di Sportisi, salah satu agendanya selain dyno test CBR250RR milik saya, juga aplikasi Power Commander 5 atau dikenal dengan PCV. PCV adalah modul piggyback yang digunakan untuk meningkatkan kinerja pembakaran dengan memberikan input data ke ECU. Nahhh PCV khusus untuk CBR250RR belum diproduksi, lha iya, motornya aja launching perdana di Indonesia. Ini sama ceritanya seperti saat setelah launching R25 dulu dimana Dynojet develop modul PCV nya di Sabina, R25 saya.

https://7leopold7.com/2014/09/20/pemasangan-pc5-dynojet-pada-yamaha-r25/

AKhirnya dipakailah PCV modul milik Ninja 250FI.

img_6679

Lho bisa tho mas?

Bisa. Tapi hanya parameter AFR (Air Fuel Ratio) yang bisa dirubah. Untuk parameter ignition yang menentukan derajat pembakaran tidak bisa diakses dengan modul PCV milik Ninja 250 ini.

 

Tuning dilakukan per tingkat persentase putaran throttle mulai dari 5 % hingga 100 %. Mulai dari RPM 2000 hingga limiter. Aplikasi merekam data AFR yang ada sekarang (default dari pabrik).

Melalui komputer kemudian besaran AFR disesuaikan untuk mendapatkan campuran yang lebih basah, agar mesin lebih bertenaga dan tetap dingin.

Setelah kelar proses ini, pun kemudian perubahan AFR disimpan di dalam modul PCV.

Tuning selesai.

Lanjut ke proses pencatatan perubahan chart. Wow…

s-pc5-001

Tenaga naik hampir 1.5 HP hanya dengan merubah AFR sahaja menyentuh angka 31.65 HP dan torsi naik 0.75 menjadi 19.26 NM.

Tenaga bakalan bisa naik lebih tinggi lagi kalau mesin sudah lebih duduk dan modul PCV khusus untuk CBR250RR  sudah siapp!!

Kondisi: knalpot standard. tidak ada perubahan apapun kecuali PCV.

Hasil test jalanan menunjukkan tenaga terasa lebih padat dan galak. Meskipun begitu karakter tenaga bawah yang kurang masih tetap terasa.

 

 

 

56 thoughts on “Hanya Rubah AFR Gunakan PCV Milik Ninja250, Tenaga CBR250RR Naik 1.5 HP

  1. Josss lahh .. makin wusss wusss .”
    Itu si kobay .. cepet bener dah .. nongol disana sini .. gon kerja koh malah internetan tok .. sampluk seallow kudune

    • Diartikel sebelumnya knalpot FF slip on naik ‘cuma’ 0.5HP peak powernya om, tp kalo lihat grafiknya mayan nampol di rentang low-mid rpm.. buat koreksi kekurangan motor bertipe short stroke om..

      Tapi kalo aplikasi full system, nah ini yg ane jg tunggu2 nih.. apalagi udah pake PCV nih hehehe #kompor

  2. Gk kebayang deh klo PCVnya udah d develop khusus buat CBR knalpot full system open airfilter n seting yg pas pasti power n torsinya lebih menggila lg…

    • ekekeke…

      tinggal adu disirkuit …
      kalo keok mending giling saja
      buat pakan lele….

      😁😁😁😂😂😂

    • Penasaran sama handlingnya om, ditunggu artikel soal itu. Eeeeih…ada Rubah dijudulnya, rubah=sejenis serigala itu ya om?…hehehe

    • Melihat artikel sebelumnya yg pake knalpot sportisi (lupa namae), plus aksi gila bin edan nya om leo (tau deh kalo versus mang kobay gimana tuh, hihihi) di jalan sempit (dan terpaksa), nekuk2 si cibi250 ini udah kek bawa motor metic entry level (yg wheelbasenya jelas2 lbh pendek n enak buat zigzag) meliuk2 di keramaian kota, belom lg akselerasinya ntaps bingit kalo kata abg kekinian.. R25 aja udah sip buat meliuk2 tp setelah liat itu video, haduuhhh jadi pengen beralih ke 250rr ini.. gampang bener keliatannya (krn udah trlatih sama moge kali ya). Gak salah honda kasih slogan totally control ke ini motor. Great job for AHM.. awesome buat si om pemilik berat 92kg #ehhh #kiddingOm 😂😂

      Serius ditunggu reviewnya di artikel terpisah ya om Leo.. njengat tenan total komenannya kalo bahas nih motor..

    • Menarik utk dicoba, tinggal liat aja kompresi statis dan dinamisnya dipakein brp : 1 mas, dan komponen pendukung pastinya. Kalo kasarannya dibikin sama plek dgn ninja yg 69hp itu, ya harusnya sih dpt power lbh gedean lagi di rpm lebih tinggian dr ninja itu, secara strokenya lbh pendek dan besar piston lebih gedean beberapa mili. Tapi NA is NA (naturally aspirated), ditambahin turbo/supercarger dgn tekanan sekian bar yg ada malah kayak motor2 balap, yg durability nya sedikit diatas dragbike namun jauh dibawah motor kohar.

  3. Pingback: Nih Data Dyno Test Honda CBR250RR Standar Dan Pakai Piggyback - KobaYogas.COM - Your Automotive Blog

  4. Gak kebayang klo ni mtr di “gauli” oleh mekanik yg tepat,rider skill tinggi,sirkuit memadai,trus tanding lah antara om Leo,mbah dukun,tmc,iwb,dll… seru kyknya

  5. Ini motor bener2 kejar performa sama handling..jepitan nya langsing banget, yg 1 cyl aja kalah ramping..kalo saya dengan tb 172 dan bb 58..cenderung udah pas riding pos nya, paling cuma ganti footpeg aftermarket biar agak naik pos nya…cuma masih bingung gimana lap timer nya dipakai..manual gitu,bahas dong mas leo..

  6. wow bedanya jauh sekali yah ….dulu r25 leopold masih inreyen langsung di geber dyno dapetnya HP 27 ….. sama persis cbr masih inreyen juga langsung di geber dapetnya HP 30 .. …

  7. Pak Leo, waduh macam presenter horror jaman dulu. Saya sebagai late adopter merasa CBR250RR ini membawa petaka dan keuntungan, untungnya harga R25 dan CBR jomblo harganya turun drastis. Petakanya sepertinya harga seken si 250 twin ini akan tinggi seperti layaknya Ninja250.
    Should I be happy or not..

  8. Om Leo coba bandingin data antara NINJA 250FI, R25, dan CBR250RR setelah ganti 3 komponen :knalpot Fs, Piggyback, dan open filter. Seingat saya ninja 250fi ganti 3 komponen itu naiknya 5HP, sedangkan R25 tidak sampai. Kalau CBR250RR bagaimana ya? Kenapa Kawasaki bisa naik banyak sedangkan R25 tidak? Apa pengaruh settingan piggyback nya?

Leave a comment