Pemasangan PC5 Dynojet pada Yamaha R25: Potensi Tenaga R25 Yang Luar Biasa Masih Menanti

 

“Kau yang memulai, kau yang mengakhiri”

Kurang lebih tgl 19 Juli 2 bulan lalu saya, Prospeed dan Sportisi tanpa disengaja menemukan ada perbedaan pada kurva dan output tenaga antara R25 unit test dan mass production. Perbedaan ini ternyata diakibatkan perbedaan derajat pengapian. Temuan ini kemudian memicu perdebatan. Hari ini saya dan Sportisi pun berusaha bertanggungjawab menyelesaikan perbedaan itu.

Dengan satu misi: menemukan kembali anak yang hilang (kurva tenaga yang terpotong stlh 10.500rpm).

Misi ini sebenarnya sudah dimulai awal Agustus ketika Dynojet perwakilan regional datang ke Indonesia untuk melakukan research atas R25. Sabina ketika itu dipelajari pola pengapiannya di Sportisi.

wpid-20140802_133906.jpg

 

Kurang lebih 1.5 bulan kemudian unit prototype piggyback yang didesain khusus untuk R25 pun kelar dan siap diuji coba. Setelah beberapa kali diskusi hasil grafik tuning PC5 dengan mas Bram Sportisi, saya pun janjian untuk mengetest langsung modul terapan baru ini.

Jam 11.10 Sabtu saya tiba di Sportisi sudah dinanti mas Bram dan bro Koko Sportisi. Mas Harry dari tabloid Otomotif menyusul kemudian.

Langsung beres2. Sebelumnya diambil dulu baseline datanya…

20140920_123630-001

wpid-20140920_114713.jpg

Lalu mulai dipasanglah PC5 kedalam tubuh Sabina.

Sembari dipasang oleh mekanik, Mas Bram menjelaskan secara umum prinsip kerja PC5 ini. Ada tiga hal yang bisa dirubah dengan menggunakan PC5 ini.

20140920_121548-001

Yang pertama adalah dengan merubah AFR untuk mendapakan pengapian yang ideal (antara ekonomis/kering/nilai AFR diatas 14.7 dan bertenaga/agak basah/nilai AFR di angka 14 kecil atau dibawahnya).

Yang kedua adalah dengan mengubah derajat pengapian. Yang kedua ini dilakukan dengan cara mengintercept signal dari crank sensor, lalu diolah untuk dimajukan atau dimundurkan derajat pengapiannya. Feature kedua ini menjadi penting karena pada ECU standard R25 pengapian pada RPM diatas 10.500 dibuat mundur (retard) agar kalau kualitas bensin jelek tidak mengganggu daya tahan mesin. Dengan PC5, derajat pengapian bisa kembali dibuat maju untuk mengail tenaga yang lebih besar.

Pada setiap tingkat throttle (tarikan 5,10,25,50 %) perlu dilihat tingkat AFR dan derajat pengapian yang optimal.

20140920_124109-001

Dan yang ketiga adalah limiter. Untuk Sabina ini limiter dinaikkan ke angka 14.500 RPM dari standardnya 13.400Ingat lho pastikan menggunakan BBM dg RON 95 atau diatasnya. Jangan pakai premium, apalagi minyak tanah.

Keunggulan piggyback seperti PC5 ini adalah settingan bisa dilakukan on-the-go diatas dynojet tanpa harus mematikan mesin setiap kali terjadi perubahan pada nilai diatas.

Oke, siap ditest dan ditune.

Mas Bram mulai melakukan penyetingan berdasarkan data terakhir pada R25 standard. Lalu melakukan adjustment dan dyno run untuk mendapatkan informasi output tenaga dan AFR. Beberapa konfigurasi AFR dan derajat pengapian dicoba.

20140920_124408-001

DANN.. saudara-saudara… Hasil pemasangan PC5 berhasil mengembalikan R25 ke kurva tenaga yang melimpah di atas 10,500 RPM.

R25PC5Proto

Kondisi motor R25 Standard penuh. Tidak ada yang dirubah. No aftermarket exhaust. Hanya PC5

Perhatikan data standard dan data setelah pemasangan PC5… signifikan kan bedanya.

beda

Terlihat tenaga naik terus meskipun sudah melewati 10.500 RPM. PC5 berhasil mengembalikan timing pengapian sehingga tenaga tetap keluar hingga titik optimal di 12.200an RPM. Pada saat R25 tanpa PC5 sudah habis (alias 0 HP) di 13.400 RPM, R25 dg PC5 masih di 27 HP meskipun sudah drop.

Catatan tepi: Saat PC5 dipasangkan ke Sabina yang telah menggunakan knalpot Prospeed (edisi harian, bukan yang racing) dan filter Ferrox kenaikan menjadi luar biasa menjadi 31.55 HP. Kalau knalpot pakai yang racing oriented (yang suaranya ampun-ampunan) tenaga patut diduga tembus ke 32 HP atau hanya selisih 4 HP dari power On Crank. Ini jadi artikel tersendiri ya

 

Berapa harga dan kapan keluarnya PC5 utk R25 ini?

Sementara ini harga belum ditentukan karena unit yang dipasang di Sabina masih merupakan prototype. Rencana distribusi sekitar 1.5 sampai 2 bulan dari sekarang. Wuihhh Sabina berarti R25 pertama di dunia yang berjantungkan PC5 dong. Mengenai harga kemungkinan tidak jauh dari PC5 for Ninja. Hmmm sekitar 5 jutaan ya.

Kalau beli PC5 ini dapatnya apa saja mas?

Menurut Mas Bram, selain dapat PC5 kendaraan juga akan didynotune untuk memastikan settingan yang paling optimal. Plus akan dapat jatah nomer registrasi untuk merubah settingan limiter. Sebagai produk baru PC5 akan mendapatkan garansi 1 tahun. Apabila terjadi faulty padahal masih baru, akan langsung diganti unit yang baru.

GImana, gurihh tho.

Nampaknya saya dan Sportisi, dengan menggunakan PC5 Dynojet, berhasil membujuk sang anak yang hilang untuk kembali. Dan tidak hanya sendiri, dia datang bersama teman-teman.

Maksudnya “teman-teman” apa Mas?

Dengan PC5 kita bukan saja mendapatkan ignition timing yang lebih baik. Kita juga mendapatkan fleksibilitas untuk meningkatkan AFR yang optimal berdasarkan kondisi motor kita (pemasangan knalpot racing, filter dll). Bisa dicari torsi dan tenaga yang maksimal di setiap tingkatan RPM.

Kok jadinya harus beli Ini atau beli Itu mas?

Lho ga ada yang mengharuskan! R25 standard saja sudah wuenak banget. Sentul tembus 173 km oleh bro Vic Kirana (Recorded). Handling top jauh.

Tapi kalau memang ingin menggali performa lebih, sama seperti motor-motor lainnya, aplikasi PC5 menjadi opsi yang patut diperhitungkan. Apalagi kalau sudah pakai knalpot racing, penyetelan performa per tingkat RPM patut dipertimbangkan. Daripada keluar uang belasan juta utk ganti kaki dan suspensi.

20140920_132507-001

Nantikan hasil test dengan Racelogic ya *cari pinjeman

Sportisi:

Jl. Tenggiri No. 4A, Rawamangun, Jakarta Timur.

Phone (021) 478 62148, 478 62154, 322 44588, 322 44599

Iklan

93 thoughts on “Pemasangan PC5 Dynojet pada Yamaha R25: Potensi Tenaga R25 Yang Luar Biasa Masih Menanti

    • R1/5 jg bs diaplikasikan PCV aliaspowecommanderV juga. Kita sudah pernah pasangkan jg di unit R15 utk mendapatkan mapping an bensin yang sesuai dgn ubahan knalpot dan airfilter yang dilakukan dimotor. 😉

  1. Kalo boleh koreksi sedikit utk angka AFR yang ekonomis di rentang 13,5-13,7. Kemudian utk tenaga yang optimal di angka 13. Makin besar angka makin lean/kering. Makin kecil makin rich/basah. Thanks 😉

  2. Wuidiiiihhh, aseeewmmm, must have item nih! 32 HP on wheel is beast! Thanks sharing nya oom, walaupun overall saya puas dengan performa standar si blackshark tapi kalau bisa 29 even 32 HP on wheel why not?Damn it’s to good to be true 😀 ditunggu ulasan selanjutnya om 😉

  3. Makin edan dah si sabina ya om, hihii… Ajak main ke sentul om 😀 masih penasaran dengan R25 spek balap YIMM, apa aja yah yg diupgrade 😀

  4. wkwkwkw
    lhayo podo wae to yaa..
    dulu std 26,5hp , dikasih knalpot racing nambah 1,5 hp. bilang ” akhirnya si r25 ini mendekati power test product ” lha dmn2 klo udh di upgrade/ganti2 part racing pasti nambah kenceng.
    dan test product yg 29hp itu dlm kondisi std.

    lah skg ganti ECU jd 29hp..dgn harga 5jt, pake motor sebelah si ijo jg ganti knalpot racing + ganti ecu bs dpt 31-32hp.

    intinya mnrt ane sih ini bkn ttg mengembalikan power..tp menaikkan power r25 yg disunat dgn mengganti part2 racing yg bejibun.

    yamaha..kawasaki..sama aja, nunggu yg lain lg aja yg lbh oke 😀

    • [edited] Mau nunggu Honda 2 silinder DOHC? SOHC Yamaha aja cukup untuk nguamplengin DOHC Honda

      Ngoahahahahahaa

      Leo: Bro, last warning, berkomunikasi yang santun.

    • haha NICE TRY boy..dkira ane fbh..ane sndiri pake ninja fi om 😀
      tp mmrt ane 2-2 nya sm aja..tp ane lbh suka ninja body keker material high class, (mnrt sy ya)

      klo utk nunggu ga harus nunggu honda kan, apa cm ada 3 pabrikan ? dan ga harus 1 segmen utk mtr yg lbh mantab..sp tau bsk masuk yamaha wr250.
      demen bgt sm tuh supermoto, krn dlu ane pake klx jg sblm pake ninfi.

    • 5 juta utk PCV mah standard bro. CBR250 dan Ninja 250 juga pasang PCV.
      Modif motor2 250 cc itu sudah biasa totalnya sampai 10 jutaan (ban, kaki, knalpot dll),

  5. jadi sebenarnya spek 36 ps on crank itu yg hanya diperuntukkan settingan unit test atau produk massalnya?
    yimm harus mau mengklarifikasi masalah ini.

  6. Sy tertarik dg produk pc5 unt motor sy r25
    1. Bagaimana cr mendapatkannya
    2. Bagaimana/dimana unt settingnya dikarenakan sy berdomisili di denpasar, bali.
    3. Apakah perlu ganti koil jg
    Sy berharap banyak untuk mendapatkan infonya. Tq

  7. Ping balik: Hanya Rubah AFR Gunakan PCV Milik Ninja250, Tenaga CBR250RR Naik 1.5 HP | 7Leopold7

  8. Om Leo …. Bantuan Utk PCV di kota Medan-Sumatera Utara …
    bantuan dimana ada dealer atau Distribusinya ?? Ingin beli.red
    Dan paling utama dimana Setting PCV dikota Medan-Sumatera Utara ..
    Bravo Om Leopold ………….Salam Yudi Setiawan – Medan Sumatera Utara

  9. Om Leo kn dh byk tes Knalpot racing R25 …..
    R25 tenaganya lebih baik ??
    Knalpot Racing short Muffler/silencer pendek atau long muffler/silencer panjang ?
    Mohon dibantu pencerahannya ……
    Bravo Om Leopold S ……. salam Yudi setiawan Medan-Sumatera Utara

    • Yg panjang. Karakter mesin R25 butuh FS knalpot yg bisa memberikan tahanan baik pada RPM menengah ke atas. Free flow yg pendek hanya enak sebentar di bawah, ke atasnya seperti ngempos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s