[Unofficial] Kawasaki 4 Silinder Baru, Delivery 2020?

4 silinder emang merdu. Mau inline pure, crossplane, ataupun V4. Suaranya mengganggu kestabilan jiwa. Dan mungkin memang 40% dari sensasi riding datang dari suara yang mengiringi sepanjang perjalanan. Kemampuan kita mengeksplorasi true power dari motor mungkin terbatas skill dan mental. Punya ZX10R dan MT10, mungkin saya hanya sanggup eksplore 30% tkemampuannya. Tapi suara? bisa kita eksplorasi sepuas senikmat kita. To the max!

Saya kira itu salah satu alasannya cukup banyak biker tanah air terobsesi dengan 4 silinder. Begitu ada gemuruh suara rapat 4 silinder mendekat, langsung excited. Begitu kita noleh ternyata pickup sayur knalpot bobokan lewat.

Saya sudah cobain beberapa mesin 4 silinder inline biasa berbagai kapasitas mulai dari cc 250, 600, 650, 750, 800, 1000.

Mesin 4 silinder jika dibandingkan 3 atau 2 silinder, jika pada cc yang sama, memang terasa kurang bertorsi. Misalnya CBR650 vs Daytona 675 vs Ninja 650. Sehingga saat di RPM bawah memang akan terasa lebih kosong tenaganya.

Namun kelebihan 4 silinder, sangat smooth, utk melonjak naik ke RPM atas. 4 Silinder meski kapasitas lebih kecil (per silindernya) namun bergotongroyong berkerjasama lebih cepat naik. Jadi cocok untuk kepentingan mendominasi balap di tingkat regional dan global yang sepertinya mulai bergairah kembali.

Smoothness akan membantu kita mengontrol tenaga motor lebih baik, dan kontrol yang lebih baik akan membuat kita justru lebih cepat ritme ridingnya.

Okeh, sekarang mengenai khabar 4 silinder baru dari Kawasaki.

Khabar, tentunya unofficial, yang sampai ke saya:

  • motor akan diperkenalkan kepada publik, jika tidak ada halangan, di Tokyo Motor Show akhir tahun 2019.
  • Motor akan diproduksi langsung oleh Motorcycle & Engine division dari Kawasaki Heavy Industries Japan.
  • High-performance oriented terutama engine, sasis, dan suspensi
  • Tidak overlap dengan range kelas/harga motor yang ada di +62
  • Mungkin masuk ke Indonesia dalam bentuk CKD dengan beberapa komponen lokal utk menekan harga.
  • Dipertimbangkan ada soft-launching dan test ride di Sentul (duh inget jaket melaar)
  • Event Kawasaki Bike Week 2020 bisa jadi ajang introduksi ke market di Indonesia
  • Delivery direncanakan 2020

Menarik!

Om Leo, ini kok unofficial sih. Berita dari pejabat resmi nya mana?

Hehehehe kalau informasi dari pejabat resmi ya pasti off-the-record sampai saat launching lah sob. Harus ada level of deniability karena kita bicara market competition, dan timing itu penting.

Kira-kira motor kawasaki apa ya?

 

IMG_8131

Advertisements

53 thoughts on “[Unofficial] Kawasaki 4 Silinder Baru, Delivery 2020?

    • bener juga sih mas, sekarang gap segmen 100 sampe 150 juta yang isi d indonesia gak ada ya.. eh.. ada honda 500 series ya.. masih masuk gak sih ke range harga segitu mas.. mengingat investasi yang harus dikembalikan besar juga..

  1. “Begitu ada gemuruh suara rapat 4 silinder mendekat, langsung excited. Begitu kita noleh ternyata pickup sayur knalpot bobokan lewat.”

    kejadian yang persis saya alami saat makan malam di Ciumbuleuit…it’s a carry, damn

  2. Dr tulisan nya om leo gue bs nyimpulin klo ini kelas 250, klo yg sadar pasti tau krn dalam tulisan nya om leo memang tidak tersurat tp tersirat di dalamnya..🤣

  3. kok menggiurkan ini om leo…
    kaya nya mesti nabung dari sekarang buat nambah koleksi di garasi
    perkiraan harga 120-130jt an ya om…

  4. percaya deh kalo blog ini yang bilang, bagi kawasaki tak ada lautan biru yang tak bakal diarungi, dan market +62 memang penting buat pabrikan motor manapun, khususnya utk kategori hi-end, asal value for money, pasti dibeli

  5. Pertanyaan saya sih bukan motor jenis apa…. Tapi lebih kepada berapa kapasitas silinder sang motor 4 silinder tersebut….. 😃😀🤭

    • Yang pasti mesinnya 4 silinder segaris….yg karakter mesinnya cocok untuk kepentingan mendominasi balapan regional dan global yg kembali bergairah ya om @7leoplod7…..
      Untuk kelas supersport 600cc Kawasaki sudah punya zx636rr yg 4 silinder segaris…..begitu juga untuk kelas superbike 1000cc…..sudah ada motor juara zx1000rr 4 silinder segaris……hmmmm……apakah motor 4 silinder yg di maksud itu kapasitasnya di bawah 600cc? Mengingat di bawah 600cc Kawasaki belum punya line up motor dengan konfigurasi 4 silinder segaris…..apakah motor yg di maksud adalah……… 🤔🤔🤔 🤭🤭🤭

  6. 250 cc 4 silinder?? pistonnya cuma sebesar salep kulit 88, dan con rod nya mungkin cuma seukuran sendok es krim kayu… hahahaha

    • Nanti langsung bore up om, kasi ukuran 45mm pistonmya dah yahud.. atau punya mbit 50mm mau? Serrrr mantappp power meningkat pesatt

  7. Kalau liat komen”. Paling ninja 400cc (global).
    Indonesia jg paling kena yg 400cc juga, dgn berbagai pertmbangan.
    Cuma kalau keluarinya 2 tahun lagi, males jg.
    Krn peraturan bermotor makin kesini makin gk jelas&sulit.
    Dan motor” sport kbnyakan mnjadi sasaran empuk penertiban dijalan.

    Dan kalau tidak ada motor sport jenis baru “yang istimewa”. saya tebak setidaknya di indonesia motor jenis sport akan makin ditinggalkan… Skutik makin merajalela.

    • betul, harus diterima kenyataan pilihan 250 semakin banyak, tidak hanya sport. Pangsa sport akan semakin terbatas. Makanya ga hanya utk indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s