Siapa Target Market Kawasaki Ninja 250cc 4 Silinder? Siapin DP Sob

 

Setelah bbrp kali jadi rujukan berita tentang Kawasaki Ninja 250/400cc 4 Silinder, kali ini saya ingin bahas market potensial yang dibidik oleh Kawasaki.

Bocoran pertama spec dan rencana release

Bocoran pertama unit sdh di tanah air

Bocoran pertama akan ada dua tipe New Ninja 250

Urusan market tentu penting. Pabrik ga bikin motor karena alasan emosional atau idealisme semata. Supaya nduluin atau nyamain kompetitor. Pabrik ga akan bakar duit kecuali utk meminimalisir kerugian.

Kalau dirasakan ga ada atau ga menguntungkan, mimpi hanya akan tinggal mimpi. Gitu Son.

Nah untuk Kawasaki sama saja. Survei terbatas pertama dengan menggunakan unit lawas ZX2R untuk mendapatkan impressi dari para hardcore Kawasaki rider. Gimana mesin 4 silinder 250cc mnrt yg diajak test. Memenuhi harapan? apa yang kurang? dan lain-lain.

https://7leopold7.com/2013/03/14/ninja-zxr-250-4-silinder-jawaban-kawasaki-utk-250-cc-2-silindernya-yamaha-dan-honda/

Setelah dihitung ceruk kebutuhannya ada, barulah development.

Tahun berlalu dan sampailah kita sekarang pada hitungan minggu menjelang release real Kawasaki Ninja 250/400 4 silinder di Jepang. Motor yang aslinya keren bgt ini, siapa aja sih target marketnya?

 

Existing market utk motor sport Kawasaki 250cc

Kawasaki ga ambisi menelurkan motor ini sebagai pengganti produk global Ninja 250/400 cc 2 silinder. 2 Silinder tetap jadi backbone sport entry level. Kue terbesarnya tetap disitu; sebagai motor yang berfungsi menconvert orang megenal sport Kawasaki dan jadi addicted.

Yang dibidik adalah sebagian kecil (5-20%) dari calon pembeli 250cc 2 silinder yang punya daya beli relatif besar.

Selisih harga 30-40 juta rupiah bagi para pembeli yang masih sangat mengandalkan skema leasing utk beli 2 silinder, saat diterjemahkan menjadi cicilan bulanan akan terasa besar.

Rider 250cc yang matang dan butuh sesuatu yg lebih

Disini potensi pasar yang jadi basis andalan 4 silinder.

Mereka sudah khatam dan matang dengan besutan 250ccnya, Ingin upgrade namun pilihan terbatas, dan loncatan ke sport 600cc terlalu jauh/kurang dinikmati. Ceruk pasar motor 100 jutaan ini sebenarnya kian melebar. Dan tidak terladeni dengan baik oleh pabrikan. Umumnya produk yang tersedia pada angka 100 tinggi yang notabene 3 kali lipat harga sport 250cc saat ini.

Bro dan sis kalau sdh biasa bawa motor harian cc besar, tentu punya kerinduan untuk memaksimalkan performa mesin yang dibawa. Ini bisa dilakukan dengan 250cc, throttle full, flat out. Dengan 600cc, boro-boro jack. Overkill utk bisa menikmati sensasi penuh kelas kubikasi ini.

Ini seperti beli rumah mahal2, tapi yang bisa dinikmati hanya teras dan ruang tamu.Β  Yang dinikmati kerennya. Sementara itu kolam renang, studio kerja/creativity room, master bedroom dan lain-lain, alias real power dan real money dari motor tidak bisa dinikmati maksimal, We can only enjoy 30-40% of the bike we paid in full.

Dan disini kita bicara rider lintas merk yang tidak fanatik merk, yang mencari value dari uang yang dikeluarkan.

Mengenai Harga

Ini masih relevan karena kita bicara di dua kelas diatas. Informasi yang saya terima. Saya kutipkan saja dari artikel sebelumnya:

Untuk menekan harga, motor diusahakan datang dalam kondisi CKD, bukan CBU. Jika bisa CKD maka tergantung versinya harga akan berada di antaraΒ  100-120 juta rupiah. Ini masih perkiraan ya. Kita harapkan harga yen dan dollar ga kacau dan ga ada perubahan kebijakan bea/pajak import ya.

Kawasaki motorcycle division hanyalah departemen kecil dari KHI. Secara global maupun di Indonesia tidak membebani diri dengan anggaran marketing dan media yang besar. They dont buy groupies atau crowd.

A really good bike should sell itself. Tanpa harus dipoles. Ini juga sebabnya sayaΒ  percaya meskipun harganya jelas diatas 2 silinder, namun masih masuk untuk setidaknya dua kelompok potensi market di atas. Alasan yang sama mengapa ZX10RR, yg jawara WSBK, justru harganya paling murah pada kelas sport 1000cc di Indonesia.

Kesimpulan

Ninja 250cc 4 silinder ini, kalau bro dan sis nanti lihat, menawarkan value package. Dapat look, feature (yang terpakai), dan performance pada harga yang reasonable ala Kawasaki. Meskipun saya sudah mulai kepincut dengan matic atau supermoto yang menawarkan praktikalitas, Inshaallah jika diberi rejeki, saya berencana meminang 4 silinder ini juga.

IMG_5439-004

ini versi 1000ccnya, punya sendiri. bukan mending2.

67587269_2376944989068789_8678857955673636864_n

Power to weight ratio 4 silinder 400/250cc bakal cetarr. Ini foto Zeus, my ZX10R.

Advertisements

106 thoughts on “Siapa Target Market Kawasaki Ninja 250cc 4 Silinder? Siapin DP Sob

  1. Sebuah Kenikmatan memiliki sebuah kendaraan atau superbike jika Kita bisa menikmati value di atas 80% ..Masa cc 600 atau bahkan 1000 hanya bisa di 180 saja…Dan enggan ke Sirkuit…menikmati keren saja??anda korban promo brand or sales?? Miris…..nitip comment sentiment om xixixi gaaaas blar

  2. Padahal 2 silinder 250 cc secara performa dll. sudah cukup banget untuk daily use.. wkwkwkwk.. kalo 4 silinder 250 cc akan jadi new choice buat yg pengen “moge taste”. yg ngga didapat di kelas 500-650 cc 2 silinder, andai 4 silinder 400 cc JDM dilokalisasi bakal tambah greget pasar moge…

    • ngeliatnya jangan hanya market utk indonesia mas. ada banyak faktor lain yang menyebabkan harga motor cenderung lebih mahal. anggaran marketing misalnya

    • Tapi khusus ini memang sudah mahal dari lahir bung Rudee, tidak perlu saya sebut semua alasan kenapa bakal mahal yang jelas untuk lack of quantity yang anda maksud, KMI memang hanya membidik target kecil seperti kata om Leo, kalau dari saya sendiri ini bukan masalah ‘whole’ tapi ‘prestige’ itu dia, Kawasaki ingin kembali menegaskan kalau mereka itu merupakan ‘first mover’ dalam dunia ‘multi cylinders sport fairing’ motorcycle in Indonesia.

  3. Kenapa sih pabrikan sekelas H & Y yang notabene punya modal lebih buat research di kelas ini, ga duluan buat market sendiri, pasti Kawasaki yang mulai duluan, baru mereka ngikutin, hehe

    • Kalo mau turun ke kelas di bawahnya, Y juga pernah menggebrak kelas sport 150cc dengan rangka deltabox dan injeksi yang sudah produksi lokal. Belum lagi di kelas bebek 125 yang malah pakai mesin tegak dengan DiaSil Cylinder.

  4. Cocok buat yg mau upgrade 250 2cyl, tp merasa 600 up krg realistis utk dibawa riding di JKT.

    ** seandainya tiba2 kebijakan pajak 250up berubah, auto pening nih pala kawasaki πŸ€­πŸ˜†

  5. Saya rasa 250 CC 4 silinder merupakan gabungan pas buat yg cari performa di jalanan Indonesia (gak di sirkuit ya) bahkan buat harian. Potensi untuk memaksimalkan apa yg ada di ninja 250 CC 4 silinder ini bisa didapat tanpa harus digiring ke sirkuit dulu (keep safety) dengan potensi rider yg mumpuni dibanding 600 atau bahkan 1000 dimana kedua kubikasi tsb butuh sirkuit untuk mendapatkan performa maksimal. Jadi menurut saya pasar baru ini akan terus berkembang dimana nanti pabrikan lain akan mengikuti jejak Kawasaki (jika Kawasaki rilis duluan). Tp saya harap sih pabrikan lain bisa ngeluarin jenis mesin yg berbeda (3 silinder/V twin/L twin) untuk 250 CC ini biar bisa ngerasain perbedaannya hehe

    • Thanks bung Reno Panji pemikiran anda mewakili apa yang saya pikir, ramai juga kalau yang lain mau ikut terjun, paling tidak ada dua pabrikan yang mungkin bisa turun, Yamaha dengan 3 cylinders crossplane engine, kalau Honda dengan, entah yang jelas mah modal Honda kan besar ya hahaha.

  6. Dobrakan khas kawasaki. Selalu berusaha mempertahankan mahkota, bukan dari sisi penjualan, tapi image.
    Jadi inget silsilah lahirnya si first hypersport di dunia dari rahimnya Kawasaki. Akankah kelak ada hayabusa 250?
    Yang jelas saya mau ngucapin selamat dulu buat yg nantinya jadi pemilik ninja250 4cylinder pertama. Mau itu nanti bener2 jauh lebih kenceng dari 250 konvensional (2 silinder) atau tidak, sudah di pastikan ni ninja jadi pemengang kasta tertinggi di Indonesia.
    Om leo udah dapet absen nomor berapa om? Hehe

  7. justru kawasaki motor penyumbang yg sangat besar buat KHI , di nomer 2 .beda tipis lah ama divisi aerospace di no 1 , harus jor-joran jangan nanggung.
    sayang 100jt-an bukan-lah uang sedikit buat sobat misqueen kayak gue , kayaknya bakal keren ni motor

  8. Speechless atas ulasannya Om Leo, kereen, walaupun sy masih masuk kategori rider “kaleng2 mupeng” tapi paling tidak knowledge sy nggak kaleng2 dan mudah2an lebih baik drpd rider pekgoh sruntulan 😁😁😁 blog yg sangat mengedukasi. Blog om Leo jg yg selalu menghidupkan asa dalam hati utk miara moge. Someday.πŸ˜ƒ
    Sekarang perkaya “teori n knowledge” nya dulu, ntar kalo dah ada rejeki hajaarr daahh….

    Matursuwun Om Leo.
    Monggo mampir Salatiga n sukses untuk disertasi nya

  9. Kekekekeke…. groupie yang manah nih Om? πŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™ŠπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜

  10. Harga ga sikut2an ma ninja 400 om.. Tp di Indo ga dijual resmi yg ninja 400. Utk pasar global bakal ada zx4rr kah..
    Karakter mesin 250cc dibagi 4 piston over bore bawahnya gmn itu kaya 2tak korekan kayanya, buat lalin di kota yg cenderung merayap, pake gigi 1 ke entengan, pake gigi 2 keberatan, haha

  11. Om leo, berhubung udah mulai bosen sama er6 di rumah, saya terpikir untuk switch dari er6 ke ninja 250 4 silinder ini
    Gimana menurut om leo?
    FYI er6 80% cuma dipakai sunmori

  12. Mantab, sudah waktu nya bangkit era 250cc 4 cylinder. Om leo memang suka merendah, yang 1000cc saja gonta ganti apa lagi ini yang cuman 1/4 nya. Langsung di gas kan dan review yah.

  13. “Ini versi 1000ccnya, punya sendiri. bukan mending2” ngakak baca ini πŸ˜‚

    Betul bgt om, nilai nominal uang relatif, kepuasan pribadi mah mutlak πŸ˜„

  14. “A really good bike should sell itself” alussss Om Alussssss….. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

  15. Om, minta bahas isu Bimota d beli atau kejasama ama Kawasaki.

    Apakah untuk Superbike hedon menjawab 30k usdnya V4RR Ducati? – tapi motor yg skrg aja 5 kali juara dunia beruntun.

    Atau buat2 motor eksotis H2 series?

    Atau karya gila lainnya?

  16. mumpung ngomongin 4 silinder, kenapa ya mas ZX6R yang 600cc di Indo jualnya 2 kali lipat dari Ninja 650, padahal kan pajaknya masuk ke bracket yang sama? Gak ada aturan tentang jumlah silinder di pajak indo kan?

    • Diluar sono mana bos yang 2x lipat?

      Di Amrik beda 40jt (ZX lebih mahal 40%)
      Di Australi beda 50jt (ZX lebih mahal 40%)
      Di Jepang beda 55jt (ZX lebih mahal 50%)
      Di Prancis beda 60jt (ZX lebih mahal 60%)

      Nah di Indo & Malaysia bedanya 140jt (ZX lebih mahal 90%)

      Padahal pajaknya sama kan, jadi bukannya harusnya beda 50% juga? Kalo ZX6R 250jt an baru pas tuh hehe

    • harga dasar satuannya juga beda jauh mas. Antara 2 silinder dg 4 silinder pure sport. Di Australia Ninja 650 (baru) dilepas di $8-9ribuan. Sementara ZX6R masih di $17 ribuan

  17. # konsumen” mungil sprti saya, dimensi amat penting… πŸ˜…
    # Yg pengen 4 silinder, full paper tahun muda dgn harga yg “jauh dibawah” moge” 4 silinder saat ini.
    # pemilik” moge yg beli buat dipakai harian&kolektor.

    # yg gk pengen disamain dgn “ninja warrior” Qnet πŸ˜‚

  18. selalu senneng liat gaya bahasa omleo..
    dan melihat gaya bahasanya disinyalir om leo sudah melihat sosoknya dengan mata telanjang tapi body engga telanjangπŸ˜€

    even menurut gw om
    leo one of peserta yang ikutan test gen lawas zx25rr

  19. Mending Nabung dulu,nunggu secondnya 2 tahun lagi,mudah2an laku banyak,jadi pasaran terus harga secondnya bisa murah.
    Maaf masih kaum mending2 om

  20. Nunggu second trus beli paket 400 cc nya dari Luar… Tenaga dapet… Harga dapet… Pajek ga kenaaa… Dgn moge 2 silinder yg harganya 150 an juta dan power 50 sd 60 HP… Maka customer pastinya milih yg 4 silinder

  21. Ini dia ‘motorcycle of the dream’ saya. Semoga TUHAN mengizinkan saya bisa punya satu suatu hari nanti, mau baru atau bekas tidak masalah.

    • btw tertarik dengan matic & supermoto merk apa nih om? Bagaimana pula dengan info proyek Yzf 250 crossplane 3 silinder om leo? sepertinya akan lebih menarik jika benar Y akan merealisasikan mesin 3 crossplane 250cc sbg lawan zx250 nanti. Tks infonya om leo

    • utk 250cc lebih feasible crossplane 2 silinder bro. Dibuat 3 silinder utk berperang di market 250cc entry level kurang masuk kebutuhan market global

  22. “Ini bisa dilakukan dengan 250cc, throttle full, flat out.”
    totally agree lah sama statement yg ini. secara pribadi bagi saya inline 4 silinder itu lengkingannya makin sexy ketika menyentuh rpm 7000 keatas. dengan kapasitas 250 tentunya rpm tinggi lebih mudah dikail, coba kalo pake 1000cc mau denger lengkingan sexy harus di speed brapa coba hahaha
    oya, one more little thing, berani taruhan pasti om leo sudah liat wujud asoinya, kalo boleh tolong dijapri dong om hahahaha

  23. Om mau tanya, secara tampilan kan dibilang keren banget nih, nah menurut om nih keren mana tampilannya sama Aprilia RS 125 2010?kalo keren ZX siap-siap lepas Aprilia nya iniπŸ˜‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s