4 model baru dari Kawasaki Motor Indonesia

Selamat pagi Bro dan Sis…

Semoga khabarnya selalu baik..

Selain dua model baru yang diberitakan oleh Kang Taufik akan diintrodusir oleh KMI yakni P200NS dan Kawasaki Z800 (akhirnya…), KMI berikutnya juga akan mendatangkan dua varian lain untuk memperkuat dominasi Kawasaki di kelas sport di Indonesia.

3. Kawasaki Z1000 (240 jt rp)

Motor yang sebelumnya sudah lalu lalang di Indonesia via IU (importir umum di harga 260-275 jt) ini akan menjadi bagian dari jajaran resmi motorsport Kawasaki.

20130605-050344 PM.jpg

 

Motor ini mungkin dianggap tidak terlalu favorit bagi umumnya biker kita. Baik karena ukurannya maupun hehehe harganya. Dan ya memang pasarnya tidak akan jadi besar. But that is okay.. Meski persentasenya kecil, namun ceruk pasar di segmen ini tetap tidak bisa diabaikan karena berkembangnya jumlah biker kelas menengah yang teredukasi di sektor motorsport 250 cc ke atas.

Dua dari tiga pemilik Z1000 yang saya kenal sebelumnya adalah rider Ninja 250 yang ingin upgrade ke 4 silinder namun karena merasa ZX-6R terlalu racy kemudian memutuskan utk membeli Z1000 yang riding stylenya memang jauh lebih enak dan bersahabat bagi mereka yg berusia diatas 35an kayak saya :D. Untuk test ride Z1000 bisa dilihat di artikel ini. Kenapa bukan ke Z800, menurut importir yang mereka hubungi ketika itu krn ada kendala di uji tipe model.
Pangsa di kelas ini mungkin harus berbagi antara mereka yg memilih Z800 (180jt) dan Z1000 (240jt).

4. Kawasaki ZX-10R (320 jt rupiah)

Meskipun ada ZX-14 yang berkapasitas jauh diatasnya, raja motorsport Kawasaki tetap adalah ZX-10R. Titik kulminasi dari impian setiap pencinta dan pengendara motorsport Kawasaki.

20130605-050236 PM.jpg

Saat ini ZX10R beredar di aspal Indonesia melalui IU di kisaran harga 340 jt. Jika didatangkan melalui ATPM, harga rencananya akan turun di range 320 juta. Performa puncak namun harga lebih ‘masuk akal’ ketimbang motor besar eropa lain, bahkan jika dibandingkan motor 1000 CC Jepang lainnya. Saat ini melalui importir umum (misalnya Probike) R1 dilepas di harga 350 juta, sementara CBR1000 di harga 360 juta. Selisihnya akan lebih jauh lagi kalau dibandingkan dengan Aprilia RSV4 atau MV Agusta F4 yang bermain di angka fantastis 450 jt rupiah.

Apa Pengaruhnya didatangkan model2 ini?

Sales
Harga IU yang sekarang ini berkisar di angka 260-275 juta rupiah (tergantung kurs, nego dan kedekatan dg importirnya) untuk Z1000 turun menjadi 240 juta rupiah. Begitu pula utk ZX10R (dr 340 turun ke 320 jt). Penurunan harga yang mungkin tidak terlalu signifikan utk pembeli namun cukup utk membuat pemilik Z1000 skrg tersenyum masam karena akan ikut menekan harga second Z1000 saat mereka nanti bosan. Bagi biker yang sudah ancang2 memboyong Z1000, bukan saya hehehe, pastinya ini membawa angin yg membuat hati menjadi riang.

Service
Dari jaman sebelum ATPM, terutama Kawasaki dan Suzuki, mendatangkan motor sportnya, pemilik motorsport umumnya mengandalkan bengkel spesialis non-ATPM utk urusan perawatan kendaraannya. Baik krn alasan kesiapan perlengkapan maupun keahlian mekaniknya. Belakangan saya melihat bbrp dealer besar dr ATPM seperti SSM Kawasaki di Fatwamati sdh menangani perawatan berkala ZX6R. Mekaniknya sdh mendapat pelatihan dan perlengkapan service yang memadai. Kesiapan bengkel ATPM tentu akan memberikan alternatif yang baik.

Spare Part
Proses inden untunk mendapatkan spare part, terutama utk fast moving parts harapannya bisa lebih cepat dr bengkel-bengkel spesialis. Harapannya lho, lha wong arus transaksi dan import ATPM kan harusnya lebih tinggi.

Iklan

45 thoughts on “4 model baru dari Kawasaki Motor Indonesia

  1. mas saya baru ngambil N250FI yg warna putih jg….sekarang kebingungan dgn penempatan plat nomor yg didepan,klo pake bracketnya jadinya jelek persis seperti dipakein koyo… itu ninja punya mas bisa nempel di winshield depan gitu,stiker atau aslinya?dengar2 soalnya polisi suka nilang2in motor fairing yg penempatan plat nomor depannya nggak standar.any idea/tips mas?thanks before….

    • jangan pakai sticker, tapi harus aslinya.
      Cukup dijepit diantara windshield dan body lalu dikencangkan. Sebelumnya di beri pelapis supaya tidak goyang dan membuat windshield lecet.
      Saya berapa kali razia ga ada masalah karena itu plat asli dan terbaca jelas dari depan (windshield saya bening)

    • Di Z malah gak saya pake, hehehe, jangan diikutin yaaa… dah 3 bulan ra popo…
      Om Leo sempet distop dimana tuh?

  2. Buat ane mah (saat ini), harga/ angka psikologis buat motor itu maksimum 60jt……..di atas itu benar2 buat orang yang udah berlebihan hehehe…..

  3. menurut saya Z800 yg banyak mengantongi transaksi,4 silinder ndak terlalu besar(postur tubuh asia)harganya paling bersahabat dikelas 4 silinder.

  4. Tlong pendptnya tmn”.. aku baru mau bli ninja 250fi. Menurut kalian perbedaan yg abs dgn non abs jauh bgt gak? Soalnya aku mau menghemat pengeluaran tp blm ngerti soal ninja… kalo emg abs worthed untuk dibeli, aku pasti plh beli abs.
    Stok abs yg dgn wrna terbaru skrg gk ad, kalo mau inden mesti 2 bln. Tp kalo mau lsg ad kek ksh uang tmbhan 2.5jt sama sales kawasakinya(sesuai yg aku ty diprj) dan sedangkan kalo aku bli non abs it ready stok diluar” sna tnpa aku hrs mengeluarkan uang lbh. Mohon bimbingannya para biker ninja. Thx sblmnyaa

  5. Aduh z 1000 bikin ngiler,tapi tinggi nya sendiri sama z800 lebih tinggi mana ya Mas,soalnya bulan kemarin saya sudah inden z800 gagal karena pas ada ternyata ketinggian buat saya akhir nya saya ambil n650 versi abs yang memang pas untuk ukuran tinggi saya yg cuma 170cm

  6. ambil R1 apa nunggu ZX-10R ya om?
    btw ambil R1 worth it gak sih bro buat di Indo? apa mending R6 aja?

    ane tertarik sama pabrikan garpu tala, tapi yg jadi masalah itu ga ada absnya, haha 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s