Insider Information: K64 atau CBR250RR = New Twin Inline (bukan V) + High Spec + Produksi Indonesia ?

15 Maret 2015

Sewaktu Regis (13 th) anak pertama saya memanggil dan menunjukkan artikel tentang CBR250RR di majalah Motorcyle Australia saya awalnya skeptis. Karena hampir semua sudah dikupas tuntas di tanah air.

Tapi membaca lebih jauh dan melihat bagaimana sumber dari majalah ini (Honda Jepang, bukan AHM) membawa beberapa informasi (yang baru untuk saya) jadinya cukup penasaran.

IMG_2591

Intinya ada beberapa hal yang insider source sampaikan:

  1. New CBR250RR versi pre-production sudah jadi dan sudah ditest
  2. Awalnya direncanakan akan diluncurkan saat Tokyo Motor Show Oktober ini, namun delay
  3. Menurut majalah ini, sumber dr Indonesia mengatakan K64 akan menggunakan mesin V-twin. Namun ini dikoreksi oleh sumber internal Jepang bahwa K64 akan menggunakan mesin twin inline yang baru.
  4. CBR250RR akan diproduksi dengan menggunakan high-spec seperti Up-side down fork, ride mode dan radial brake calipers. Ini untuk menjaga market kelas CBR250R (1 silinder) agar tidak terganggu. Hmm apa mungkin di rentang 70-80 juta ya?
  5. Yang ini saya agak kaget, tapi kalau benar ediann bener, K64 akan diproduksi di Indonesia. Siapa yang tahu?

IMG_2593

Lebih jauh dijelaskan alasan mengapa tidak menggunakan basis mesin VTR250 karena dua pertimbangan:

  1. Inline engine lebih mudah/efisien utk diproduksi dan untuk di-diversifikasi seperti yang terjadi dengan varian 500, 650 dan 750 nya Honda.
  2. Inline engine (higher HP) lebih dibutuhkan ketimbang V configuration (higher torque). Ini agar tetap kompetitif dengan R3 utk spec racing. Bahkan rencananya akan diproduksi varian CBR300RR dan versi 350nya.

Ah mas, itu kan hanya sumber dari Jepang yang dikutip majalah.

Eh ingat dong artikel tentang naked CB250F itu pertama kali datangnya dari mana?

Jadi silahkan diterawang dan dibayangkan. Apakah sekedar psy-war? Apakah mungkin Honda melakukan ini? Kalau beneran, ini bisa jadi mimpi basah kolektif biker sa-Indonesia karena persaingan tambah mengilaaaa !

75 thoughts on “Insider Information: K64 atau CBR250RR = New Twin Inline (bukan V) + High Spec + Produksi Indonesia ?

    • hmm siapa yang tau? tgtbt yg R25 atau yg mana?
      utk level ini kok gw rasa keputusannya sudah sama sekali bukan di AHM. Jadi mengharapkan leaking dari Indonesia juga susah.

    • kayaknya sih nggak gitu deh mas, soalnya ada statement kang leo kalau honda berusaha menjaga market cbr 250 yang single cylinder.mungkin akan dibuat kayak vario dan pcx kali kang.

  1. Bagus lah… ada kemajuan setidaknya. Biasanya cuman ngandelin nama besar doang. Cuma konsumen berpikiran sempit yg makan gituan, nama besar-mitos katanya, dll semacamnya.

    • saya kira cukup banyak rider Honda yang bersedia membayar lebih, apalagi kalau spec nya dgn USD (modif sendiri habis 10 juta paling tidak). Apalagi di kelas 250cc, ridernya cukup royal.

    • Rata rata habis 30 juta(bisa lebih) main dikaki kaki pake limbah moge, (arm,velg,usd,radialmont,brake set)
      Tergantung mateial dan finishing, kalau bagus saya yakin dibandrol 90 juta tetep laku (bukan laris yah,secara ini bukan comuter).
      Terjangkau lah untuk negara indonesia yang makmur
      😂

  2. Tapi kebiasaan honda main aman di desain kayaknya tetep deh.. kalem… rata2 ga ada sangar2nya blas… tapi soal nyaman ,awet n bandelnya udah teruji… klo irit relatif…

  3. Pengin power 40 HP & Mau tahu harganay…?
    Ni perkiraannya :
    = 40 HP x 1,8 jt/HP
    = 72 juta…………………(harga di jepang)

  4. 40 hp menurut gw TGTBT… ngeliat kualitas BBM indonesia palingan diturunin ke 38/36 on crank… tapi sapatau on wheel bisa 40…ah elaah…

  5. Pingback: tmcblog.com » Dari Namanya Sendiri Honda K64 atau CBR250RR memang Lebih Logis mesinnya Inline Twin dibanding V-Twin

  6. mudah2an sih desain kagak main aman lah. ngeliat desain cbr series itu membosankan. Dari kapasitas mesin kecil hingga besar, mukanya hampir sama bin 11 12.
    Masa kgk mampu buat bayar mahal desainer?Padahal pabrikan motor terbesar di dunia.

    Tapi yang jelas, buru2 deh CBR250R dikasih mesin dua silinder. Kasihan udah ditingkatin tenaganya tapi masih kalah juga sama kompetitornya.

    http://www.oprekmotore.com/2015/03/10-drag-bike-new-cbr250r-vs-ninja-250r-vs-yzf-r25.html

  7. untk mesin v-twin, gak buat cbr tpi buat klan cb om leo, dan nanti di garap ahm di pabrik plant 5, pegangsaan di tutup, divisi khusus produksi sport pindah ke pabrik karawang plant 5,
    k56a udah assembling, power kisaran 16,xxps,, ,
    estimasi launching bln 6,
    rencananya ahm nanti di jadikan divisi produksi spor di bawah 600cc, menggantikan thailand,

    • Kalo klan cb sih mesinnya masih turunan dari cbr
      Gak jauh” beda lah antara cb & cbr, cb beda di settingan aja..

      Kalo mesin V kemungkinan akan dilahirin di klan VTR / VFR oleh AHM

  8. wah, nice information ini, by the way saya mau nanya nih om leo, kalau Ninja 250 yang sekarang itu produksi lokal atau import? kalau dibanding dengan CBR250RR yang di atas ini, kalau dari segi harga dan fitur, lebih worth yang mana ya kira-kira? karena dari perkiraan harga yang om leo sebut di atas, CBR250RR ini cukup jauh sama R25 dan Ninja 250 sekalipun. suwun om 🙂

    • Ninja 250 yang mana? yg Mono sudah lokal. Yg 2 silinder masih import.
      Produk terbaru biasanya (pada kelas yang sama) memiliki keunggulan dari produk tahun-tahun sebelumnya.

    • yg duo cylinder om leo, hehe. ternyata masih import ya, tapi kenapa perkiraan harga CBR250RR baru ini lebih tinggi ya dari harga Ninja 250 yang import? hmm, padahal katanya mau diproduksi di Indonesia, ckckck. apa teknologi USD suspension dan radial brake calipers memang semahal itu ya om leo?

  9. Pingback: CBR250RR, lebih oke bila dilakukan diferensiasi | travelmotoblog

  10. Pingback: New Honda CBR250RR to be a parallel twin | AutoCult India

  11. Pingback: Honda CBR250RR Batal V-twin ,kini twin Inline, Semoga bukan 1 Piston lagi ! | PERTAMAX7.com

  12. Hmm, 70 juta? USD ambil dari produk trail 250cc, radial brake non monoblock cuma pakai adapter, mungkin nggak? Kalo kaya gitu seenggak enggaknya kan harganya nggak eksplosif beda 15 juta dibanding produk lain? Setidaknya USD dan radial disini sifatnya hanya kosmetik, tidak murni menawarkan performance hingga beda 15 juta (lagian USD & radial di mesin 250cc juga nggak terlalu terasa perbedaannya)

  13. Pingback: Gosip Honda new CBR250RR pake mesin v-twin batal, sekarang mengarah ke twin inline | GirBlogg.Com

  14. harga 70 an power beda 1 – 3 hp mending ane beli produk sebelah yg udh abs
    Sisanya beli usd after market yg
    Kecuali pihak honda mengeluarkan 2 versi
    Yg std dgan se (special edition) yg fiturnya melimpah dari std

  15. Kalo dibuat AHM berarti sebuah prestasi mengingat selama ini motor honda yg secara performa bagus dibuat d thailand, mulai nsr sp hingga moge 650 cc buatan thailand, cbr150 simgle eyes aja masih dibuat d thailand yg HP nya masih d atas Cbr150 lokal, AHM selama ini buat motor mentok d cc terbesar honda tiger yg malah disuntik mati, andaikan vtr adlh tiger reborn bakalan asyik tuh, seperti kemunculan tiger dulu yg berani tampil beda n jd penguasa market bertahun2

  16. Pingback: Welcome CBR250RR! Bocoran dr Honda Japan Ternyata Lebih Akurat. | 7Leopold7

  17. Pingback: Bocoran: Honda Japan Sedang Persiapkan Versi 300-350cc untuk CBR-RR. CBR350RR? Ngeri.. | 7Leopold7

Leave a comment