Rider R6 dan Motornya Ikut Jadi Korban Kerusuhan Polsek Ciracas (cerita versi massa + rider)

 

Peristiwa pengeroyokan perwira TNI oleh sekelompok tukang parkir di Ciracas ternyata berbuntut panjang dan lebar kemana-mana. Selain berlanjut pada penyerangan dan perusakan polsek Ciracas oleh massa, seorang biker R6 yang melintas pun turut menjadi korban penyerangan bersama motornya.

R6.jpg

Awalnya saya mendapat foto dari sobat Tyo Prasetyo, sohib lama NIO yg tugas di Dishub DKI. Foto memperlihatkan sebuah moge, R6, dalam kondisi rusak tanpa fairing sedang terparkir di halaman Polres Jakarta Timur.

Saat saya tanya ini kenapa Tyo? lalu beliau menjelaskan versi yang ia dengar:

Sekira pukul 22.50 WIB, pengendara roda dua bernama Kevin, warga Cibubur yang kebetulan melintas di tengah kerumunan massa di depan Mapolsek, karena jalanya terhambat sehingga yang bersangkutan memainkan gas motornya, juga menjadi korban penganiayaan. Motornya Yamaha R6 dibakar.

Berhubung saya juga anggota Yamaha Rev CBU club, saya cek dong… dan makkkk ternyata benar itu R6  yang baru saja dibeli dari satu showroom.

Screen Shot 2018-12-13 at 10.51.39 PM.png

R6 tersebut sebelumnya baru saja diservice di DDS Yamaha Cempaka Putih dan sedang dalam perjalanan diriding pulang ke Cibubur.

 

Versi diatas menyatakan motor terjebak kemacetan di kerumunan massa sehingga kemudian rider R6 menggeber gasnya dan memancing emosi massa.

Tapi apakah bener seperti itu?

Supaya berimbang tentu perlu kita dengar penjelasan dari sang Rider alias Kevin atas kejadiaan naas yang menimpa dirinya.

Berikut adalah percakapan sobat Steven Huang dengan Kevin:

Jadi setelah dibeli dan diservice di DDS, motor memang diriding pulang utk dijajal. Di tengah jalan bertemu dengan kemacetan massa yang protes di polsek ciracas.

Menurut Kevin tidak benar dia menggeber-geber gass motor, apalagi dalam kondisi macet dan massa seperti itu. Kejadiannya adalah ketika sedang berjalan pelan ia melalui orang di depannya. Orang tersebut berujar, jangan sok kau mentang2 bawa moge. Kevin mengabaikan ucapan tersebut. Namun kemudian helmnya digeplak orang.

Saat reflek ia melihat ke belakang tiba-tiba seseorang dari sisi kiri mendorong motor ke kanan, sehingga motor terjatuh ke sisi kanan dan gas terputar.

Knalpot yang terpasang di R6nya memang adalah Austin Racing yang yaowooo buat saya sih berisik. Mungkin volume 4 silinder di knalpot pendek ini yang dianggap sebagai bentuk pamer dan sok-sok-an oleh rombongan massa yang sedang emosi.

Kevin sempat menjadi korban pemukulan selain motornya dirusak. Untuk itu ia sudah membuat laporan polisi agar kemudian motor bisa diambil dan diperbaiki.

Demikian bro dan sis, penjelasan dari ridernya langsung.

Intinya, mungkin ada dari massa yg terganggu dg suara knalpot Austin Racing di R6 dan memprovokasi hingga Kevin dipukul kepalanya, didorong ke kanan dan jatuh dg posisi tangan di handle gass.

Menurut saya: benar atau salah kita di depan hukum, seringkali tidak relevan ketika berhadapan dengan kondisi chaos seperti itu. yg bisa dilakukan adalah tetap taktis dengan situasi yang ada dan low profile dalam mencari jalan keluar.

Bagaimana kalau bro/sis dalam posisi Kevin tersebut?

 

r6 ar6 7r6 2

 

 

 

 

Advertisements

43 thoughts on “Rider R6 dan Motornya Ikut Jadi Korban Kerusuhan Polsek Ciracas (cerita versi massa + rider)

  1. Kalo saya di posisi saudara Kevin, mungkin antisipasi sebelum mendekat kekerumunan massa. Apabila dirasa tidak memungkinkan untuk dilewati, saya langsung balik kanan om. Saya pribadi agak merinding disko jika ada kerumunan massa (terutama dipinggir jalan raya), karena trauma peristiwa “98.

  2. Turun Dari motor Dan menuntun motor om.. Emang kl situasi gitu ya kita Harus jadi orang serendah mungkin.. Walau yg rusuh itu lebih rendah Dari kita.. Sing penting Aman dulu

  3. Klo sy jelas putbal cari jln lain, klo tdk mungkin ya diem aja ntah dmn klo dah reda baru lewatin drpd ambil resiko seperti diatas ato lebih buruk misal dead/dying in hospital T_T

  4. Pingback: Naik Moge, Menghindari “Apes” Dengan Low Profile - MONKEYMOTOBLOG

  5. waah kalau austin short silincer suaranya emang menggelegar. Mungkin bro kevin kejebak kemacetan dan ga bisa putar balik, akhirnya di provokasi sama massa yg berada di situ. niatnya dia ga buat masalah, tapi apa daya malah kena imbasnya 😢😢😢😢

  6. tidak bijak memang kalo udah tau ada kerumunan massa (apalagi massa yg lagi panas spt itu) lalu masi nekad masuk ke tengah2nya, apalagi bawa kendaraan yang cukup mencolok, mending balik arah jika memungkinkan, ato brenti dan “sembunyi” dulu di tempat yang kira2 aman, baru stelah massa itu reda / lewat, bisa keluar lagi dengan aman

    tapi semoga R6 nya bisa pulih seperti baru lagi

  7. Ada nasihat bijak di kitab suci …orang bijak jika melihat malapetaka akan bersembunyi – jadi kalau sudah ada kerumunan massa ya puter balik atau menjauh sejenak sampai situasi aman …

  8. Intinya yg komen diatas sangat menyayangkan tindakan bro Kevin yg tidak memilih puter balik / menghindari kerumunan massa. Apalagi pake knalpot resing, mau bilang gak sengaja keputer gasnya tapi orang laen mana peduli di sengaja apa tidak, yg mereka tau pokoknya mainin gas sehingga mesin meraung2 kencang. Kalo sudah gini, penyesalan selalu datang belakangan. Bukan soal R6 nya, karena bisa beli baru, kalo perlu upgade R1 sekalian bayar cash. Tapi nyawa rider lah yg jadi taruhannya,. Masih untung gak mati konyol disitu.

    Intinya, bro Kevin sudah kasi contoh dan pengalaman berharga ke biker ataupun driver laen kalo ada semacam kejadian serupa kita jumpai, sebaiknya dihindari saja.

  9. Pelajaran yg sangat berharga.
    Sebaiknya semua dari kita, tidak peduli memakai motor gede maupun motor kecil, mulailah peduli pada lingkungan.
    Dimulai dengan pemakaian knalpot yg sesuai standard, minimal bila ganti kmalpot utk alasan estetika, suaranya tetap diperhatikan tidak melebihi db suara standarsnya.

    Ini kebetulan saja korbannya motor gede.
    Jauh lebih banyak motor motor cc kecil yg suara knalpotnya mengganggu karena dibuat free flow.

  10. Emang apa salah knalpot standard sih om?
    Hampir semua pengendara motor cc gede koq seperti harus ganti knalpot..
    Putaran langsam saja sudah polusi suara, apalagi pakai buka gas

  11. deket rumah ini, ga tau persis kejadiannya…tp sepertinya 200 meter sebelum depan polsek ada putaran ke kanan..atau juga bisa seenggaknya belok ke kiri ada pemukiman..biarpun gak salah, dan gak bawa moge, jalan kakipun gw pasti hindarin kalo ada beginian..gatau urusannya dan gamau tau hahahaha

  12. Putar balik pake motor sport underyoke begitu tidak mudah. Radius putar sempit. Mungkin sudah kagok terlalu deket dengan massa. Pas mau berhenti depan massa mungkin main gas dikit (tipikalnya rata-rata begitu, mungkin sudah reflek juga main gas).

  13. tentara terlalu arogan juga sih! kalau mau hajar preman parkir liar ya saya dukung tapi jangan warga sipil yang ga tau urusan dan ga terlibat sama parkir preman liar jangan di serang donk!

    Sekarang mau ganti rugi? mau ga TANGGUNG JAWAB TUH BENERIN MOTOR R6 YANG UDAH DI RUSAK??? JAWAB!!!!

  14. Baiknya sih pertama kalau motor udah bener Langsung ganti knalpotnya pakai standart kalau aftermarket Jeas pakai “AKRAPOVIC” suara adem enak di denger melintas dimana aja aman…suaranya sekenceng kencengnya ga bikin pengeng…

  15. bagus deh udah lapor ke Polisi, biar dilacak orang2 yg demo tapi ga pake otak kaya gini dan suruh ganti tuh biaya perbaikan kalo perlu suruh beliin baru

  16. knalpot racing kenape dipakai di jalan raya…ane sring lihat yg model beginia, begitu kena macet..gber2 ga karuan. Moge , bebek , sport 150cc…sama aja.

  17. Namanya musibah. Kalau pas wktunya ya mau gmn lagi.
    Cuma kalau ane pribadi, liat ada rame” kliatan kerusuhan, mau pas jalan kaki pun juga putar balik om 😂.

  18. Ga geber cuman bleyer bleyer. Tapi klo multi silinder ya ga papa tetep merdu. Sentimen saja mereka. Coba klo mayoritas moge. Minim 250cc. Ga bakal apes dahhh cak rekkk

    • Udahlah gausah playing victim sama sama salah kok. Iya saya tau kamu korban tapi itu karena ulah kamu sendiri. Chat yang dia sampaikan itu cuma dari perspektif dia aja, gimana kalo dari perspektif orang lain? ga mungkin lah orang tiba2 mukul pengendara moge meskipun situasi lagi kacau kaya yang disebutkan diatas tanpa sebab, intinya ya ngaca lagi ke diri sendiri (nge geber motor tanpa sebab, apalagi desibel knalpotnya tinggi walau situasi ga kacau juga, lu udah termasuk ngeganggu kenyamanan orang lain disekitar). Biar jadi pelajaran aja, responsibilitas sebagai pengendara mesti ada, jangan kebawa emosi karena bawa motor/mobil cepet/mahal, justru lebih hati2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s