Catatan 7Leopold7: Bukan Hanya Menang Point, Marquez Memang “Undisputable Champion of MotoGP 2017”

 

Marquez dinobatkan sebagai juara dunia MotoGP musim 2017. Buat saya bukan hanya sekedar perolehan point yang tertinggi. Namun juga untuk kualitas lain yang ia tunjukkan.

14680668_1137393723023928_6113727212167046990_n

Jelas ini bukan Marquez

Sampai pada paruh pertama musim prestasi Marc masih cukup campur aduk. 2 kali gagal finish, 4 kali terlempar dari podium dari 8 lomba awal. Namun persistensi (kegigihannya) untuk bisa selalu podium dan keahliannya memang luar biasa. Beberapa kali epic save yang dilakukan dalam kecepatan tinggi bisa dikatakan nyaris tidak mungkin.

 

Pada race kemarin di Valencia, Marc sebenarnya cukup finish pada urutan ke-11 untuk bisa dinobatkan sebagai Juara Dunia MotoGP 2017. Yang tentunya sangat tidak sulit melihat posisi Marc di Valencia atau seri-seri sebelumnya.

 

Namun Marc tidak mau sekedar “main aman”. Mental juara ditunjukkan dengan tetap fight menuju posisi terdepan, meskipun resikonya sangat besar. Dan benar saja, hampir saja gelar melayang ketika Marc sempat kehilangan kendali atas motor. Sekali lagi kehalusan skill menyelamatkan Marc dan menghantarkan ia menjadi raja di musim 2017.

 

Ini ditambah lagi dengan faktor persaingan kelas MotoGP pada tahun 2017 yang sepertinya semakin keras disbanding tahun-tahun sebelumnya dengan munculnya pembalap muda di tim yang juga semakin menguat. Jika point bisa dijadikan patokan: selisih MM dg runner-up Dovi adalah 37 point, dengan Vinales 68 point. dengan Pedrosa 88 point dan terhadap Rossi sejauh 90 point.

 

Menurut saya Marquez sangat layak, undisputably, menjadi Juara Dunia 2017 bukan saja karena jarak perolehan pointnnya cukup jauh dengan pembalap-pembalap lain, namun juga karena kelas skill dan mental yang ia tunjukkan.

 

Selamat utk HRC dan Marquez untuk gelar Juara Dunia ke-6 nya! Babang Leo salut ama kamuh dek!

 

 

Screen Shot 2017-11-13 at 6.52.28 PM

 

Iklan

19 thoughts on “Catatan 7Leopold7: Bukan Hanya Menang Point, Marquez Memang “Undisputable Champion of MotoGP 2017”

  1. Dari semua rekornya, menurut gue skill save dia dari crash itu paling manteb om leo.

    “Marc is the only rider in history to be able to save a fall down with the bike pratically on the ground and the front tyre slipping, he gets the bike up with the elbow , knee and steer. He did this many times in several season MotoGp, this technique is denominated “Marquez Style “.

    Jelas dia Raja MotoGP di era ini.

  2. Pertamax di blog om leo.
    Emang juara bocah satu ini, dari timing flag to flag sampe save dari motor yg uda mau ndlosor sampe tegak lagi.
    Salute MM93

    • harusnya di artikel dikasih disclaimer, “adegan dilakukan oleh professional. jangan mencoba untuk meniru apalagi di jalan umum”. 😀

  3. Btw dengan berat hati marq marquez emang real champion, mental sama skill-nya no 1 untuk saat ini.lah ada tukang nyinyir nyinyirin tukang nyinyir wkwkwkwk ga’ sadar diri apa yak , tinggal beli kaca besar aja kayaknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s