Membayangkan Seperti Apa Desain New Ninja 250 2 Silinder

Desain sebuah motor bagi pasar Indonesia tetap faktor sangat penting. Laris manisnya Ninja 250R dan kemudian Ninja 250FI adalah bukti kuat yang sulit dibantah. Akan seperti apakah desain New Ninja 250 2 silinder yang baru?

Sporty dan moge look masih jadi satu rumus utama.

Ninja 250R yang dirilis 2008 mewarisi desain sport curvy penuh lekukan dari Ninja ZX6R 2006.

Sementara itu Ninja 250FI (rilis 2012) mewarisi langsung kesan tajam dan sporty dari Ninja ZX6R 2009 dan ZX10R 2011.

Mirip banget. Hingga pada saat awalnya sulit membedakan, terutama untuk mata awam, jika kedua motor tidak dinyalakan mesinnya. Saking miripnya sampai ada temen rider ZX6R yang agak risih karena sering diduga motornya adalah Ninja 250.

Bagaimana dengan tampang new Ninja 250 2 silinder yang baru?

Dengan melihat pola yang ada di atas, saya menduga desain Ninja 250 yang baru akan merupakan kombinasi dari generasi baru moge Kawasaki baik yg ada maupun yg masih spyshot. Ada yang merupakan bagian dari Ninja 650 2017, Ninja H2 dan New ZX10R 2016.

1507109336540584362.jpg

2018-Kawasaki-Ninja-650-ABS-KRT3

Ada empat tiga area yang essential dalam sebuah desain motorsport:

Front area: Fairing depan dan Head Lamp. Generasi baru seri Ninja (650, ZX10R dan H2) memiliki genre headlamp yang lebih meruncing tajam dan agresif dibandingkan generasi sebelumnya. Saya menduga New Ninja 250 juga akan menggunakan garis desain yang mirip, tidak akan keluar dari itu seperti yang diduga sebuah majalah Jepang. Akan ada perpaduan ketiga jenis motor diatas. LED nampaknya saat ini sudah menjadi standard.

Fairing depan akan lebih agresif, besar (kalau dilihat dari samping belakang) sekaligus meruncing. Moge banget.

Tanki dan seat: design tank sangat vital. Bisa dikatakan tanki adalah salah satu hal pertama yang secara spontan kita lirik saat melihat motor sport. Untuk tanki pun, dugaan saya New Ninja 250 tetap akan mengikuti garis sporty dengan guratan yang indah dari generasi baru jajaran Ninja.

Dimana tanki akan terlihat lebih tinggi indah, namun posisi seat lebih dalam di bawah. Tipikal moge. Tanki bagian bawah juga akan lebih berlekuk untuk membantu posisi rider lebih rapat memeluk motor. Kedua kombinasi di atas akan membantu centre gravity lebih kebawah dan mempertajam handling. Keuntungan posisi seat yang dibawah juga membuat posisi stang tetap terasa nyaman.

Saya berharap Kawasaki mempertahankan material tanki yang terbuat dari logam. Nothing can fake metal look. Juga akan praktis kalau kita riding dengan menggunakan tank top bag.

Buritan: Ini yang kita lihat dari samping ataupun belakang dan menentukan seberapa suka atau tidak kita dengan sebuah motor. Genre motor belakangan ini nampaknya mengandalkan buritan yang ramping namun lebih tinggi. Selain membantu kestabilan motor pada kecepatan tinggi (walaupun pada 250cc mungkin tidak seefektif cc besar), namun juga elemen penting untuk keindahan. Meskipun itu berarti posisi boncenger akan lebih tinggi dari yang ada sekarang. Lampu belakang juga baiknya sudah LED.

KESIMPULAN:

It is a new bike but it is still part of Ninja Family. Jadi kalau ada majalah yang memadukan design Ducati atau motor lain, engga banget. Kawasaki punya pride sendiri dan gaya design Ninja yang khas. Merupakan kombinasi dari jajaran motor pasca 2015 baik yang sudah ada maupun spyshootnya beredar.

 

Iklan

43 thoughts on “Membayangkan Seperti Apa Desain New Ninja 250 2 Silinder

  1. Kasih bocoran dikit om, apakah sudah deltabox, banana swingarm, USD fork? Mnurutku itu yg paling penting,, (tapi ironisnya r25 malah gk nerapin khas R series tsb,, moga aja kawi bisa lebih melek melihat fitur tsb)

    • Dengan fitur di atas yg ente sebut kalau di jual di range harga di atas 80-90jt ente mau beli? “hanya” untuk motor 250cc
      apa penting nya semua fitur itu untuk pemakaian harian atau bahkan weekend? paling klo di pakai di jakarta paling kenceng ente lari 80 kpj udah ngerem… klo di pake di track sih gpp deh..

      CBR150 yg swingarm biasa aja handling nya gag kalah kog d banding R15 yg “sudah” banana..

    • halah ninja 250 ckd skrg aja udh 60 jeti, klo mw diganti gitu diatas 70 jeti mw dibeli gk??? org beli brand ninja harga segitu jg mikir2 mending moge seken(klo ada)

  2. walah…
    udah ngliat langsung kok ya masih make kata kata “diduga”.
    bikin sketsa kasarnya make pensil om, biar pemirsa jadi lebih penasaran…

    • ninja 650 itu motor taouring dikasih fairing.. tentunya bedalah dengan ninja 250 yang memang sport

    • @rider malang: kata siapa om? ninja 250 itu originnya juga motor touring kog,, makanya ergonomi santai dan peak power ga di rpm yg tinggi2 amat.. klo dia race oriented kode namanya pun pasti pake kode “ZX”

    • Kalo ninja 250 fi yg baru genrenya bakal kyk ninja 250 fi skrg (sport tourer), (stang upper yoke) at bakal kyk cbr 250 rr yg (super sport), (stang under yoke) om leo?

    • @arga: kog sotoy? ane cuma ksh tau sesuai fakta yg ada kog..
      coba aja tengok ninja 250 4 silinder jadul, lihat kode namanya nya, pake ZX atau cuma ninja..
      untuk jaman sekarang coba situ bandingin aja, perbedaan antara Ninja 650 sama Ninja ZX-6R..
      ane ngomg apa ada nya malah di bilang sotoy, dasar.. ‘-_-

  3. khekhekhekhe… ketawa pas baca bagian ini;
    “Jadi kalau ada majalah yang memadukan design Ducati atau motor lain, engga banget. Kawasaki punya pride sendiri dan gaya design Ninja yang khas. ”
    jadi ingat something…

  4. “seperti apa desain new ninja 250 dua silinder”?
    Akan adakah new ninja 250 yang bukan dua silinder Om? Bukan yang jomblo eh single silinder maksudnya.
    Ini yang baca yang terlalu hype kalau lagi dikasih bocoran atau yang baca salah memaknai 3 artikel ninja kebelakang? Lol

  5. Kalimat terakhir mengena banget…”memadukan desain Ducati…” kyk cbr sperempat y om? 😁
    Dan ini yg sy lihat pd desain clan ninja dan clan R series. Suzuki pun pede dgn “alirannya” dgn single headlamp di moge2nya.
    Honda utk clan cbr harusnya jg pnya pride trsendiri…

  6. Kl menebak dari gambar majalah YM, Yg bakal mirip ninja 650..lampu depan,firing samping,arm,dan sama sama no USD. kl yg bakal mirip zx10,, kayaknya tank sm buritan.

  7. terimakaaih om, saya selalu smangat dan bergairah kalau ada artikel next ninja 250,, walaupun dah di php 2th gak brojol2,, kalau bisa tiap minggu topiknya ada ninja 250 ya Om,, entah knapa selalu senang saya bacanya heheh

  8. Setuju banget 3 hal itu om… ketiga hal itu emang satu kesatuan utama keren atau enggaknya motorsport… karena kalau pelek, swing arm, fork depan mah mudah dimodif..

    terkait new ninja 250 ini, gue selalu yakin desainnya bakal paling keren dibanding kompetitor.. ya we know lah, NINJA.. 😎

  9. ngapain masih ngurus sport 2 silinder 250 cc yang mulai ngga laku & peminatny udah tergerus sama matic 1 silinder 250 cc
    mending rilis sport 4 silinder 250 cc,bikin trend & pasar baru
    atau ngeladenin sport matic 250 cc 2 silinder klo masih tetep keukeuh pengen 2 silinder

  10. “Saking miripnya sampai ada temen rider ZX6R yang agak risih karena sering diduga motornya adalah Ninja 250.”
    Hal ini yng sempat terpikir oleh saya, di saat mocil berdisain hampir mirip seperti kakanya yng moge akan smakin tinggi pride si mocil trsebut, tp di saat bersamaan si moge akan sdikit turun pridenya krna garis desain yng di tiru oleh si mocil yng harganya terbilang jauh dari moge itu sndri (kecuali mesin di hidupkan). tapi sepertinya smua pabrikan mnerapkan strategi yng sama dalam hal desain antara mocil dan moge hampir2 mirip dan bisa jadi salah kira trutama di mata orang awam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s