Materi dan Mekanisme Ujian Teori dan Praktek SIM Perlu Dievaluasi

 

Hayoo siapa disini yang sekali ujian teori dan praktek SIM langsung lulus tanpa nembak? Anda tergolong manusia luar biasa. Saya beberapa kali bekerjasama dengan satuan wilayah kepolisian mengadakan ujian SIM kolektif untuk sepeda motor. Ada sessi ujian praktek. Hampir semuanya gagal di percobaan pertama dan kedua. Dibutuhkan motor dengan wheelbase pendek dan keahlian riding mendekati stunt rider untuk bisa menyelesaikan ujian praktek sekali hajar.

1410aim

solopos

Cukup paham dengan materi ujian teori, saya saja saat polosan mengurus SIM mobil sendiri sempat dinyatakan tidak lulus karena kekurangan 1 poin tahun 2012. Ketika saya bersikukuh minta hasil tes teori, barulah saya diminta langsung tes ulang dan langsung lolos.

Ada cerita-cerita, kalau tidak bisa dibilang cukup banyak, mengenai betapa absurdnya tingkat kesulitan ujian praktek baik motor maupun mobil, yang akhirnya berujung pada kegagalan ujian dan praktek pemberian ‘pelicin’.

Mengingat SIM menentukan apakah seseorang berhak mengendarai kendaraan di jalan raya DAN menentukan keselamatan publik di jalan raya, MAKA materi dan mekanisme ujian teori dan praktek HARUS dievaluasi untuk memenuhi standard kepatutan keahlian berkendara.

Misalnya, harus bisa dijelaskan secara ilmiah mengapa ujian praktek parkir paralel dengan lebar ruangan yang sangat sempit di kiri kanan patok perlu dilakukan. Karena itu absurd dilakukan di kehidupan nyata. Anda tidak akan bisa keluar dari mobil jika memang ada halangan sesempit itu. Anda malah HARUSNYA tidak parkir di ruangan sesempit itu.

Ujian praktek, seperti yang dilakukan di banyak negara, dilakukan di kehidupan nyata di jalan raya. Bagaimana kita mengendara secara real. Tidak perlu lama. Dalam 5 menit akan kelihatan apakah anda mampu atau tidak.

Begitu pula materi ujian teori harusnya dibuat terbuka dan online seperti di Australia sini. Ada 300 soal, yang diujikan sekitar 50 soal. Tujuannya selain calon peserta bisa belajar, ini juga menjadi media kampanye bagi publik tentang aturan berlalu lintas.

Lho kalau materi ujian teori disebarluaskan masyarakat jadi tau dong om pertanyaan ttg aturan berlalu lintas?!

LHAA, bukannya itu tujuannya?

Materi ujian yang dibuat tidak mengikuti kebutuhan berkendara di kehidupan nyata, mekanisme pengujian yang tidak transparan,Β  sangat berpotensi berujung pada praktek penyuapan oleh/kepada oknum. Orang tidak merasa perlu bisa berkendara, cukup menyiapkan uang untuk mendapatkan SIM. Dan pada akhirnya SIM diberikan kepada orang yang tidak mengerti aturan berlalu lintas. Dampaknya persis kondisi berlalu lintas yang ada sekarang ini yang penuh pelanggaran.

Mau sampai kapan lingkaran masalah ini berlangsung?

Iklan

64 thoughts on “Materi dan Mekanisme Ujian Teori dan Praktek SIM Perlu Dievaluasi

  1. Emang agak2 gimana gitu ujian sim terutama praktek, udah kaya tes jadi pembalap πŸ™‚
    Kuncinya si pd & kenali motor dulu, perhatikan baik2 pas petugasnya ngasih contoh
    Waktu saya tes praktek pakai motor thunder & keliatan banget polisinya maen kopling terus

    Rata2 yg tes ga lolos karena motornya mati pas mau belok πŸ™‚

    Pas dapet giliran, selain berdoa dulu sy cuma mikir PD aja & ga mau ngulang
    terus pas nyalain motor coba2 dulu koplingnya ternyata koplingnya pendek, jadi sedikit dilepas udah jalan & ga heran kalau ga sambil bejek kopling setengah pas belok muter2 pasti mati itu mesin

    Itulah sedikit pengalaman saya tes ke 2 kalinya gara2 telat perpanjang sim c & udah kapok sekarang mah, 2 minggu sebelum habis buru2 perpanjang deh daripada ikut ujian lagi πŸ™‚

  2. saya kebetulan SIM C lulus sekali ambil tanpa nembak..
    bareng sama saya ada bapak dari Cikarang mengaku sudah balik ke Samsat 4x karena gagal terus test teori. Dan memang test teori dari satu kelas ada 30 orang yang ikut test yang lulus tidak sampai 5 orang.

    Disclaimer: Sebenarnya nyari calo.. tapi hari itu ga ada satupun calo.. takut ditangkep KPK katanya :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s