Motor Sport 250cc Bikin Pegel?

Di beberapa forum motor 250cc kerap muncul pertanyaan dari owner: Pegel saya nih, gimana caranya supaya lebih tegak  dan ga pegel ya? Ada rekomendasi stang apa?

Biasanya jawaban terhadap pertanyaan itu cukup beragam. Mulai dari “salah beli motor lu tong” sampai dengan “PM agan”.

Menurut saya mungkin ada beberapa alasan kenapa keluhan ini terjadi:

  1. Motor sport 250cc ini umumnya peralihan dari biker yang main di motor (mayoritas naked) 150/200cc. Yang ergonominya lebih tegak. Pada saat pindah ke sport 250cc, biker mungkin kaget.
  2. Motorsport 250cc setiap kali dipakai seringnya untuk jarak pendek. Disayang-sayang. Kopdar lalu pulang. Ngapel lalu pulang. Badan belum sempat terbiasa/beradaptasi, motor sdh masuk rumah. Yang diingat oleh badan adalah pegelnya.
  3. Ada masalah fisik seperti gangguan tulang/otot belakang.

 

Menurut saya sendiri (14rb km bersama Ninja250Fi, 7rbkm dg R25, 1800km dg CBR250RR, 150 km dengan RC250), motor sport 250cc ergonominya masih cenderung ke sport-tourer ketimbang murni sport.

dsc_6386

pict: Permana Triaz

Pabrikan masih melakukan kompromi dengan membuat motor yang berergonomi lebih tegak ketimbang pure sport. Terkecuali untuk KTM RC250 mungkin. Tentu dengan pertimbangan pasar seperti point nomer 1 diatas.

Ninja paling tourer, diikuti dengan R25, kemudian CBR250RR, dan yang paling bungkuk di kelas ini RC250.

Nah sekarang silahkan coba ZX6R, R6, CBR600RR yang lebih dekat kelasnya deh dan rasakan ergonomi sport murni.

Menurut saya selain motor, badan biker juga perlu inreyen dengan motornya. Perlu riding dengan jarak cukup jauh dan medan variatif agar tubuh lebih menyatu dengan motor. Ada internalisasi ke dalam pikiran dan tubuh kita bagaimana motor berakselerasi dan cornering.

Dua minggu setelah dapat Ninja 250Fi, motor langsung saya bawa tektok ke Pelabuhan Ratu via Cikidang. Pergi pagi pulang siang. Dengan R25 langsung 3 hari touring di Belitong. Begitu juga dengan CBR250RR, dibawa touring ke Madura.

Motorsport 250cc pegel?

Selama kita sehat, badan kita pasti akan menyesuaikan diri. Inreyen kan badan sobat. Jika masih merasa kaku atau pegel, bro/sis mainnya kurang jauh. Ini yang ngomong bapak-bapak umur 42 tahun lho hehehe…

 

79 thoughts on “Motor Sport 250cc Bikin Pegel?

  1. Awal2 pakai ninja ya kaget sih om, sebelumnya pakai vixion dan byson soalnya
    tapi adaptasi ga lama, apalagi setelah meminang CBR 250rr, lebih nunduk parah daripada ninja, apa mungkin karena posisi stang underyoke. tapi setelah adaptasi sekiat seminggu badan dah enak aja, enak bgt buat cornerring. mantap (y)

  2. Setujuuu om Leo!
    Saya sendiri dengan R25 saya udah 22rb km dalalm waktu 1 tahun.

    Di awal transisi ke 250cc aja pegel, (awal ke ninja 250 FI footstep underbone).
    Sekarang pake R25 ini nyaman nyaman aja, belom ada kesempatan nyobain kelas supersport sih.

  3. Ternyata tubuh yang harus menyesuaikan motor 250cc …baru paham saya Om Leo…
    dari Scorpio Z 2001 ganti Yamaha MT 25, sudah jalan 6000 km dengan saya.
    Dan masih perlu touring agak jauh untuk membiasakan diri dengan motor tersebut

Leave a comment