Pendapat Saya Tentang Spek Resmi CBR250RR

 

Sebagai rider yang cukup akrab dengan Ninja 250Fi dan R25, saya ditanya oleh beberapa teman (media, blogger lain, komunitas) mengenai komentar tentang spek resmi CBR250RR. Jawaban saya?

  1. Tidak perlu reaktif, karena angka ini adalah factory declared. Yang dinyatakan oleh satu pabrik. Nilainya tidak bisa langsung diperbandingkan dengan motor 250cc milik pabrikan lain. Karena kondisi, tempat, mesin yang digunakan untuk menghitung pun berbeda-beda. Jadi ga usah  ribut ga karuan dulu. Diterima sebagai informasi saja.
  2. Saya membeli motor, bukan angka. Yang saya kendarai juga motor sebagai satu kesatuan. HP dan Torsi serta bobot hanya salah satu faktor. Ada pertimbangan lain seperti handling, ergonomi, suspensi, pengereman dll yang berkontribusi pada real feel: sensasi riding. Dan ini yang ingin saya eksplore saat nanti sudah datang. Sudah saatnya kita tidak mensimplifikasi satu sepeda motor hanya pada DOHC vs SOHC, setengah HP lebih rendah, lampu dll. Lihat sebagai satu kesatuan.
  3. Di kelas 250cc pada sepeda motor dengan teknologi yang tidak berjarak jauh periodenya, perbedaan puncak tenaga bisa dikatakan relatif insignifikan. Untuk saya dengan skill terbatas dan berat 90 kg, selisih 0.5 HP tidak bisa saya maksimalkan dengan baik. Kok di jalan raya, tarik2an motor satu bisa menang dari yang lain? kalau di jalan raya faktor nekad terkadang lebih berpengaruh diluar top HP.

 

Kesimpulan? mari kita terima informasi resmi spek CBR250RR sebagai satu informasi. Itu tidak menjelaskan apakah motor itu atau kompetitornya yang lebih cocok dengan kita. Motor adalah satu keutuhan. Hentikan polemik berkepanjangan 0,5 HP. Mari kita gunakan energi kita untuk hal yang lebih bermanfaat atau substansial.

 

 

Iklan

70 thoughts on “Pendapat Saya Tentang Spek Resmi CBR250RR

  1. Asik, ane setuju sama om leo.
    Kyanya yng ribut2 d luar sana justru yng kg beli, yng beli mah stay cool aja kya om leo nih.
    Gk beli koq melu ribu. Terlalu.. 😂😂😂

    • Ente dikasih desain baru bilangnya terlalu over kurang simpel, giliran dikasih desain yang biasa palingan juga ente ngeyel desainnya biasa aja kurang futuristis lah, kurang anu lah, kurang itu lah,,, atau ekstrimnya misal cbr ini desainnya simpel kayak desain honda biasanya malah ente bilangnya ahm nggak bisa ngedesain motor lah, atau desainnya kurang atraktif lah, ini lah, itu lah…
      Iya kan?

    • Sependapat sama pak gaspol.. Desainnya tidak mengalir, terlalu banyak lekukan dan tonjolan..

      Cakep relatif, jelek mutlak.. Hhehe..

  2. Kalo udh dateng langsung digiring main dyno om
    Biar gamblang power on wheel nye.
    Ditunggu inpoh nye
    Ciaoo…………………..

  3. Wajar kita bandingin spek di atas kertas dengan kompetitor, tapi yang bisa menerima suatu hal dalam satu kesatuan itu rasanya emang punya soul di dunia tersebut, macam Om Leo ini (cmiiw)

  4. Indonesia butuh orang2 seperti mas Leo bener dah. Cape liat fandom wars disana sini.
    Setuju banget sama perkataan mas Leo tentang beli motor itu bukan beli angka.
    Kalo prinsip saya, kalo terlanjur punya motor A trs tertarik motor B
    1. ga ada budget: bangga dan syukuri lah dengan yang kita punya. motor kita yang pake kita sendiri, dirawat aja yang bener.
    2. punya budget: tinggal beli lagi
    lanjutkan mas!

  5. unit datang januari 2017
    harga belum jelas
    batal indet tapi sudah bayar panjer 5jt = hangus
    di jual dan servis hanya akan ada di kota besar.

    • launching agustus sampe sekarang harga resmi blm muncul. brart unitnya belum ada. pertanyaanya apakah servisnya bareng motor murah honda.?

    • @ipol: Sudah dijelaskan di blog2 sebelah mas, service di dealer yg ada logo wings.. yg saya tangkep maksudnya sih, kalo bareng dlm 1 dealer sih iya, tapi beda tempat dan dpt pelayanan lbh istimewa dibandingkan yg motor murah kata sampeyan itu. Ibarat kata naek pesawat, sama2 1 pesawat tapi beda kelas ekonomi dan bisnis, paham? Kalo big bike nya yg dikota besar (big wings), kalo wings dikota ane Jember juga ada lah.. cmiiw
      Semoga tercerahkan

  6. Padahal orang yang beli motor 250 ke atas biasanya beli bukan karena spesifikasi, tapi ya karena faktor selera. Ada teman beli Ninja, ditanya kenapa, jawabnya ya karena suka modelnya. Ada teman beli R25, ditanya kenapa, jawabnya ya karena suka modelnya. Dst.

    Lagipula cuma beda 1 – 2 hp ya kecil, gak sebanding sama bobot tubuh. Orang yang bobot tubuhnya 20kg lebih berat, belum tentu bisa lebih cepat dari orang yang bawa motor punya hp lebih kecil…

    Kalau saya sih cukup 1 silinder saja, harga bekasnya lebih murah dari 150 fairing baru, hahaha…

    • Rata” orang yg banyak komen gak bakal beli om..
      Justru yg berduit itu yg gak banyak omong..
      Suka ya beli..gak suka ya gpp

  7. Blog Om Leo blog sing bebas sumpah serapah g karuan. baca jadi lebih nyaman. Lanjut Om,,, nek CBR wes teko ndang digelandang neng dyno. ulasan ko Om Leo sing iso dipercoyo,,,

  8. nah poin ketiga itu.. pada banding-bandingin jalan raya.. dengan orang dan kondisi motor belum tentu imbang.. lha wong KARs TV pernah bikin adu drag CB150 vs NVL dulu aja geger yang nggak terima karena dia menang di jalan.. padahal sudah saya jelaskan di artikel saya disini https://dolanotomotif.com/2014/10/12/fakta-di-balik-cb150r-vs-nvl-by-kars-tv-menjawab-berbagai-analisis-dan-dugaan-konspirasi-di-dalamnya/ bahwa kondisi tes sudah dibuat seideal mungkin..
    ah entahlah.. susah memang..

  9. bisa2 ninja 250 4 silinder molor lagi kalau begini… kawasaki masih wait and see… kalau masih kalah di market share bisa2 kasus cb150 terulang… imho

  10. Ketika bosen dengan kubu sebut saja A yang sebenernya juga gak honda2 banget dan jengah sama kubu B yang katanya netral tapi condong ke yamaha, paling enak main ke 7leopold7. cerdas.

  11. kawasaki lega proyek 250 4silinder gak perlu di geber.

    cbr 250rr apakah harga di bawah r25 non abs, secara inikan buatan ahm

  12. om Leo numpang tanya, itu kan posisi sen depan cbr aga susah dilihat oleh kendaraan di samping, kira-kira modif seperti apa yang cocok supaya lebih kelihatan ya? …atau sebenarnya sudah cukup terlihat dari samping? maklum belum pernah lihat langsung hehe

  13. seriusan om,saya masih penasaran sama rider yang ngebut 61 kpj didepan om leo itu siapa?koq bisa2nya sampai menyebabkan saya gagal mendapatkan review langsung rcv dari om leopold.
    silahkan kasih tau disini im,biar saya dataengin tu orang dan tanya apa maksudnya?soalnya mirip bener kasusnya valentino rossi yang mau cari pole malah dihalangi oleh aleix espargaro…
    harusnya tu orang dikasih jari tengah aja om.

    • Rider macem beginian ini nih yg bikin suasana panas dijalanan, pake acara nyulut2 emosi orang lain..

  14. Wah Om Leo bakal jadi pelopor Deklarator di setiap brand motor 250cc Dari Ninja250 (NIO), R25 (YROI) Dan bentar lagi club owner CBR250RR.
    Semoga bisa memberikan masukan yg positif buat Kita semua.

  15. Pendapat saya tentang speck resmi cbr250RR ialah:
    Udah pake embel embel RR saja power cuma beda 0 koma sama yang belum pake R dibelakangnya. Mungkin yang RRRR bisa tembus 40HP.
    Kalau ane mah tunggu R25 R atau Ninja250 RR pasti lebih powerfull

  16. Hanya orang” yg bersinggungan lgsg lah yg selalu memperdebatkan,meskipun mereka ga punya..tau kan mksd saya.. 😊
    ##########################
    Ambil motornya acak om,jgn mau dianterin ke rumah..takutnya ada dusta diantara kita.. 😁 (selain sbg konsumen pertama kan om blogger juga,pasti ada review bukan rahasia lg kan klo pabrikan setting” dulu)

  17. Saya heran. kenapa pabrikan tidak membuat motor 400 cc 4 silinder. kan tidak terkena pajak 125%. trus banyak orang ingin sensasi suara 4 silinder tp tidak terlalu kencang larinya (yg pnting suara dan desain sport). z800 saja bsa dipasang diangka 200 jutaan. zx4r seharusnya bsa ditaruh harga dibawah ninja 650 & Z800 ( yg sudah kena pajak 125%) ZX4R sekitar 140 juta misalnya . jadi bnyak pilihan. yakin bakalan laku keras. saya langsung inden. suara melengking tapi lari tidak terlalu kencang. 50 – 55 Hp & Top speed 200km/h cukuplah

    • adanya cb400 dan GSR400 om… tapi tahu sendiri honhon selalu oper price… doa in saja suzuki mau datengin ke indo… mesin pake gsr400… tinggal ganti baju sport firing saja… itu kalau mau lho ya.. apalagi suzuki juga murah mogenya… gsr750 juga sktr 200 jt saja..

    • Beda bro series Z itu naked jd part nya biasa… Ga pake twin spar kan.
      KloZX udah pure sport pake sasis twin spar…
      Coba bandingin deh Z800 sm Zx 636r? Mahal mana harganya?

    • gsr400 product japan asli bro… 400cc 60 HP rpm 12k… torque 37 N.m rpm 10k… pasti kuenceng bro… suara juga joosss

  18. dan lagi..dan lagi..ane bisa tercengang dgn mluncurnya produk2 baru dan keren, kapan bisa minang. sungguh orang2 yg beruntung bisa beli cc 250 atau lebih. #Bersyurlah jika itu anda

  19. dan lagi..dan lagi..ane bisa tercengang dgn mluncurnya produk2 baru dan keren, kapan bisa minang. sungguh orang2 yg beruntung bisa beli cc 250 atau lebih. #Bersyukurlah jika itu anda.
    hanya org2 Merugi yg mendebatkan kelebihan kekurangan suatu produk.

  20. Kalau di jalan raya faktor nekad terkadang lebih berpengaruh diluar top HP…
    Betul om… Ane naek 250 cc kalah sama beat/mio, nyelip2nya gila…. Pada ga takut mati, prinsipnya klo nyalip ya lawan arah harus ngalah/ngerem/minggir..

  21. Wah… ambil warna apa om? Di tunggu artikel + video pendeknya, sama kalo udah ganti kenalpot tolong di jejerin sama R25 ya om,merdu mana,hehe..
    Saya pernah iseng2 ngobrol sama temen (kpala mekanik AHASS sini), nanya kpn di display? ,Kata dia “seh suwi”

  22. secara desain ane malah lebih suka gsx250 yg sering dibully itu hahaha. menurut ane designwise terkesan matang terlihat dari garisnya yg flowing. Tapi secara spec & fitur jelas si cbr 250 ini menang mutlak. Ninja ada ditengah antara sporty & kalem. R25 aura mogenya kurang karena cenderung terlalu ramping. Yah begitulah masalah salero minang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s