YROI Goes to KM 0: Catatan Hari Pertama (Jakarta-Jambi)

Bro Murray via Telegram melaporkan catatan perjalanan hari pertama rombongan YROI ke KM 0 Sabang.

Agak nekad rute hari pertama ini: Jakarta-Jambi. Rute yang umumnya di pecah menjadi dua hari (Jakarta-Palembang dan Palembang-Jambi) diselesaikan secara marathon. Eidiannn.

Memang saat saya 2014 gass explore Sumatra saya juga melihat rute Pakembang-Jambi ini agak nanggung, hanya setengah hari. Tapi saya pakai aja utk istirahat.

Berikur catatannya, tanpa saya edit.

==========================+=

 

” Long Trip Day # 1 #”
Perjalanan yg di lepas oleh Pak Abidin selaku GM Aftersales dan Motorsport Yamaha di Patung Panahan Senayan – Jakarta pada 1 April 2016 jam 22.00 wib.

pelepasan

Foto: Wardhani – YROI Jakarta

lepas

Foto: Wardhani – YROI Jakarta

 

Perjalanan menuju ke Serang – Banten guna menjemput team ke 2 yg terdiri dr 10 riders dan tiba jam 24.00 wib dg diiringi guyuran hujan.
Total sebanyak 20 riders 2 safety car mulai menjejakkan kakinya dipelabuhan Merak dan kemudian mendarat di Bakauheni – Lampung pada 05.50 wib tgl 2 April 2016.


Setelah mengisi bbm di Bakauheni, team langsung gas pol menuju Bandar Jaya sebagai check point pertama guna beristirahat dan tiba dsana jam 08.20 wib.


Selesai sarapan, jam 10.15 team melanjutkan perjalanan dan langsung gas pol. Hingga Komeling Ilir dan memutuskan untuk beristirahat pada jam 16.30 wib.
Saat beristirahat team baru menyadari bahwasanya 5 riders yg terpisah tertinggal jauh di belakang dan mengalami kendala pecah velg belakang saat melintasi daerah Mesuji – Lampung. Tetapi kondisi ini dapat segera langsung teratasi oleh team Safely Car dr Yamaha DDS Tangerang yg secara cekatan mengganti velg belakang bro Aryos.

Team kemudian melanjutkan perjalanan pada jam 19.30 dengan tujuan Jambi dan sempat singgah sebentar untuk bersilaturahmi dg rekan-rekan YROI Palembang Chapter di jalur lintas Timur Palembang – Jambi.
Perjalanan berjalan lancar tanpa ada hambatan berarti. Kecepatan dan kekompakan team saat riding terjaga ritmenya. RC yg dikomandoi langsung oleh sang Ketua Umum YROI bro Murray, akhirnya terpaksa harus berhenti ketika memasuki area hutan 15 km menjelang Sungai Lilin – Jambi dikarenakan velg motor depan dan belakang bro Murray menghantam lubang dg kecepatan motor yg cukup tinggi. Lubang dalam tak terhindarkan akibat riding dalam kondisi gelap.
Alhamdulillah respon rider baik hingga dapat menepikan motornya dg selamat, saat itu waktu menunjukkan sekitar pukul 22.00 wib.

Team mencoba berkoordinasi dg chapter terdekat YROI Jambi Chapter, namun ternyata jaraknya masih 120km dr lokasi kejadian.

Hingga pada akhirnya team memutuskan untuk menunggu tools yg berada di Safety Car ke 2 dmana saat itu posisinya baru keluar kota Palembang.

Sekitar jam 02.30 pada 3 April 2016 team Safety Car tiba dan langsung menangani penggantian velg yg pecah. Ternyata kondisi pecah velg juga dialami oleh rider yang menunggang Kawasaki Vulcan. Kebutuhan untuk lekas tiba di lokasi sementara kondisi jalan raya yang gelap pekat membuat antisipasi menghadapi lubang di jalan menjadi sangat terbatas.

Penanganan yang cepat dan sigap oleh kang Abdul Aziz dr team mekanik DDS Tangerang memungkinkan motor dapat langsung dipergunakan kembali untuk melanjutkan perjalanan menuju Jambi.


Karena kondisi fisik sebagian rekan-rekan yang mulai drop, kami putuskan untuk mengurangi ritme perjalanan. Setelah menempuh perjalanan sekitar 55 km, kami berjumpa dg YROI Jambi Chapter yg memang sdh stand by sejak sore hari berikut Safety Car YROI Jambi Chapter.

Akhirnya tepat pukul 05.30 team merapat di Kota Jambi dan langsung menuju Hotel Surya untuk beristirahat.

 

Foto: dokumentasi tim YROI KM 0

———

Busengggg totalnya lebih dr 30 jam on the road itu.

Oke kita doakan semoga perjalanan berjalan lancar. Dan semoga catatan perjalanan ini bermanfaat sbg referensi utk teman2 pembaca.

Iklan

23 thoughts on “YROI Goes to KM 0: Catatan Hari Pertama (Jakarta-Jambi)

  1. Jalur Sumut yampe Aceh istimewa om,.. khususnya yg masuk provinsi Aceh lebar dan mulus2,, karena dulu banyak di bangun oleh NGO luar, masuk di sabang view cantik naek bukit bawahnya pantai,, syukur2 klo bisa nyoba jalur barat Banda Aceh-Calang-Aceh Barat. pinggir pantai jalurnya,, asoyy,

  2. Perjalanannya lewat lintas timur itu. Note for jalur lintas barat, agak jauh karena rutenya agak memutar ke arah selatan dari lampung utara menyusuri kaki perbukitan&hutan, sekitar beberapa ratus km, terakhir lewat dgn mobil sekitar th. 2015 awal, terdapat jalur full tanah liat lumpur beberapa KM di pinggir pantai setelah Liwa arah mau ke Bengkulu.

  3. Hati2 jgn terbawa nafsu apalagi ada fikiran mau cepat2 sampe mendingan di buang fikiran bgtu pengalaman pribadi mudik ke tasikmalaya kemarin tgl 2 start dr jkt jam 2 pagi sampe tkp jam 9 pagi istirahat 2 jam di tasikmalaya kemudian strart balik ke jakarja lg dgn harapan biar cepet sampe gaspol lah..hujan dr tasik sampe purwakarta di daerah gunung hejo di tikungan akhirnya juntai dan ban depam pun sobek kena pembatas jalan, si bebep msh di rawat di beres yamaha karna segitiga komstir dan tabung shock depan bengkok, baru dh menyesal hehe…terimakasih buat aa purwakarta yg make mio sama vixion udah mau nolongin saya ga sempat kenalan hanya berterimakash doang kmarin semoga kalian sehat selalu. Thx brader

  4. Wah, sangat sigap ya timnya. Do’akan kami ya Om Leo, agar XOI (Xabre Owner Indonesia) juga punya nama besar di Indonesia. Kalo bisa sih di buat postingan gitu, karna klub kami baru terbentuk πŸ˜€

  5. masih heran dengan yang namanya touring, kenapa musti ngebut.. seakan akan cuma sekedar ajang kebut kebutan yg dikawal.. enakan nyantai menikmati perjalanan, kalo cape ya istirahat..

  6. buset dah , banyak banget yang velg nya pecah..

    kurang tekanan angin kah ?
    speed yang nggilani sewaktu menghajar lobang ?
    atau ada hal-hal lain ?

    jadi ngeri ane kalau touring tiba2 velg pecah

    btw , keep safety riding..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s