Mengenakan Camera Action (Go Pro dll) di Helm = Akan Ditilang !

AH YANG BENER AJA OM !? 

Iya bener.

Di Australia pastinya. Kalau di Indonesia ini mungkin bisa jadi prospek baru nih hehehe

Saat itu hari pertama saya riding dan sedang terkesima memperhatikan jajaran helmet di Canberra Motorcycle Centre, ketika John seorang staffnya yang tingginya hampir 2 meter dan botak mengajak ngobrol ttg helm yang saya cari.

Sembari ngobrol dia memperhatikan sekilas helm yang saya bawa yang melekat kamera Gopro di sisi kanan.

“I’m just telling you mate, you may get pulled over here (ditilang maksudnya) for attaching camera on your helmet”

“Really?”

“yup, there have been some protest but the police keep stopping bikers for that”

Waduhhh… kacau iki..

IMG_0072

Saya hanya mantuk-mantuk sambil melepas Go Pro dari helm. Padahal selama pakai ini di Canberra sudah ada dua orang biker yang kagum dan tanya-tanya lho gimana cara pasangnya di helm.

Karena penasaran saat di rumah saya langsung ngecheck aturan hukumnya dong.

https://law.resource.org/pub/au/ibr/au.as.1698.1988.pdf

Dan ternyata memang ada klausula yang selama ini dijadikan dasar hukum oleh Polisi:

4.3.2 Rigid projections on external surface.

Only rigid projections necessary for the retention system and the attachment of eye protection, communication and ventilation systems, and life support equipment, shall be permitted, and such projection shall have a height of not more than 5 mm.

Intinya kita tidak boleh menempelkan benda rigid apapun yang besarnya melebih setengah centimeter di permukaan helm. Meskipun hanya ditempel. Kalau melubangi atau merubah integritas struktur helm memang pasti akan ditilang.

Saya search lebih jauh contoh kasus tilang dan perdebatannya di media.

Beberapa orang ditilang antara 300-400 dollar untuk pelanggaran ini dan meskipun pasal yang digunakan debatable polisi tetap menggunakan diskresinya untuk menilang.

SAM_0950-225x300

Infringement Notice alias surat tilang

Mas setuju dengan aturan ini?

Piye ya, sebenarnya ya rada menghambat, apalagi saya ini sering menggunakan gopro di helm. Tapi kalau dipikir-pikir, masuk akal juga larangan ini.

Sekarang bayangkan saja saat kita kecelakaan dan kepala akan mengalami impact dengan trotoar atau jalan raya. Bentuk helm yang dirancang membundar sudah didesain agar sudut benturan kecil (sehinggga impact permukaan berkurang). Nah keberadaan kamera Go Pro dengan segala perkakasnya tentu akan membuat sudut benturan menjadi besar dan bisa membuat helm terpuntir pada saat kontak dengan benda keras.

Ini membuat safety risk jadi besar memang….

Antisipasinya terpaksa saya membeli chest harness utk memindahkan kamera GoPro dari helm ke dada depan.

Bagaimana menurut bro kalau penggunaan kamera action di helm juga dilarang di Indonesia?

1614506_720587654704539_6288486511834497749_o (1)

bye bye camera on helmet…

Iklan

64 thoughts on “Mengenakan Camera Action (Go Pro dll) di Helm = Akan Ditilang !

  1. Setuju om, soalnya emang sy sependapat bahwa action cam yang menempel di helm bisa menyebebkan bahaya lebih saat terjatuh dan helm menghantam permukaan, lebih baik taruh action cam di motor saja, lebih aman IMHO 😀

  2. alasannya masuk akal sih.. aku kalo pake action cam juga masangnya nggak di helm.. lebih prefer ke slempangan tas walau kadang kurang stabil.. mau beli chest belt jauh sellernya.. 🙄

  3. nah itu diaaa om,kepikiran dari dulu sebenernya…pernah liat yg pake gopro di helm bagian dagu,kl nyusruk bisa-bisa lehernya tuh kena.

  4. nah itu diaaa om,kepikiran dari dulu sebenernya…pernah liat yg pake gopro di helm bagian dagu,kl nyusruk bisa-bisa bikin ancur cangkang helm trz lehernya kena..kl nggk malah serpihan gopro nya.

  5. Australia….
    Pernah aku ngerjain project Chevron Gorgon…
    Gara2 ga boleh merusak terumbu karang, jetty(untuk kapal tangker berlabuh) jadinya di bikin 6kilo meter menjorong ke tengah laut…

    Supernya lagi itu project di sebuah pulau yang di lindungi.
    Setiap orang masuk ke pulau itu bawa 1 hewan(kutu) ga akan dapat izin kerja.

    Super hebatnya lagi. Itu project gedhenya 10x BP tangguh yang di irian jaya. Perlu di ketahui saat BP tangguh berjalan di butuhkan hampir 5rb man power untuk construction.
    Project gorgon itu di batasi hanya 300orang…

    Gile aturannya KAKU banget

  6. pake chin mount aja om 😆

    pake chest mount rada gimana gitu viewnya. speedometer bingits. view sekitar jalan dan pemandangannya gak asik 😦

    • Chin mount sama aja ga boleh bro. Kalau motor streetfighter masih lumayan krn posisi duduk agak tegak. Tapi kalau pake sport emang jadinya ga keliatan.

    • pake chin mount kan biar gak keliatan secara frontal om,, cuman kalo di aussie kayaknya ketat ya dan dendannya bener-bener bikin jera.

      atau pake mounting dibahu om biar rada tinggi viewnya. gopro kan ada tuh yg dibahu kali aja viewnya jadi lebih baik 🙂

  7. Disini masih aman wong gak begitu paham gunanya kamera, kecuali kalau lagi proses damai direkam nah tuh baru jadi masalah…..gak perlu ada UU LL langsung marah dulu….

  8. saya termasuk yang biasa nempel gopro di bagian dagu helm, karena view-nya yang mendekati posisi mata. pas maen ke timur, tiap nyebrang di pelabuhan pasti ditanya sama polisinya “itu apaan mas nempel di helm?” :))

  9. Dendanya ama yg pake spion, ga pake/ga nyala lampu sign belok, lampu rem ga nyala gede an mana oom? Sy sll berpendapat seharusnya tdk memakai helm adalah pelanggaran yg lbh kecil n didenda lbh kecil drpd hal2 tsb diatas krn kl helm yg rugi diri kita sendiri sedangkan lainnya merugikan org2 lain. Btw di Aussie motor siang hari apa jg wajib nyalakan lampu? Ini jg paling aneh,konyol menurutku disaat semua sadar,menghimbau hemat energy ehh ini malah buang2 energy dgn sia sia… Itu pendapat sy, yg bs aja salah..makasih….

  10. bisa belajar dari kecelakaan yg menimpa michael Schumacher, yang jatuh waktu maen ski, katanya kepalanya kbentur gara2 go pro, fungsi helmnya jdi ga optimal cmiiw

  11. itu aturannya baru apa gimana om? liat sepuh motovlogger youtube disana aman aja kayaknya kayak si ridingwithtom, ariderslife atau adjriannickelodeon mereka pake chin mount, klo si adjriannickelodeon pake yang disamping .. kalo dilarang gak bisa nontonin mereka lagi dong, seru2 video mereka:(

  12. dipindahin ke dada malah lebih bahaya lagi mas..nambah nambahin material yg bisa contact n neken bagian tubuh klo crash, mending bikin dudukan n simpan di motor 🙂

  13. Bro Leo, saya mau tanya agak menyimpang dari topik nih. Akhir-akhir ini media berita disini sedang gencar memberitakan tentang akan dieksekusi matinya 2 napi narkoba asal Australia. Dan diberita juga jejaring sosial beredar kabar akan aksi boikot bali. Sebenernya bagaimana sih kondisi disana sendiri, tentunya masyarakat sana dalam merespon kasus ini dan orang Indonesia yang tinggal disana? Apakah terjadi ancaman juga terhadap orang Indonesia disana?

  14. Ping balik: Modifikasi Helm Couple Seperti ini unik Bro n Sis….Tapi Lebih Baik Jangan ditiru… | Jalan Berkarisma

  15. Ping balik: Memakai Action Cam Di Helm , Ditilang ? Ini Solusinya - RAYZSPEED.COM

  16. dari sudut safety saya setuju.
    klo diterapkan di Indonesia, tambah sangat menguntungkan para oknum, selain kegiatan haram mereka gak akan lagi ada yg mengekspos secara live, tapi bisa nambah ladang baru dan ujungnya pemasukan tambahan.. hehe.. lha wong lampu motor sport nyala sebelah aja konon katanya ada yg ditilang kok..

  17. Weleeh..
    Aku yo arep pingin jadi Motovlog Jr. Piye?? Wkwkwk
    Kalo larangan di australia sudah di berlakukan..
    Tapi ada bener ny juga sih.. wkwkwk..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s