Road Test KTM RC250: Not Most Powerful But Best Handling 250cc

KTM RC250. Dalam kondisi standard mungkin bukan the most powerful, tapi jelas the best handling di kelas 250cc mass production yang ada di pasaran saat ini.

Saya berkesempatan akhir bulan April lalu merasakan seharian RC250 milik bro Benny ASR. Sebagai mantan rider KTM RC8, tentu saya punya rasa ingin tahu yang besar. Apa sih interpretasi KTM atas sport di kelas 250cc?

Β 

APPEARANCE/PENAMPILAN

 

Untuk penampilan dan desain, tidak bisa dibantah, KTM signature banget. Orange, tajam, sporty. Sangat menyala di tengah keramaian. Bahkan bila dijejerkan sesama sport 250cc pun, motor kelahiran Eropa ini terlihat berbeda.

IMG_7822

 

Perhatikan paduan desain tanki dan seat yang halus menyatu. Seat utk rider dan pillion (boncenger) didesain menyatu seakan-akan mirip seat cowl. Smart. Rangka tubular terekspos memperlihatkan kesan kokoh dan garang.

IMG_7839

Baluran orange pada rangka dan velg, yang kemudian banyak diikuti pabrikan lain pada motor sportnya, membuat spirit racing sangat terasa.

 

Saya harus beri skor 8 disini.

 

FINISHING/MATERIAL QUALITY

 

Sebagai motor CBU, RC250 membawa kualitas tinggi khas KTM kelas-kelas di atasnya. Bobot mesin dan chassis sangat ringan karena dibangun dari kualitas parts spec racing. Di atas rata-rata 250cc.

Cukup anda raba fairing, tanki dan seat yang sangat halus finishingnya.

 

IMG_7789IMG_7800IMG_7794IMG_7835IMG_7808IMG_7815IMG_7836

Skor 8.5 disini

 

HANDLING dan ERGONOMI

 

Ciri khas KTM kelas sport adalah ramping. Filosofi kelas off-roadnya dibawa ke kelas sport. Itu sebabnya juga KTM is always 1 cylinder less hehehe. Yang main di kelas 600cc ke atas minimal 2 silinder, KTM cukup 1. Yg lain di superbike 1000cc dengan 4 silinder, KTM santai dengan 2 silinder.

Keuntungannya adalah KTM menjadi ramping dan mudah dikendalikan. Bobot ringan, lebar body sempit. Saat anda duduk diatas RC250, kalau sebelumnya main dikelas 150-200cc, anda akan merasa nyaman dan lebih PD.

Persoalannya adalah, sebagai ras Eropa, KTM RC250 merupakan motor sport 250cc dengan seat height tertinggi di kelasnya. Tidak setinggi sport 600cc, tapi jelas lebih tinggi dari R25 dan Ninja 250.

Reach/jangkauan pada handlebar juga lebih jauh ke depan. Ini menyebabkan ergonomic RC250 juga lebih racy dibandingkan 250cc twin silinder lain. Bagaimana dengan Ninja RR Mono mas? Berbeda sedikit namun lebih menunduk dan sporty.

Manuver menggunakan RC250 terasa lebih presisi dibandingkan 250cc lain. Tidak terasa mengayun ataupun dive berlebihan saat braking atau cornering. Seringan RR Mono. Dan saya kira wajar mengingat spec suspensi WP superior pada kelasnya. Energi guncangan dari permukaan jalan bisa diserap dan dilepas dengan baik oleh suspensi upside down WP.Teman-teman harus merasakan sendiri cornering dengan RC250 untuk merasakan yang saya maksud.

IMG_7829

Handling yang tajam ini membuat kita menjadi lebih PD untuk mengeluarkan potensi tenaga dari RC250.

 

Skor: 8.5

 

TENAGA

Khas 250 cc single silinder. Torsi lebih besar dan padat dibandingkan saudara twin cylindernya. Bakalan jadi raja jalanan dalam kota untuk track pendek-menengah. Tentu saja, sebagai motor 1 silinder, bro dan sis perlu lebih awal pindah gigi disini, karena puncak torsi pada RPM lebih rendah dibandingkan dua silinder.

Memacu RC250 menuju kecepatan 120an km/jam lebih mudah dan cepat. Namun setelah itu grafik cenderung melandai. β€œcepat habis diatasnya”.

GOPR1114

Saya menduga keras faktor knalpot standard yang Euro-3 betul-betul menurunkan potensi tenaga yang dimiliki oleh RC250. Bagi yang terbiasa dengan karakter tenaga 2 silinder mungkin akan sedikit kecewa karena menunggu di rentang RPM atas.

 

Skor: 7.75

 

 

KESIMPULAN

 

KTM RC250, sebagai motor 1 silinder mungkin bukan the most powerful 250cc bike. Tapi bisa saya katakan dari pengalaman, the best handling 250cc mass production yang ada di market saat ini. Best handling adalah hasil dari chassis dan engine yang ringan, suspensi dan braking yang superior dan ergonomic yang sporty.

Sebagian orang bilang lebih mudah meningkatkan tenaga daripada memperbaiki handling. Karena parameter yang harus dirubah pada tenaga lebih fleksibel dibandingkan handling. Usulan pertama saya adalah dengan mengganti knalpot aftermarket yang lebih free-flow.

Dengan harga 48 juta, menurut saya KTM RC250 menjadi one of the most attractive, sexiest 250cc bike in the market. Layak beli.

Buat yang sudah biasa dengan karakter tenaga 250cc 2 silinder yang meledak di atas, RC250 ini mungkin kurang pas kalau anda berharap sensasi yang sama.

 

Thanks to bro Benny ASR utk RC250nya. Tambah banyak rezeki bro!

IMG_7784

Iklan

60 thoughts on “Road Test KTM RC250: Not Most Powerful But Best Handling 250cc

  1. Kayaknya emg performanya ketahan Dr knalpot dan atau spek yg berbeda dibanding versi luar.. Rc390 nya bikin terkejut.. Krn tyata kurang sesuai dengan angka 390 itu.. Saat itu ya.. Mungkin juga udah fatigue akibat udah di abuse banyak org Saat di revpro dulu

  2. Memang mantep sebenernya single silinder,palagi KTM sudah punya nama Di kancah racing, banyak yg bisa dieksploitasi di single silinder. Ngga kaya raja motor yg ngga pede sama single cylinder nya
    Bakal jadi hot item Kalo ngga spec down

  3. Aku cuman membayangkan perasaan pembeli awal ktm ini dgn harga normal. Skrg turun drastis. Harga seken pasti turun habis. Ya beginilah kerasnya persaingan bisnis motor di Indonesia.

  4. 48 jt cesss ademmmmm….. G kawatir kena kartel…. πŸ˜‡

    Tambah kalimat terakhir “Tambah banyak rezeki bro!” makin ademmmmm.. πŸ˜‡

  5. Saya baru pernah coba yang rc390. Bisa dibilang ni motor kurang ajar, ga mau diajak pelan. Kalo dibawa pelan mesin ngebrebet + susah belok. Tapi pas gas main di Rpm tengah, sadis bener tarikannya. Handling pas jalan juga enak banget, counter steering dikit langsung nurut. Kekurangan paling dari panel instrument cluster yang bikin cepet bosen liatnya.

  6. kl mau laku hrs buka dealer min bengkel di kota besar luar jawa
    harus cpt jgn tunggu lama nanti hilang momentum nya apalagi kl r25, ninja sdh upgrade

  7. getaran nya kencengan mana om leo di bandingkan dgn ninja mono atau mtr 2 silinder yg lain?
    soalnya pas baca review ninja mono kmrn lengkap bgt informasi nya kl yg ini ada yg sedikit kurang, tp ttp review om leo bikin horny

  8. Tinggal strategi KTM Indonesia bagaimana nih? Mungkin soal part harga terjangkau dan mudah tidak untuk mendapatkan. Indonesia ini sepertinya sudah dipegang sama HONDA dan YAMAHA. KTM bisa masuk didalamnya engga. Kalau harganya mah, ini bikin kojel-kojel pabrikan Jepang.

  9. Om leo.. mau nanya ni. Rc250 dan rc200 nantinya yg dipasarkan oleh KTM indonesia apakah tetep dgn vin austria atau ganti india? Apakah om leo punya clue tentang hal ini? Thank you..

  10. lagi bulan madu sama si black predator …….next time kalau ada jodo sama rizqi nya pasti di mahar sekalian naik kelas hahahahahah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s