Yamaha MT-09 Laku 41 Unit Dalam 11 Bulan. Gagal Total di Pasaran?

 

Sebagai mantan pemilik MT-09 Owners, dan masih sebagai admin Grup MT-09 Owners Indonesia, saya mengikuti terus perkembangan  MT-09 dan para ridernya di Indonesia. Komunitas ini membesar dan semakin aktif.

Sampai tanpa disadari ternyata jumlah para Niners (istilah para ridernya kalau di luar negeri) atau Master (istilahnya mas Kevin Yamaha) sudah mencapai lebih dari 35 orang di grup. Saya lakukan pengecekan ke mas Kevin dan ternyata memang sudah tercatat 41 MT-09 yang laku terjual dalam waktu 11 bulan semenjak saat launching Juni 2015 lalu.

cropped-img_0583.jpg

Motor berbanderol seperempat miliar rupiah ini ternyata diminati di pasaran. Memiliki genre motard, dengan mesin baru 3 silinder dan chassis ringan, MT-09 memang cocok sekali di medan jalanan Indonesia.

Dari 44 unit yang dihadirkan di Indonesia sebagai batch pertama, hanya tersisa 2 unit berwarna Matte Grey, persis seperti Athena.

Ingat hanya di batch pertama ini harga MT-09 dibanderol 250 juta rupiah plus knalpot Akrapovich (seharga 15 juta rupiah). Begitu batch ini habis, bonus Akra akan hilang dan harga akan disesuaikan dengan beban pajak yang baru.

Jangan kaget kalau naik ke 275 juta. Jadi kalau ingin punya MT-09 seperti yang ada sekarang anda harus merogoh kocek sekitar 40 juta rupiah lebih mahal.

Buruann.. tinggal 2 unit.

Yamaha MT-09 produk gagal total di pasaran? hehehe… sepertinya analisa begini perlu direvisi nih πŸ˜€

 

 

 

 

Iklan

45 thoughts on “Yamaha MT-09 Laku 41 Unit Dalam 11 Bulan. Gagal Total di Pasaran?

  1. Nanya om Leo:

    1. Kenapa tombol klaksonnya jauh dari jempol?

    2. Kenapa ada indikator temperatur di speedo? Apakah klop dengan karakter inline three yang silinder tengahnya gampang panas?

    3. Dipakai sehari-hari berasa pegal gak? Kemarin sempat coba sekitar 2 jam, pergelangan tangan agak pegal

  2. Nanya om Leo:

    1. Kenapa tombol klaksonnya jauh dari jempol?

    2. Kenapa ada indikator temperatur di speedo? Apakah klop dengan karakter inline three yang silinder tengahnya gampang panas?

    3. Dipakai sehari-hari berasa pegal gak? Kemarin sempat coba sekitar 2 jam, pergelangan tangan agak pegal

    Suwun

    • 1. Ehh ada klaksonnya ya?
      2. Belakangan hampir semua motor dilengkapi indikator temperatur. Perlu juga utk antisipasi. Mesinnya mnrt gw ya cenderung lebih adem ketimbang 3 silinder lain seperti MV atau Triumph.
      3. Pegal tangan lebih krn pergelangan harus bekerja lebih keras menjaga throttle yg super sensitif.
      Sami2

  3. Mungkin parameter laku atau tidaknya suatu moge dilihat dari sering / tidaknya parkir di lobi senayan city om.
    Disana sering banget mv agusta parkir berarti = laris.
    Sedangkan mt 09 jarang keliatan parkir disana berarti = gagal total hehehe…
    #eh

  4. Ini motor impian sejak om Leo review, sayang sampai sekarang masih tetep jadi impian… sambil mendesah desah basah krn belum kesampaian. Lagi sibuk urusi gubuk buat keluarga.

  5. MT-09 tdk diragukan ada kelebihan dikelas nya, ringan dan torquey. Lumayan beda banyak dibanding Kawasaki Z800 yg ada keterbatasan pd faktor berat. Pengaruhi manuver saat kena traffic dan jalan pelan. Crankshaft crossplane MT-09 yg gak konvensional, keuntungan pada penyaluran torsi saat akselerasi keluar tikungan.

    Z800 gak ada electronic aids, kalau agak kuat buka gaz dan masuk powerbandnya di tikungan dg gir 2….ban belakang spin

  6. Efek memberi nafkah diri dg mengolah opini yg sesat itu om.. smoga yg ngomong gitu lekas sembuh n dilapangkan jalannya (kalo jalan lapang kan biasa buat ngetrack lg 😁😁😁)

  7. nah sekarang mau bahas artikel mbah dukun vs om Leo:

    1. mbah dukun mempermasalahkan metode survey moge yang tidak tepat sasaran
    2. mbah dukun memberikan cap motor tidak laku kepada MT-09

    nah om Leo lantas memberikan argumen bahwa MT-09 laku 40-an unit sejak Juni 2015. dengan data kuantitas ini apakah bisa dibilang bahwa MT-09 laku? bukankah bisa saja ada argumen bahwa jumlah 41 unit itu relatif sedikit untuk disebut “laku”?

    kemudian untuk metode survey kelas moge, yang tepat gimana om ?

    *saya bukan orang marketing* :mrgreen:

  8. Wah, menarik ini om Leo… mungkin klo ada data pembanding moge lain dri yg paling laku sampai yg paling zonk penjualannya bakal lebih gamblang

  9. Kalau hitung2an secara kuantitas, dari 44 terjual 41 masa dibilang nggak laku? Tentunya beda seandainya masukin 1000 unit dan hanya laku 41, ini baru bisa dibilang gagal! Anak SD aja tau matematika sederhana seperti ini

  10. Ijin komentar ya om Leo,

    Kebetulan sy pengguna mt09. Sejauh ini motor nya pas dengan karakter dan kebutuhan saya. Ringan, gampang melesat ditengah kota, diajak sopan hayu, diajak beringas juga ngga nolak…dibawa turing bali dieng yogya juga asik. Puncak pp juga oke. Power Wheelie nya nagih…suara 3 silinder akra nya juga unik banget, apalagi kl udah buka gass….posisi riding nyaman banget, cuma tangan hrs nggenggam stang kuat kuat krn ban depan sering ngangkat, hrs dijejekin balik ke aspal….hehehe….Mengenai klakson, solusi tinggal ganti pakai punya vixion,atau kl ga mau diganti ya monggo. Sy sih ganti so far oke aja, ga sampe 50 ribu :).

    Mengenai “laku ngga laku” itu kan perspektif orang per orang, ya boleh boleh aja si anu bilang a lainnya bilang b. Tinggal lihat statistik aja, numbers don’t lie…Buat saya pribadi, laku itu kalau sudah kita beli trus dipake rutin. Kalau dibeli tapi ngga dipake, namanya “ngga laku”, wong yg beli aja ngga pernah pake…kecuali koleksi lho, or motornya udah buanyakk banget πŸ™‚

  11. Di sono klakson dianggap ga sopan, untuk beritahu pengemudi lain cukup dengan suara engine sudah memadai ( mungkin berikut pake knalpot aftermarket ). Dimari motor 250 ke atas, power gede suara klakson kaya mocil, buat ngasih isyarat pengguna jalan apa cukup ? Ganti knalpot aftermarket, di tilang gara 2x ga pake knalpot pabrikan yang suaranya juga kaya knalpot mocil. Ngenes deh yang bikin aturan !!!

  12. baca komen2 suhu diatas , ada benernya juga bahwa mbah dukun bilang MT-09 kurang laku…

    mungkin yang beli MT-09 Moge-nya udah pada bejibun , jadi MT-09 nya jarang dibawa keluar alias cuma jadi pajangan πŸ˜€

    atau untuk ukuran ‘Moge laku’ , jumlah tsb belom memenuhi syarat (berkaca pada kasus R1M/R1 , motor belom launching namun udah laku dluan :mrgreen: )

    tapi kalau menurut ane , jumlah segitu udah gede untuk ukuran moge harga 1/4-eM dalam waktu 11 bulan….

  13. Om, kenal Pak Herwin Radji dari Malang gak?
    beliau ridernya MT09, kali aja kenal
    kalo gak salah sekarang beliau lagi di Banten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s