Iklan Yang Merusak (jiwa) Product – Kawasaki Z800 case

Video

Meskipun dengar-dengar ada persoalan dengan Uji Tipe Kawasaki Z800, namun demam Z800 terlanjur sudah menyebar di bbrp komunitas kawasaki rider.

Dilepas direntang harga 110-130 juta rupiah di luar negeri.

Dilepas direntang harga 110-130 juta rupiah di luar negeri.

Membuat demam karena Z800 berpotensi menjadi motor inline 4 (4 silinder segaris) paling terjangkau di Indonesia. Saat ini motor inline-4 lengkap dg surat dan dukungan ATPM adalah Kawasaki ZX-6R. Yang dilepas di banderol Rp 212.5 juta.

2013-Kawasaki-Ninja-ZX6R-636-002

Harga motor streetfighter atau naked biasanya diposisikan lebih rendah dari versi sportnya. Misalnya Yamaha YZF-R1 dijual lebih mahal USD 2,000 dibandingkan varian nakednya  dengan mesin yang sama dengan FZ-1.

Namun saat melihat official commercialnya Z800 sungguh mengecewakan.

Menurut saya iklan ini dibuat oleh orang yang tidak memahami dan menghidupi jiwa biker. It is just a advertisement job advertising a lifestyle.

Iklan ini dimulai dgn shots seseorang yang sedang berlatih lari dan boxing di tepi pantai.

Sementara itu di rumah pantainya yang mewah, seorang wanita cantik muda dengan baju tidur yang sangat tipis bangun dan kemudian mandi di shower room. Pria tersebut pulang ke rumah. Footage loncat ke mereka sarapan. Loncat lagi saat sang perempuan pergi atau pulang ke rumahnya dan si pria mengendarai Z800 melewati jalanan sepanjang pantai hingga memasuki kota dan stadium tinju untuk mengikuti pertandingan. Disana dia sudah disambut oleh penonton dan para wanita cantik.

Menurut saya dan bbrp pengunjung iklan tersebut, iklan ini lebih sibuk mempromosikan lifestyle ketimbang bike dan riding experience. Anda bisa ganti motor disitu dengan produk mewah apa saja. Parfum mahal, Kulkas 4 pintu, Pesawat jet dll.

Masalah?

Buat mereka yang melihat motor sebagai aksesoris gaya hidup tentu bukan masalah. Mereka yang membeli motor lebih sebagai fashion utk dipamerkan.

Tapi mungkin jadi masalah bagi mereka yang menikmati berada di atas motor karena kebebasan dan tantangan dunia terbuka. Bagi mereka2 ini, iklan di atas merepresentasikan semangat yang berbeda dr Z800 yang semestinya.

Atau mungkin bagi Kawasaki pasar terbesar Z800 bukanlah mereka biker, tapi mereka poser.