Bapack dan Anack Jajal Fitur Canggih NMax Connected

Angkatan saya ini dibesarkan dengan motor, sampai mendarah daging, barulah kemudian hadir teknologi dan information system. Ya motor dan IT saya liat sebagai hal yang terpisah aja.

Tapi sepertinya interconnectivity antara kendaraan dan perangkat komunikasi memang jadi standard baru. Menguat dii kendaraan roda 4, akhirnya merambah ke sepeda motor dong. Dan itu dimulai dari motor injeksi pertama saya Vixion yang servicenya sdh menggunakan diagnostic elektronik.

Lalu Yamaha lanjut bikin gebrakan dengan membuat line-up NMax nya, Matiic enak, tambah enak dengan dibenamkan feature interconnectivity.

Penasaran dong, Bapack dan Anack pun penasaran dan jajal fitur2nya.

Apa aja? Sekelebat ini informasi yang dimunculkan dari interconnectivity itu:

  • Kondisi Aki, Kondisi Oli: Buat yang lupaan service ini mungkin penting. Saya sih biasanya tiap 2-3rb km service, biarpun hanya dg oli genuine.
  • Revs dashboard: rpm mesin, temparatur intake udara, temperatur air radiator, besar bukaan throttle
  • Parking location: di era motor mirip ketumpuk parkir kayak sarden, dan lokasi parkir yang luas, ini guna banget.
  • App rank: siap yang ridingnya paling eco friendly, irit dan yang kilometernya paling tinggi
  • Fuel consumption tracker: periodically average fuel report
  • Malfunction notification: ngasih tau jika ada kerusakan listrik. Error log di record jadi bisa ditunujuikn ke mekanik.
  • Notifikasi di dasboard: notifikasi telpon, sms.

Gimana cara pakainya om?

Nahhhhhhh yang ini saya serahin ke bro Regis yaaa yang lebih gape ngejelasin teknologi ahahhahahahah

[Regis] Pertama2 bro dan sis download app Y-connect di app store atau google play store.

Nanti bro dan sis akan diminta untuk membuat akun untuk memakai y connect,

Setelah itu ada 3 cara mengkoneksi hp ke motor. yang pertama dengan stiker vin, kedua scan barcode di kompartmen aki, dan yang ketiga memasukan kode vin yang kalau ga di stnk di bawah jok belakang.

nyalakan motor lalu nanti hp dan motor akan terkoneksi. di beranda app, kita bisa liat Kondisi Aki, dan Kondisi Oli. Yang tentu membantu jika kita tidak terlalu mengerti mesin motor dan ingin tau kapan akan butuh ganti oli atau aki.

Disini juga ada Revs dashboard, dimana kita bisa mendapat informasi2 yang tidak bisa dilihat di motor. Contohnya seperti informasi rpm mesin, temparatur intake udara, temperatur air radiator, besar bukaan throttle.

Nah fitur Parking location, fitur ini bagus untuk mereka yang kesulitan mengingat parkir terakhir dimana atau juga bisa untuk alasan keamanan. App Y-connect akan mencatat dimana lokasi terakhir hp bro dan sis terkoneksi. Jadi dimana hp dan sepeda motor terdiskonek maka di lokasi itu juga yang akan muncul di hape. Tetapi perlu diingat juga jika motor dipindah setelah mesin mati, maka tidak dapat dilacak oleh Y connect ini. Jadi semoga ga ada yang nyuri sepeda bro sis ya hehehe.

lalu ada App rank, dimana bukan siapa yang paling kenceng, rank ini justru merecord siap yang ridingnya paling eco friendly, irit dan yang kilometernya paling tinggi.

Ada juga Fuel consumption tracker yang memberi informasi bensin rata2 secara periodacally, sehingga jika bro dan sis mau melakukan turing jauh, bisa merencanankan kapan berhenti isi bensin. Atau, bisa mlakukan planning budget juga untuk ongkos bensin.

Jika motor bro dan sis mengalami kerusakan elektrik atau lainnya, app y connect ini akan memberi malfunction notification di hp. Yang memberi tau bro dan sis utuk segera ke bengkel terdekat. Error log ini akan di record sehingga bisa ditunujuikn ke mekanik.

bagi bro dan sis yang tidak memiliki phone holder, ada fitur di dasbor motor ini yang memberi tau jika bro dan sis menerima pesan panggilan atau bahkan email. Tentu isi pesan tidak akan ditampilkan di sini tetapi setidaknya bro dan sis bisa dengan aman berhenti di tepi jalan atau trotoar jika mendapat pesan penting

JADI itu hasil jajal dan kulik2 feature interconnectivity.

Sang Bapack dan sang Anack sepakat feature2nya works well. Dan worth the additional price.

Memang buat si anack lebih luwes dan lincah bermain interconnectivitynya ya ahhahaha.

Mana tau akan menjadi basis untuk upgrade tambahan feature2 lain nantinya.

Tinggap upgrade firmware ternyata ada tambahan fitur2 baru nantinya,

Motor enak plus canggih? sikatttttt

5 thoughts on “Bapack dan Anack Jajal Fitur Canggih NMax Connected

  1. Ada satu hal yg bikin saya agak mikir bung, bila berhubungan dengan motor yg sudah kayak kokpit VF-1S yaitu masalah hardware.
    Berapa biaya yang harus dikeluarkan bila terjadi kerusakan?
    Biasalah golongan ekonomi “mikir”, yg bila lampu “kuning” berkedip langsung pusing….opo maneh iki sing error?

  2. Pakai jaringan wifi dong biar tembus penghalang dan jangkauan jauh..Tambahin immobiliser, start stop engine dr hp,lebih aman buat hadapin begal.,kasih dashcam juga ok😁.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s