Menyambut New Kawasaki ZX-10R 2021. Keren Gila atau Aneh?

Regis Arkavidhya – 25 November 2020

Kemarin Kawasaki akhirnya merilis ZX-10r edisi 2021. Dan WOW, Keren gila. Mari kita lihat hal baru apa saja yang ada di ZX-10r baru ini!

Ok video dimulai dengan penampakan samping dari new ZX10r ini. Memperlihatkan livery baru dan siluet motor secara keseluruhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is screenshot-280.png

Nah jujur saya sedikit kecewa dengan livery warna yang diambil oleh Kawasaki. Saya ngerti bahwa Kawasaki mengembangkan arah desain yang beraura futuristic atau modern, tetapi menurut saya, perpaduan warna hijau, hitam, putih dan aksen merah kurang masuk, agak rame.

Saya lebih suka dengan motor yang warna paletnya simpel,contohnya seperti livery ZX-10R tahun 2014 silam. Lebih striking, elegan dan ga macem-macem.

2014 Kawasaki ZX-10R
Zeus

Saya harap kedepannya Kawasaki akan mempertimbangkan kembali warna-warna solid seperti diatas. Mau itu hijau, putih, merah, oranye, kira-kira livery yang tidak memberi kesan seakan-akan kita itu sponsor berjalan.

Video dilanjutkan dengan penampakan logo river mark yang sebelumnya hanya ada di line up H2, sekarang untuk pertama kalinya ada di ZX-10r.

Dengan LED, tampilan depan menjadi lebih agresif. Wow! Tapi ya ini masuk akal ya karena hampir sebagian besar kompetitor Jepang maupun Eropa sudah make lampu depan LED.

Dan jika bro dan sis bis lihat, di pipinya new ZX10r sekarang ada winglet cuyy! Kawasaki memaparkan bahwa gunanya integrated winglet ini adalah untuk memperkuat downforce sehingga di kecepatan tinggi motor akan tetap stabil. Dan dengan adanya integrated winglet ini, ZX-10r versi 2021 bisa menghasilkan 17% lebih downforce dibanding model 2020.

Dan seperti yang bro sis bisa lihat, desain buritan belakang juga sudah diperbaharui untuk menghasilkan low pressure area.

This image has an empty alt attribute; its file name is screenshot-302.png

Lampu belakang, mengadopsi pepatah “if it ain’t broke, don’t fix it” yang berartikan, jika tidak ada masalah dengan ZX10R sekarang, ga usah diganti. Meskipun begitu, lampu belakang juga sudah LED seperti depan.

This image has an empty alt attribute; its file name is screenshot-293.png

Padahal harapan saya adalah agar ZX-10r baru ini mengikuti desain lampu belakang yang lampu sein dan stop lamp integrated atau jadi satu, mirip dengan punyanya Zeus, jadi kalau mau dipasang tail tidy ga usah ribet.

Lampu belakang Zeus yang dari pabrikan sudah integrated dengan lampu sein

Akhirnya! setelah sekian lama, Kawasaki membenamkan speedometer TFT anyar di ZX-10r ini. Selesai sudah desain speedometer jadul yang si ZX-10r telah digunakan sejak 2011. 2011 cuy! Gila! Ya TFT baru ini sudah terpasang di motor-motor yang ccnya dibawah si ZX-10r ini seperti new Z900.

KAWASAKI ZX-10R (2019 - on) Review | MCN
2011-2020

Di TFT baru ini semua instrument terlihat jelas dan ga terlalu ribet untuk dibaca. Ada angka speedometer, tachometer, gear indicator, riding modes, odometer, temperatur mesin, temperatur udara luar, konsumsi bensin, dan jam. WOW! What the hell lengkap banget. Tinggal indicator bensin aja yang ga ada.

Ngelihatin aja udah ngeces
Warna background TFT akan berganti mengikuti cahaya

Nah ada dua fitur baru di ZX-10r ini yang saya sangat, sangat senang sudah terbenamkan. Yaitu Cruise Control dan Heated Grips (optional)!!!

Fitur Cruise Control ini bakalan sangat kepake banget, termasuk di Indonesia, di mana ada beberapa jalur panjang yang cukup lurus. Heated grip juga membantu banget agar tidak kedinginan bagi yang tinggal/riding di negara 4 iklim. AHHH coba fitur ini ada di Zeus, ayah pasti ga jual-jual tuh heheheh.

LEOPOLD: Yoi coy!

Meskipun ini accessory, adanya ini sebagai opsi saja

Meskipun kedua fitur diatas sepertinya sepele untuk sebagian orang, saya bersyukur Kawasaki membenamkan fungsi-fungsi ini. Mau itu utk di track, commuting, atau touring kedua fitur ini sangat membantu dan menambah value si ZX-10r. Sepele tapi bisa jadi faktor penentu bagi para pembeli. Bravo!

Motor ini juga sudah bisa terconnect dengan HP lewat app Rideology punya Kawasaki.

Kawasaki sekarang membenamkan suspensi depan terbaru yaitu Showa BFRC Lite Techonology. Teknologi Balance-Free ini sebelumnya digunakan di WSBK, dan sekarang dibenamkan menjadi standard suspensi ZX10R.

Suspensi belakang juga punya teknologi Showa baru yang sama dengan depan.

Rem sudah memakai Brembo calliper M.50 yang memastikan performa pengereman yang pakem. Kawasaki sebetulnya tidak perlu memasang Brembo tapi ini adalah sebuah poin plus bagi pembeli.

Mesin terbaru ZX-10r ini sekarang menghasilkan tenaga 203 PS, yang saya rasa masih bisa dikembangkan dan dilepaskan lebih tinggi tenaganya. Tapi Kawasaki memang luar biasa, meskipun sudah terestriksi dengan Euro 5, mesin baru ini masih berhasil menghasilkan tenaga 203 PS.

Untuk pertama kalinya, Kawasaki menyuguhkan paket ZX-10R terkomplit. Dari segi elektronik hingga fitur-fitur premium yang ZX-10r sebelumnya tidak punya. Saya rasa market sport 1000cc secara keseluruhan bakalan jadi kompetitif di trek maupun di jalan raya dengan adanya new ZX-10r ini. Well done Kawasaki.

Jadi gimana menurut bro dan sis ubahan desain dan performa dari the new beast ini?

Ditunggu diskusinya di kolom komentar.

13 thoughts on “Menyambut New Kawasaki ZX-10R 2021. Keren Gila atau Aneh?

  1. Semoga 7 in a row, model suka ga suka, tapi tipikal kawasaki, ada beberapa model yg kalau mau dinikmati secara visual harus dari angle tertentu, sedangkan dari angle lainnya YUCKS.
    Mungkin ini jalan tuhan supaya saya tidak tergoda upgrade toothless ke gen6

  2. ketolong stripping nih , klo warna polosan ijo doang tanpa stripping, zx 10 dulu lebih cakep wkwk, tp ya bentuk mengikuti fungsi sih ya, walaupun di tvc nya muka rea kaya kecewa wkwkwk

    #faceyourself

  3. Ini mau dibuat H2 wanna be.. H2 itu bagus dari sisi manapun, sedangkan ZX10R ini hanya dari sisi tertentu. Kalau ZX10R dibuat terlalu bagus, nanti H2 susah laku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s