[Regis] W175TR: Dual sport retro di dunia modern

Tahun lalu Kawasaki merilis tipe terbaru W175 yaitu si W175TR. TR singkatan dari tracker atau trail yang artinya mempunyai kemampuan untuk bisa melibas jalan raya dan jalan offroad ringan.

DESAIN

Saat melihat motor ini pertama kali, impresi saya adalah seperti melihat motor jadul yang baru saja keluar dari showroom. Motor ini betul-betul mengusung desain jadul alias klasik, dari depan sampai belakang, sentuhan fitur modern terbilang sedikit. Dari lampu depan, sein, speedometer, tangki, tempat duduk hingga barian buritan. Mesinnya pun juga make teknologi old yaitu karburator, yang kekurangannya akan saya singgung nanti.

This image has an empty alt attribute; its file name is screenshot-249.png
lampu depan halogen
This image has an empty alt attribute; its file name is dscf5873.jpg
speedometer jadul yang hanya menunjukan kecepatan dan odometer
This image has an empty alt attribute; its file name is dscf5869.jpg

Ya kira-kira mengingatkan saya dengan jaman-jaman lejennya motor dual sport, macam Suzuki TS dan Yamaha DT.

ERGONOMI

Impresi pertama duduk di motor ini adalah betapa nyaman ergonomi W175TR ini. Posisi stang yang lebih tinggi dibanding W175 biasa, memberi posisi duduk yang lebih tegak dan natural. Ergonomi yang pas menurut saya untuk pemula yang mau belajar naik kopling.

This image has an empty alt attribute; its file name is 76964897_2614121305351155_4999011838537498624_n.jpg
Maklum muka serius belum mandi eh makan

MESIN

Untuk mesin, motor ini mempunyai mesin 177cc 1 silinder berpendingin angin/udara. Power maksimum ada di angka 13 PS di 7,500 rpm dan torsi maksimum mencapai 13.2 Nm di kitiran 6,000 rpm. Yang menurut saya cukup untuk kondisi stop & go maupun light off road. Tapi karena motor ini memang kompresinya rendah, tenaga yang dilontarkan akan sedikit relatif kalem.

Meskipun motor ini memakai mesin karbu, Kawasaki anehnya hanya menerapkan electric starter yang menurut saya sedikit janggal karena di situasi dimana motor gagal dinyalakan menggunakan electric starter, adanya kick starter akan sangat membantu. Karena beberapa kali saya dan ayah mengalami mati mesin di lampu merah dan kesulitan untuk menyalakan motor kembali dengan electric starter.

This image has an empty alt attribute; its file name is screenshot-251.png

SUSPENSI

Meskipun suspensi depan 30mm teleskopik tidak bisa di atur, menurut saya sudah cukup empuk untuk menangani jalanan Indonesia yang mirip dengan muka anak ABG.

This image has an empty alt attribute; its file name is dscf5858.jpg

Dan untuk yang belakang, dengan berat saya di 68kg, sedikit lunak saat melibas tikungan-tikungan di kecepatan cepat, tapi memang kan motor ini bukan buat performance melainkan santai. Untungnya untuk yang belakang bisa diatur spring preloadnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is screenshot-250.png

REM

Rem depan dengan single disc berukuran 220mm dan rem belakang tromol menurut saya mumpuni untuk kondisi kemacetan sehari-hari.

BAN

Saya dan ayah sudah test motor ini di berbagai medan, dari jalan raya yang mulus hingga yang berbatu dan off road. Dan jika bro dan sis isengnya mulai serius untuk bawa ke off road, saya sarankan untuk ganti ban dual purpose yang lebih mencengkram karena yang bawaan lebih condong ke jalanan dibanding off road.

KESIMPULAN

Sebagai kesimpulan, jika bro dan sis sedang cari motor klasik yang enak dibawa commuting dan santai, maka W175TR ini adalah pilihan yang paling masuk akal.

Kemampuan dual purposenya cocok untuk melewati medan off road dan on road yang akan menambah opsi jalan yang bro sis bisa lewati.

Ergonomi yang nyaman dan natural membuat motor ini cocok untuk daily commuting apalagi sebagai motor pemula. Satu hal yang menurut saya disayangkan adalah absennya kick starter yang sangat krusial bagi motor karbu seperti W175TR ini.

Ok bro sis itu dulu dari saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

2 thoughts on “[Regis] W175TR: Dual sport retro di dunia modern

    • Iya, sayang ga ada engkol an nya, padahal saya cari yg karbu kek gini, udah pas banget juga harganya,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s