Kawasaki Motor Akan lepas dari Kawasaki Heavy Industries di th 2021. Apa Konsekwensinya?

NHK melaporkan bahwa Kawasaki Heavy Industry akan melepaskan divisi motorcycle dan perkeretaapian dari perusahaan induk KHI pada tahun 2021.

Buat yang belum tahu, Kawasaki Heavy Industry memiliki 7 industry strategis dengan pemerintah Jepang utk pertahanan aupun kebutuhan publik. Istilahnya dari dasar laut sampai luar angkasa, karena KHI memiliki industry kapal selam, kapal tanker dan kapal cargo, kereta api (kereta biasa utk dipakai di New York dan kereta cepat Shinkasen), robotic hingga industry satelit dan teknologi aircraft. Ini tentunya juga dengan satu divisi kecil mereka: sepeda motor.

Perusahaan yang berusia 124 tahun ini memutuskan melakukan restrukturisasi besar-besaran untuk membuat industry motori dan kereta dapat lebih lincah dan inovatif dalam mengambil keputusan serta dapat beradaptasi dg situasi keuangan yang sulit.

KHI mencatat penjualan sepeda motor di Asia Tenggara merosot tajam akibat COVID-19. Diprediksikan kerugian operasional sebesar 5 Miliar Yen atau 47 Juta Dollar atau 705 Miliar rupiah.

Kawasaki President Hashimoto Yasuhiko menyatakan saat konferensi pers bahwa Kawasaki sedang memperkuat kerjasama internal di antara cabang2 industri Kawasaki. Yasuhiko-san juga berharap industry motor tetap bisa terus membangun brand yang kuat dan memperkuat market dengan kolaborasi bersama perusahaan-perusahaan lain.

Divisi Motorcycle akan dipisahkan dari perusahaan induk KHI, menjadi entitas bisnis yang terpisah, meskipun akan tetap mendapatkan support dari KHI dalam bentuk teknologi, sumber daya manusia, property rights dll.

Apa konsekuensi dari keputusan restrukturisasi ini?

Saya bertanya ke mas Michael Tanadhi, beliau menyampaikan dampak dari perubahan di tahun depanini masih dibahas secara internal.

Saya berharap ada efek positif dari keputusan restrukturisasi ini. Pertama, chain of command yang pendek, akan membuat KMI bisa lebih inovatif dalam fight melayani kebutuhan market domestic atau regional. KMI tidak lagi ketitipan keputusan2 atau produk2 yang lebih menguntungkan KHI Japan ketimbang KMI Indonesia. Misalnya untuk motor kelas 150, 175, 230 dan 250cc. Kepentingan KHI lebih pada penjualan moge2 produksi Jepang. Memang KMI masih akan ada kantor pusat di Jepang, tapi birokrasi keputusannya jauh tidak serumit dulu.

Di sisi lain, jika KMI tidak segera menemukan cow cash yang kuat, karena ZX25R tetaplah segmented dan sementara, maka secara ekonomi tantangan yang dihadapi cukup serius. Perampingan perusahaan, pengurangan operasional cost, pengurangan posisi yang diisi expatriate Jepang dll

Kebanyakan dari motor baru adalah hasil riset KHI. Kalau dipisah, target utama Kawasaki motor pastilah to survive. Apakah sanggup riset sendiri utk melahirkan gebrakan seperti ZX25R atau motor listrik? hmmmmm

Keputusan restrukturisasi ini bisa membawa berkah, kesempatan, namun juga masalah.

Kita lihat langkah selanjutnya yang akan diambil KMI

22 thoughts on “Kawasaki Motor Akan lepas dari Kawasaki Heavy Industries di th 2021. Apa Konsekwensinya?

    • Kan 4 pabrikan jepang udah colabs bikin baterai listrik…
      Semoga aj dengan keputusan ini Kawasaki Motor bisa lebih cepat merespon kemauan pasar, bisa lebih merakyat lg ky KMI 20th yg lalu, gak melulu jualan moge aj…

  1. Yg bisa dipastikan sih Kawasaki Motorcycle akan lebih lincah dlm membaca pasar
    Karna selain jalur birokrasi lebih pendek, perusahaan akan lebih kreatif demi penjualan demi keuntungan karna sudah tidak ada back-up dana dr KHI
    Tapi….
    Ditakutkan, ga ada varian nyeleneh lagi dimasa depan seperti saat launch mesin dgn supercharger / 4 silinder 250cc
    Karna beresiko

  2. Mngkin ini bz lbh baik,coz segment&market demand tiap negara”variatif dan ini menuntut kreatifitas &inovasi strategi pasar yg lebih fokus agar atpm kawasaki negara masing bisa survive,exist& sukses..cmiiw

  3. Spin-off divisi yg merugi, demi menyelematkan finansial perusahaan induk.
    Ini praktek yg lumrah dalam dunia korporasi.

    Masa depan new company tsb murni berada ditangan sumber daya yg ada.
    New CEO harus bisa memberi inspirasi bagi seluruh karyawannya utk melihat new opportunity lalu move on.

  4. umpama Kawasaki Motor jadi lebih fleksibel, setuju aja kalo Kawasaki ikutan maen di segmen Maxy Scooter, pasarnya besar dan terus berkembang, harus berani cari peluang di segmen yang rame

  5. Oke…. Jadi ini ibaratnya kmi ni dah di suruh jadi anak mandiri, di bebasin mau kemana saja, tp tetep harus “sigap ngangkat telfon jika sewaktu2 ibunya di Jepang sana pgn tau kabar atau sekedar ngingetin sholat”.
    Tapi… umumnya sih ketika udah mulai mandiri pasti cepet atau lambat “si ibu” bakal nanyain jodoh. Hahaha..
    Ah mudah2an ini awal yg baik, masih berharap sih si J series di lokalin. Biar ngrecokin matic selonjor Honda dan Yamaha.

  6. Weeeh kali2 aja KAZE n KAZE R bisa dibikin lagee, motor jempolan jaman saya es em a dulu… mmpung lg hits nih motor jadul direborn.
    #ngareeeeppp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s