Install Piggyback Powertronic Utk Dongkrak Tenaga ZX25R dari sejak Bukaan Throttle Pertama

Ini mengulang tradisi saat pakai R25 dan CBR250RR (punya sendiri ya), untuk mencoba mencari performa tenaga yang lebih okeh, saya udah bbrp bulan WA malam2 dg mas Bram Sportisi ngobrolin cara ngakali tenaga ZX25R yang sbg 4 silinder 250cc bisa ditebak di bawah tenaganya agak kosong. Gimana caranya

Ya yang paling aman dengan piggyback sambil ditune di atas Dyno ujar mas Bram

Bbrp minggu lalu mas Bram kontak, Power Commander V (atau yg disingkat PCV) ternyata nyangkut. Tapi ada pigggyback lain menarik ini, Powertronic perlu dicoba.

Meluncur lah kita, maklum penasaran. Tidak lupa isi RON 95.

Fase pertama, Test Dyno dulu dengan knalpot standard. Untuk tau baseline datanya berapa. Biar ga gembar gembor, naik sekian HP, pas ditanya baseline standardnya berapa, diem. Saya sering ngalamin ketemu postingan gini.

Tenaga pada full throttle diurut di gigi ketiga dari 0 RPM ke limiter didapat tenaga maksimum motor adalah 40,48HP dg torsi 18,99 Nm.

Kemudian Powertronic pun dipasang. Ajibnya, sdh ada opsional switch, sehingga on the fly, kita bisa mengaktifkan settingan tuned, cukup tutup gass (throttle 0%) dan tekan switch.

Ini penting nih, kalau pas jalan dan ga nemu octane 95 ke atas, silahkan matikan tuned standard.

Teman2 tentu tau fungsi piggyback adalah mengubah data yang dikirimkan sensor sebelum sampai pada ECU. Piggyback bukan ECU. saya prefer ini karena menawarkan fleksibilitas sementara itu semua fungsi elektronik (traction control, dll) ga diganggu.

Tujuan dari percobaan pertama ini adalah memompa tenaga di throttle awal-menengah agar tenaga lekas keluar. Ini dilakukan dengan membuat timing pengapian lebih maju, AFR tentu perlu sedikit di basahin.

Kenapa ga sekalian di RPM atas?

Menurut mas Bram, karena sepertinya sudah cukup optimal. Kawasaki sepertinya memang fokus melahirkan produk yang meledak tenaga di atasnya. Agar di atas kertas HP kuat banget. Karena itu tujuan kita lebih pada mengolah di bawah menengah.

Dan setelah terpasang, saat di dyno memang gile perubahannya. pada throttle 20% (dikunci dengan throttle stopper) tenaga naik signifikan dari 5,61 ke 9,43 HP. Sementara itu torsi naik dari 8,52 ke 9,49 Nm.

Engga percaya pada dyno aja, saya dan bung coba gassss dong…..

mulai dengan switch off, oke standard banget lah

Lalu berhenti dan switch on, gassss…. bujubunenggggg (kalau dalam diksi anak sekarang= ANJINGGGGG)

galak amir jek….

jadi begitu kita sentak throttlenya, di zx standard, biasanya motor celingukan dulu bentar, baru gass nya ngisi. Ini saat switch on dan digasss langsung ngejambak men…. rambutnya dalam genggaman tangan kita.

Ngobrol sebelum pulang, ini kita coba dulu, bakal lebih maksimal kalau udh nemu knalpot racing yang header performanya diatas standard. Terutama utk RPM tengah.

Ada yang nanya, mas harga berapa? udah bisa order?

wah harganya belum keluar mas dan mbak. Unitnya juga cuma ada dua, satu di ZX mas Bram. Satunya lagi di saya. Bulan depan rencananya sudah mulai ready.

31 thoughts on “Install Piggyback Powertronic Utk Dongkrak Tenaga ZX25R dari sejak Bukaan Throttle Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s