Pilih mana Yamaha MT-09 VS Kawasaki Z900? Ini pilihan saya di 2020 ini

Tiga setengah tahun lalu, saya menulis komparasi MT-09 vs Z900. Saat ini keduanya sudah diperbaharui. Coming with a much better package.

Dengan teknologi elektronik yang membuat keduanya lebih baik, mana yang akan saya pilih?

RIDING STYLE

Bro dan sis tentu paham, kedua motor datang dari aliran yang berbeda. Yamaha MT-09 memiliki basic motard. Artinya posisi berkendara lebih berorientasi pada perkotaan. Close quarter combat. Posisi lengan dengan pinggang cukup dekat. Kalau sedang riding mirip seperti berdiri tegak ala supermoto. Jadi bagi mereka yang terbiasa dengan trailbike atau supermoto akan familiar dengan MT-09.

Nah sementara itu Z900 sebagai naked bike memiliki ergonomic lebih condong ke depan. Ala street fighter.

Pada kemacetan jalur perkotaan atau suburb (seperti Gadog, Padalarang, masuk Semarang atau Malang), MT-09 akan memiliki keunggulan manuver. Motor yang lebih ramping (3 silinder vs 4 silinder) dan ringan (lebih ringan 16kg) akan membantu untuk menekuk labirin lalu lintas.

Sementara itu pada jalur yang relative lengang dan long range Z900 menawarkan kestabilan dan kenyamanan.

KARAKTER TENAGA

MT-09 vs Z900 all

Sebagai motor triple engine, MT-09 memiliki karakter tenaga yang meledak di bawah dan menengah. Torsinya minta ampun di kelas CCnya. Yahhh sesuai dah dengan alirannya yang motard. Hampir sebagian besar kecelakaan yang menimpa ridernya terjadi di minggu-minggu pertama, termasuk saya. Meskipun sudah ada throttle mode, namun karakter tenaga sulit memang liar.

Di area perkotaan atau suburb seperti dicontohkan di atas untuk stop n go, MT-09 menawarkan tenaga yang bisa diakses seketika di kitiran bawah-menengah. Jarak pendek masih berani banget saya pake MT-09 take on Z900.

Untung sekali di new MT-09 ini Yamaha sudah membenamkan traction control yang akan membantu pengendalian motor yang aslinya liar banget roda belakangnya ini.

Sementara itu Z900 sebagai inline four normal, bukan crossplane, memiliki karakter tenaga yang lebih tertib. Naiknya lebih predictable dan tidak segalak mesin crossplane. Karakter tenaganya memang lebih dekat ke Z1000. Maklum basis mesinnya adalah Z1000.

Feature/assisst

MT-09 tampil modern dengan assist seperti D-Mode (semacam power modes), Assist & Slipper Clutch, Quick Shift System (QSS), Traction Control System (TCS) dan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle).

Sementara Z900 diperlengkapi dengan 3 modes KTRC (Kawasaki Traction Control) dan 2 power modes. Utk dash Z900 sdh hadir dg TFT colour.

KESIMPULAN

Kalau boleh mengabaikan selisih harga, pilihan yang saya ambil adalah MT-09.

Motor ini lebih nimble handlingnya, ringan (lebih ringan 17kg), galak torsinya (meski totalnya di rpm atas kalan 10Nm), city warrior. Cocok dengan riding style saya. Apalagi sdh ada QS dan ASC, buat saya ini kepake banget dan upgrade feeling berkendara.

Z900 is a good bike. Smooth power delivery, stable, confidence, refined mesinnya. Amat sangat masuk akal di harga 250jt, namun andai desainnya bisa punya karakter khas seperti Sugomi, ajib bgt.

LOHHH MASS, kan MT09 kalah silinder. Pengalaman punya dan pake sampe 15ribuan km, justru 3 silinder crossplanenya ini yg serak merdu dan berkarakter. Meskipun mungkin Z900 menang diatas kertas spek, namun utk karakter riding, saya pilih MT09.

Eitttssss ini kalau barangnya dua-duanya ada ya ahahahah…

saya dengar saat launching aja MT-09 langsung sold out. Sementara Z900 proses indennya masih hitungan 1 semester. CMMIW.

Yamaha MT-09 Icon Blue

41 thoughts on “Pilih mana Yamaha MT-09 VS Kawasaki Z900? Ini pilihan saya di 2020 ini

  1. Paling suka liat desain MT09,lekukannya mengalir indah.
    Andai desain yang sekarang dengan sasis warna silver(seperti old mt09)Pasti terluhat lebih kekar.

    Mantap reviewnya,sering2 update om hehe…

  2. Sekilas liat saya lebih suka posisi riding z900, terlepas saya termasuk tipe apapun selama itu bukan K, saya akan skip meskipun ada dana yang bisa dipakai

  3. sepertinya buat dlm kota, stop and go, twisties, tanjakan, MT09 lbh cocok ya om ? kalo longride turing aspal mulus luruss terus, posisi duduk MT09 kyk semi berdiri apa ga pegel ya ?

    • saya di Aussie dan tour Kalimantan pake MT09 pegel ga juga sih ya. Memang jok kalau bisa diganti yg bahannya empuk. Juga throttle nya sensitive sekali, jadi otot halus agak capek kalau long ride

    • nah ergos mgkn tergantung postur lagi ya, tp paket tendangan spontan, agility, nafas lumayan panjang yg bikin fun to ride nya gada lawan ya om ? tinggal perlu kerja keras dan doa buat nebus motornya nih om >o<

  4. Dan desain yang keren itu bakal sirna setelah plat nomor depan terpasang di jidat, haha.. Semoga om Leo dan teman-temannya yang paham hukum bisa mengajukan uji materi (CMIIW) soal plat nomor depan untuk motor, terutama dari sisi keselamatan. Kalau di Indonesia kayaknya nggak bakal bisa dihilangkan, jadi saya berharap ukuran plat nomor depan bisa diperkecil kayak di India, dari segi biaya juga jadi lebih irit

  5. kalo dari segi tampang, memang MT09 lebih badass dan berkarakter kuat, beda dengan naked bike Jepang lainnya, Z900 muka cupu, cuma seperti naked bike Jepang lainnya, kalah sama Z800 yang bengis dan bulky tampangnya, meski menang enteng

    so my vote for MT09 too

  6. sehari2 w pake bebek dudul agak kedepan dgn style supermoto. jelas w pilih mt09 . pilih doank lum mampu beli. kalo cuma mt25 si w mampu cuma duitnya buat nyicil tanah dulu

  7. Maaf bang leo, penasaran aja kan bang leo pernah punya MT series, yang jadi pertanyaan itu MT series kan ga ada standart tengah ya ( CMIIW ) itu kalau terjadi ban bocor/ganti ban gitu proses nya gjmana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s