Welcome MT07 and New MT09! New MT09 hadir lebih valued!

Setelah mengalami penundaan akibat COVID, Yamaha akhirnya melepas MT07 dan New MT09 secara online. Ga apa2. Buat konsumen mah yang penting motornya cepat sampai rumah. Lagian rilis offline/langsung, juga yang bisa hadir hanya media.

Yamaha MT-09 Icon Blue

Yamaha MT-07 Icon Blue

Kedua motor pernah saya coba saat di Australia, yang MT09 malah saya miliki hampir setahun di 2015. Kedua motor ini menjadi tulang punggung penjualan Yamaha di pasar middleweight global.

Keduanya mengusung jumlah silinder yang terpisah, namun berkonfigurasi pengapian yang mirip: crossplane. Ini sebabnya kedua motor sama buasnya untuk tenaga dan suara.

Dari kedua pilihan produk ini, saya sangat menyarankan kawan-kawan ambil New MT-09. Mengapa karena ini the best value trepistone big bike in Indonesia now.

3 silinder crossplane, soal tenaga dan kegilaan torsi ga bisa dibahas lagi.

Plus dilengkapi dengan elektronik yang memungkinkan kita lebih bisa mengendalikan motor. Bukan kita yang dikendalikan motor. Misalnya: D-Mode, Assist & Slipper Clutch, Quick Shift System (QSS), Traction Control System (TCS) dan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle). Yang saya cetak bold ini teknologi terbaru yang SANGAT dibutuhkan. Kelemahan MT09 generasi pertama, yakni suspensi yang kurang compression ataupun reboundnya, sudah diperbaiki dengan spek spring yang lebih baik dan fully adjustable.

Yamaha MT-09 Ice Fluo

Dilepas di harga Rp. 290 juta rupiah. Jelas ini value banget di kelasnya. Lebih valued ketimbang Z900 ataupun CBR650 families.

Sekarang kita lihat MT07. Motor ini dikenal sebagai middleweight killer, krn mematikan penjualan motor middleweigh seperti Triumph, Kawasaki, Honda pada cc yang sama. Akibat kombinasi performa dan harganya yang sangat valued.

Konsumen bisa dapat motor paling berkarakter (yang lainnya inline flatplane) dengan harga yang terjangkau. Di Australia, Yamaha berani melepas MT07 lebih murah dibandingkan Z650 apalagi dibandingkan dengan keluarga CBR650 yang 4 silinder. Begitu juga dengan tetangga kita ASEAN yakni Malaysia, Yamaha melepas MT07 dengan selisih harga hanya 1000 RM atau 3,5 juta rupiah lebih mahal dibandingkan kompetitornya.

Di Indonesia MT07 dijual di banderol harga 243 juta rupiah. Ini marketingnya bakal ketambahan PR. Karena sudah menyundul produk kompetitor yang 4 silinder seperti CBR650 series atau Z900.

Yamaha MT-07 Ice Fluo

Saya berharap MT07 bisa segera di CKD kan di Indonesia, apalagi mesinnya sudah produksi Yamaha Indonesia lho. Daripada dikirim ke Jepang, lalu diimport sebagai CBU, ongkosnya ekstra mahal. Saya jamin dengan kondisi CKD, MT07 harganya bisa lebih agresif dan bakal rame banget basis pengguna motor ini. Yang diuntungkan toh Yamaha dan konsumen bersamaan. Yah semoga ini didengarkan dan dipertimbangkan oleh Yamaha Motor Corporation di Jepang sana.

 

Kesimpulan Jujur dari saya:

Kalau ada dana 243 juta, jelas pilihan saya adalah New MT-09. Harga motor ini edisi 2015 aja masih stabil di harga barunya saat itu 250 juta. Sangat valued dan sangat dicari.  Power dan experiencenya benar2 beda dengan adiknya MT07. Ditambah dengan elektronik lebih maju dan suspensi lebih superior (USD full adjustable), selisih harga 47 juta jadi sangat sangat masuk akal.

Yamaha Japan, pls reconsider giving Yamaha Indonesia the rights to sell MT07 as CKD products. You will eventually gain more with the volume. So as Yamaha Indonesia and big bike riders here.

Itu menurut saya, menurut bro dan sis bagaimana?

IMG_0511MT10

————————–

Informasi lebih lanjut terkait Yamaha MT Series bisa cek kesini https://yamaha-motor.co.id/product/mt-07/ dan https://yamaha-motor.co.id/product/mt-09/

 

 MT-09  MT-07
DIMENSI
(Dimension)
   
P X L X T
(Length x Width x Height)
2075 x 815 x 1120 mm 2085 x 745 x 1090 mm
JARAK SUMBU RODA
(Wheelbase)
1440 mm 1400 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH
(Ground clearance)
135 mm 140 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK
(Seat height)
820 mm 805 mm
BERAT ISI
(Curb weight)
193 Kg 183 Kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN
(Fuel tank capacity)
14 L 14 L
MESIN
(Engine)
   
TIPE MESIN
(Engine type)
Liquid cooled 4-stroke, DOHC, 12 valves Liquid cooled 4-stroke, DOHC, 8 valves
SUSUNAN SILINDER
(Cylinder arrangement)
3-Cylinder dan In-Line 2-Cylinder dan In-Line
DIAMETER X LANGKAH
(Bore x stroke)
78 x 59,1 mm 80 x 68,6 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI
(Compression Ratio)
11,5 : 1 11,5 : 1
VOLUME SILINDER
(Cylinder Volume)
847 cc 689 cc
DAYA MAKSIMUM
(Maximum power)
115 PS (84,6 kW) / 10000 rpm 74,8 PS (55 kW) / 9000 rpm
TORSI MAKSIMUM
(Maximum torque)
87,5 Nm / 8500 rpm 68 Nm / 6500 rpm
SISTEM STARTER
(Starting system)
Starter Elektrik Starter Elektrik
SISTEM PELUMASAN
(Lubrication system)
Wet-Sump Wet-Sump
KAPASITAS OLI MESIN
(Engine oil quantity)
3.4 L 3 L
SISTEM BAHAN BAKAR
(Fuel system)
Fuel Injection Fuel Injection
TIPE KOPLING
(Clutch type)
Multi Wet Clutch, Assist & Slipper Clutch Multi Wet Clutch
TIPE TRANSMISI
(Transmission type)
Manual, 6 speed Manual, 6 speed
RANGKA
(Frame)
   
TIPE RANGKA
(Frame type)
Diamond Diamond
SUSPENSI DEPAN
(Front suspension)
Teleskopic (Inverted) Teleskopic
SUSPENSI BELAKANG
(Rear suspension)
Swing Arm Swing Arm
BAN DEPAN
(Front wheel)
120/70 ZR17M/C (58W) 120/70 ZR17M/C (58W)
BAN BELAKANG
(Rear wheel)
180/55 ZR17M/C (73W) 180/55 ZR17M/C (73W)
REM DEPAN
(Front brake)
Double Disc Double Disc
REM BELAKANG
(Rear brake)
Single Disc Single Disc
KELISTRIKAN
(Electrical)
   
SISTEM PENGAPIAN
(Ignition system)
TCI TCI
TIPE BATTERY
(Batttery type)
YTZ10S YTZ10S
TIPE BUSI
(Spark plug type)
CPR9EA-9 LMAR8A-9

 

—————————-

Informasi tambahan

Crossplane Crankshaft

MT-09 dan MT-07 dibangun dengan crossplane crankshaft yaitu teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1 (Yamaha MotoGP). Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat, sedangkan MT-07 adalah 270 derajat. Crossplane crankshaft membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia yaitu daya yang terjadi setelah pembakaran sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi (torsi yang diteruskan ke roda belakang) menjadi linear. Power yang selaras putaran throttle menghasilkan performa dan akselerasi maksimal.

D-Mode

Fitur D-Mode pada MT-09 memberikan keleluasaan kepada pengendara untuk memilih karakter performa mesin optimal yang diinginkan. Tersedia tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan yaitu Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan, Mode A untuk mendapatkan respon mesin yang lebih sporty/cepat pada rpm rendah sampai medium dibandingkan Mode Standard, dan Mode B untuk respon yang lebih lembut dibandingkan Mode Standard.

YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle)

Sistem kontrol throttle (fly by wire) pada MT-09 dengan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.

Quick Shift System (QSS)

Untuk mendukung akselerasi lebih cepat pada MT-09 disematkan QSS agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.

Assist & Slipper Clutch

MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling. Sedangkan Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi (perlambatan kecepatan). Fitur Assist & Slipper Clutch juga membuat pengendara lebih percaya diri saat melakukan down shift (menurunkan gigi) secara cepat saat memasuki tikungan.

Traction Control System (TCS)

Sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi, yang terdapat pada MT-09.

Antilock Braking System

Daya rem maksimal dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) pada MT-09 dan MT-07 membuat motor semakin aman dan stabil saat pengereman.

Upside Down Suspension Full Adjustable

MT-09 ditunjang suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara.

 

 

 

 

53 thoughts on “Welcome MT07 and New MT09! New MT09 hadir lebih valued!

    • Temen saya, user r6 dan daily pakai old ninfi 250 pas saya kasitau perihal ini langsung nyeletuk mending sekalian angkat z800 udah dapat banyak jajanan atau z900 sekalian kalau memang ngebet pengen motor baru. Hmm

    • iya, saya juga masih mikir kenapa mendingan MT09 dibanding Z900. (setelah denger pengalaman temen pake z800) apakah karena faktor handling mungkin?

  1. Ya wajar mas. Itu di artikel Om Leo aja bilang hal yang sama, kalau beliau ada uang segitu ya mending MT09 second. Kalau saya, mending Z900 baru, 250 juta.

    Hal ini menunjukkan, kita sebagai penggemar roda dua, gemes sama langkah Yamaha dalam price positioning MT07 saat ini.
    Di UK dan Jepang pun, harga MT07 ya sebandingnya dengan Z650, bukan Z900. Kita berharap Yamaha bisa melakukan langkah langkah yang bisa menurunkan harga MT07, yang berarti bukan hanya menguntungnkan bagi kita, tapi juga bagi Yamaha sendiri.

  2. Pas lihat video launcing juga saya berkerut dahi melihat harga MT-07 ini. Dengan selisih harga hampir 50 juta (event if a bit more than 50), apa yang ditawarkan MT-09, jenis mesin, kemungkinan experience, suspensi, elektronik, lampu, dan mempertimbangkan daya beli konsumen di segmen ini sangat jauh uh mending MT-09 dibanding MT-07.

    Itu baru ngebandingin mt09 ke mt07 ya, belum kalau ditunjukin brosur Z900 ama sales Kawasaki. Aduhduh sakitnya tuuh.. Kawasaki ngasi harga z900 jahat ah :p

    Please Yamaha, reconsider, we still love you.

  3. Iya saya jg kaget hrga mt07 kok tinggi bgt utk 2 silinder. Walau dia crossplane yah.

    Rider kantong cekak seperti saya mungkin akan memilih motor 600 cc lama yang sudah jauh lebih terjangkau.

    Kalau ga dibuat ckd, mt07 hanya akan menjadi motor pemilik yang idealis dan kantong nya super tebal.

  4. Iya sependapat sekali dgn om Leo… tadinya sy kepengen banget naik kelas dan berharap MT07 maksimal di 170-180 jt, ternyata sy masih kaum mending… mending pake yg ada dulu sambil ngembangin bisnis biar bisa kebeli MT09…

  5. Knapa yamaha yg dah buat mesinnya gak lgsg rakit dsini kan bisa harga mt07 di bawah 200jt ya. Klo gni ya hadapin tuh z900. Bahkan z900 bisa jabanin mt09 dr segi manapun. Itu mesin downgrade dr z1000 sugomi bukan z800 yg diupgrade.

    • Super sekali sepertinya z900 akan menghapus z1000 kedepan krn betul z900 itu engine z1000 yg downsize. Dalam hal bobot yamaha memang lebih baik tp kawasaki sejak era z900 dan z650 menjadi tanda bahwa kawasaki juga memperhatikan bobot. Beda generasi sebelumnya yg beratnya gila2an

  6. Sayang sekali ya om harga MT07 cukup tinggi dibandingkan dengan motor sekelasnya, mungkin akan banyak yang beralih pilihan ke Z900 atau motor lainnya yang dengan harga yang beda tipis tapi dapat performa mesin yang lebih baik

  7. Mungkin range harga yg selisih CUMA 50 jt an dr MT09 yamaha lebih mengarahkan calon konsumen untuk membeli MT09 dibanding 07 om,

    • Super sekali sepertinya z900 akan menghapus z1000 kedepan krn betul z900 itu engine z1000 yg downsize. Dalam hal bobot yamaha memang lebih baik tp kawasaki sejak era z900 dan z650 menjadi tanda bahwa kawasaki juga memperhatikan bobot. Beda generasi sebelumnya yg beratnya gila2an

    • Ada om Leo di YouTube. Jelas krn torsi dan power lebih gede z900. Awalnya sy juga yakin mt menang sebelumnya cek spek sheet. Tp aktualnya demikian dengan beberapa kali run. Sy belum itung PTWR. Sama ingat drang iwb sama monkeymotoblog dimana sy juga pikir z650 bakal menang drang krn torsi mirip banget tp ternyata jumlah selinder yg menang. Spek power memang gede cb650f

  8. Dengan harga MT07 yg segitu seakan2 jargon dr MT nya berubah bukan lagi “Master of Torque” tp MT nya jadi “Muahal Tenan” wkwkwkwkwkwkwk

    Tentunya dibanding dengan MT09 dan moge2 lain d range harga 200-300jt an

  9. Sorry sedikit out of topic

    Kawasaki slalu kasih harga kompetitif di moge
    Salah satunya Z650 dan Z900

    Knapa merk lain ga bisa ya?
    Z900 sama Z650 masih CBU kan?

  10. MT-07 kayaknya cuma ngandelin “made in Japan” 🤔
    Blunder juga strateginya.. Atau emang sengaja biar langsung pada milih MT-09.

    Ya meski yg beli pasti ada. *bukan saya* 😂😂

  11. Di YouTube ane komen tentang video mt07 yg OverPrice ane bandingin ma Z900 4 silinder upsidedown yg harga nya malah lebih murah lagi dikit dari mt07 fans merk garis keras nya mencak mencak ke ane
    Soalnya rentang harganya terpaut jauh ma Z650

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s