ZX25R Standard (Non-ABS) + Upgrade paket Quickshifter = Deal 4 silinder 250cc paling okeh

 

Menurut saya, sederhananya, pembeli ZX25R itu bisa dibagi menjadi dua kelas konsumen.

ZX_Fotor

wuasliiii keren banget desain kang Joe MotoBlast ini

 

Pertama mereka yang ingin segera meminang paket inti dari ZX25R. Mereka butuhnya motor basic karena punya rencana untuk upgrade sendiri lebih lanjut. Mereka ini juga memutuskan save some money, dari selisih harga hampir 17 juta rupiah untuk yang penting punya dulu.

Kedua, kelas yang “maunya top end”, spek tertinggi. Ini kelas bergengsi dari yang tergengsi. Dari awal udh ga kepikiran bagi mereka ambil yg versi di bawahnya. Pokoknya yg full-spek. Dari survey kecil2an, saya mendapatkan yang saya kenal kebanyakan ambil ZX25R adalah kelas ini.

Apa sih beda keduanya dari segi perolehan?

Yang terbesar ada:

  1. Quickshifter/autoblipper (KQS)
  2. ABS

Ada juga yang kecil2nya:

  1. Warna/livery lebih catchy, ga cuman item doank
  2. Frame slider
  3. Single seat cover
  4. rim-sticker
  5. Smoked windshield

Kalau buat yang kecil2 ini mah menurut saya encesss aja. Bakalan banyak aftermarket yang lebih kerennya. Termasuk utk warna, bakalan beredar hasil decal yg keren2.

Yang agak besar ini (ABS dan KQS) yang ga semudah berhenti di bengkel tepi jalan.

Saya lalu hasil ngobrol-ngobrol dengan mas Michael C Tanadhi, pimpinan Sales dan Marketing KMI, Saya tanya, kalau punya saya standard dan pengin secara bertahap di SE kan apakah bisa?

Mas Michael lalu menjawab bisa banget. Pake KQS, original quickshifternya Kawasaki. Yang dipakai di versi SE.

Paket KQS bisa didapat “sktr 3.5 jt di dealer, ongkos pasang tergantung dealer… “. Ini baru perkiraan harga ya gaess…. Karena harus reset ECU dan lain-lain.’

Bagaimana dengan memasang ABS di versi ZX25R Standard? menurut mas Mike ini bisa tapi akan sulit dan biayanya lebih tinggi, karena ” harness hrs ganti dan jg ecu ganti”.

KQS_Fotor

Menurut saya KMI juga perlu mempertimbangkan untuk melepas varian tengah dimana versi standard akan diperlengkapi dengan KQS bawaan.

Sementara itu, versi standard, dengan harga hanya selisih 20 juta rupiah dg 2 silinder, + paket KQS menurut saya jadi deal 4 silinder paling okeh buat bro dan sis.

Tinggal pinang versi standard, lalu setelah narik nafas dikit, pasang KQS!

Cemanaaaaa ….?

26 thoughts on “ZX25R Standard (Non-ABS) + Upgrade paket Quickshifter = Deal 4 silinder 250cc paling okeh

    • Kalo pikiran saya sih harusnya KMI bikin 3 varian yakni STD, ABS dan ABS SE. di Jepang hanya ada 2 versi STD dan SE karena di Jepang STD itu sudah ABS. Terus terang saya akan pilih ABS saja kalo ada versi tersebut karena menurut saya QS lebih ke track oriented. Lagian kalo ganti2 motor lainnya bisa lupa kalo motor lama belum QS. hehe. Note: Memang disayangkan KMI malam jadi downgrade semangatnya untuk edukasi customer dalam hal safety terlihat dari hilangnya versi ABS di beberapa varain seperti Ninja 250SL and Versys-X 250 MY 2020.

    • sepikiran kita mas, ABS mnrt saya agak wajib, sementara QA optional. Namun KMI memilih untuk menyediakan varian non ABS agar harga bisa dijaga di bawah 100 juta.

    • Ini estimasi om Leo ya. kalo faktanya sih dari harga Kawasaki Jepang jika di convert ke rupiah sekitar 5.5 jt (material only). Kalo di interpolasi harga OTR jepang vs Indonesia sekitar hanya 85-90% jadi seharunya haga Indonesia sekitar 5 juta.

  1. Yg standart lbh worthed, selisih 17 juta bisa buat beli knalpot aftermarket yg keren atau upgrade pengereman pake brembo, upgrade mesin jg bisa. Quickshifter jg Tinggal beli dr kawasaki atau mau yg aftermarket jg banyak, intinya selisih 17 juta lumayan berasa jg. Lagian warna hitam glossy nya menurut saya malah lbh keren drpd yg SE, simple elegan

    • Kalo mau di jadikan Track weapon sih harusnya STD sudah cukup banget karena motor Track pasti akan setting lagi sana sini ECU/ atau manipulator ECU, QS, Exhaust racing Race Only, Track Tyre, High Performance Brake (ABS ga perlu di Track makanya ZX6R dan ZX10R pakai KIBS – Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System yang di fine tune untuk Track). Yang penting untuk jalan raya itu ABS dan TC – Jadi saat akselerasi more safety dan deselerasi/ panic braking jug safety. Tentunya Ban sebagai interface utama antara motor dan jalan kudu mumpuni juga

  2. kalo bisa diusulkan supaya dibikinkan paket resmi dari KMI ke dealerΒ²… sehingga upgrade lebih jelas kepastian pemilihan part dan jaminan OEM fit om… sama seperti pemikiran om leo.. QS dan ABS itu faktor yg berat… dan QS itu yg terberat buat saya… πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

  3. Setelah baca penjelasan om Leo, kayaknya saya lebih ke konsumen tipe 2,5 deh (pengen yg full spek tanpa oprek2) tp yg stengahnya lagi lom kuat bayarin wkwkwkwkwkwkwkwkw

  4. Hadeuhh… Masak gw robah lagi PO nya? Gara-gara pop kol jadi dah gw ngambil yang biru…
    Bisa2 dimusuhin ama Sales nya ntar.

    🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

  5. Wah menarik banget, kalo begitu mending ambil yg std sih.. tinggal tambahin auto blippernya udah, kalo masalah abs untuk 250cc perlu ga perlu sih menurut saya, tergantung orangnya jg..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s