Kemunculan Anak Muda usia 20an awal dengan Orangtua Bikers: Salah Satu Market Potensial ZX25R

Antrian utk bisa order ZX25R resminya baru dimulai sekitar jam 6 pagi tanggal 11 Juli 2020. Namun calon indener sudah mulai antri dari jam 2 pagi. Jam 5:54 pagi jatah 100 motor yang bisa diindent untuk hari ini sudah habis. Di artikel ini saya ga akan bahas membludaknya antrian. Saya akan lebih bahas kemunculan kelas baru market potensial bagi motor 250cc 4 silinder yang dirintis oleh Kawasaki ini.

52E46397-5368-4946-8D5C-FCC1CA995114

jam 5:54 pagi tanggal 11 Juli 2020, ketika jatah inden hari ini sudah habis

Indent dua hari tanggal 11 dan 12 Juli weekend ini sesungguhnya adalah testing the water. Mengetahui demografi dari potensi pasar ZX25R utk pengembangan penjualan ke depannya.

Tentulah ada efek hype: orang berlomba-lomba utk dapat kebanggaan (pride) menjadi pemilik pertama ZX25R dengan harga yg sama. Daripada nunggu indent lama.

Tapi juga harus dihitung ripple (gelombang) effect: bagaimana kepemilikan dan kebanggaan pemilik ZX25R awal mendorong market (dengan kelas sosial yang sama) untuk ikut membeli.

Di artikel sebelumnya saya menulis target market bukanlah pengguna motor kelas 150/250cc yang utk mendapatkan motornya sekarangpun sudah harus berantem dulu soal cicilannya dengan istri atau debt collector.

Juga bukan buat kaum mending2 yang berisik banget di medsos, mending beli mobil ini mending beli itu, tapi ga juga beli apapun. Saya tahun 2008 juga ga sanggup beli Ninja Karbu krn lahiran anak kedua dan bangun rumah, tapi ya ga nyinyir dan fokus kerja aja,

Tapi targetnya adalah silent class, yang ga ribut di medsos. Sehingga memantau ‘noise’ netizen di medsos bukanlah panduan yang akurat untuk menentukan direction product di kelas ini.

Silent class ini adalah (di artikel sebelumnya)

“Target terbesar penjualan ZX25R adalah para biker yang sudah jenuh dg 250cc yang ada namun terkendala PPNBM utk mendapatkan motor sport 4 silinder yang harga barunya 270an juta. Atau mereka yang sanggup keluar uang 100an juta untuk punya motor baru full paper 4 silinder. Mereka yang terjebak di gap besar harga antara 70 sd 180an juta.”

Dari interaksi dengan network komunitas, yang japri saya di medsos, ataupun pantauan lapangan saat indent, saya melihat satu kategori yang lebih spesifik dari silent class diatas:

Orang muda usia 18 sd 20an yang orangtuanya juga biker (usia 40an ke atas) dan mampu.

Kelas ini berkembang banget seturut meningkat kelas ekonomi menengah di Indonesia.

Bank Duniamencatat ada sekitar 52 juta penduduk yang masuk kelas ekonomi menengah dengan pertumbuhan konsumsi pada barang sekonder dan tersier (bukan kebutuhan pokok) mencapai 21% per tahun.Β  Merekalah yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Pada sub-kategori konsumsi tersier hobby otomotif, pada saat Covid pun, pada kelas ini tidak terjadi perlesuan. Barang habis. Kita ga bahas barang KW3-4. Tapi barang yang punya pride.

Saya menyarankan Kawasaki Motor Indonesia, dan saran ini juga bisa dipakai kompetitor, untuk fokus menggarap silent class diatas.

Orang muda usia 18 sd 20an yang orangtuanya juga biker (usia 40an ke atas) dan mampu.

Bapak2nya yg biker mungkin sudah asyik dg motor cc besar, ga terlalu penasaran dengan motor 4 silinder 250cc di rumah. Tapi punya ZX25R lebih untuk kebutuhan anak-anak mereka yang juga cinta otomotif dan punya kebutuhan akan pride yang berbeda.

Ingat ya, ini hanya salah satu kelas. Saya ga bilang semua yang beli itu seperti itu.

Tapi kelas ini potensial. Lihat saja keluarga biker mapan dengan anak-anak di usia 18-20 pertengahan. Pada merekalah program edukasi ZX25R, menyapanya Kawasaki harus arahkan.

You are not just selling a product, you’re selling a pride to young riders in biker families.

38

42 thoughts on “Kemunculan Anak Muda usia 20an awal dengan Orangtua Bikers: Salah Satu Market Potensial ZX25R

  1. Selalu om ulasan lu tajem, deeper in pyramid, segmen kecil yg terlupakan Tapi tetrep ada, saya sebenernya target market motor ini om, sayang punggung Saya engga, boso jowone boyoke iso pedhot balung tuwo, nunggu z250rs atau xsr250 mana yg muncul duluan 😬

    • hehehe makasih ya mas masukannya, sebenarnya meskipun ini underyoke masih tetap nyaman, lebih tegak sedikit dibandingkan CBR

  2. Banyak jawaban2 yg dilontarkannteman2 di fb, diwakili sama mas Leo. Plg mengena sih di paragrap pembahasan kaum mending yg blg mnding beli ini itu, tp gak ada yg dibeli. Klo di pihak saya sih ini seperti jawaban buat penjual gorengan, faktor harga bisa pas banget. Tahu bulat digoreng dadakan harga 100juta keatas berasa ditampar keras sekali.

    • Nah bener banget om…bwt kaum mendang mending suruh baca artikel ini pasti keselek tenggorakannya…πŸ˜‚ dah ga beli nyinyir

    • ehehehehhe sebenarnya kita juga harus beli suatu barang sih, entah karena diluar kebutuhan ataupun prioritas anggaran. tapi ya udah ga usah nyalah2in orang lain atau barang,

  3. Berkaca dari Om Leo sendiri ini artikelnya…😁
    Btw liat antrian dr jam 2 pagi buat dapetin ZX-25R bener2 gak nyangka…

  4. Setuju om, walupun ane baru punya anak paling besar 9 thn.beli zx25r Setidaknya dr kecil udah di edukasi tentang motor biar gedenya kaga kudet bgt dengan otomotif 🀣🀣, btw sonding pengajuan ke istri 2 bulan kemrin..🀣di acc standar warna item, ane ngajuan yg merah item SE, celotehnya, “wong motor hanya buat ngantor doang, jarang d pake jg ditinggal kerja keluar kota, klo mau turun sirkuit yo monggo..” jkkkk denger gt asli ngakak..

  5. Ini potensi yg ga dibaca atau diacuhkan ama mbah rondo majapait ama mbah panda kurus. Stuck di satu sisi aja.
    Mantap mas leoπŸ‘

  6. yes, silent young people with thick wallet + motorcycle enthusiast, kerjanya bener2 menghasilkan duit, bukan menghasilkan keributan di sosmed dan blog, gue juga paling seneng kalo pas dapet konsumen motor sport seken dari orang kelas ini, gak banyak nanya di chat, dateng liat langsung, kalo cocok, lgs cash dengan sedikit nego saja, everybody happy πŸ˜€

    • hehehe iya mas, modelnya rata2 gitu. Riset dan perbandingan harga sendiri, lebih teredukasi dan serius memang mau beli,

  7. Mantap bgt ulasan nya om..
    Terfokus dgn kaum mending n fansboy

    Kawasaki bisa fokus n buat yg premium ntuk di kelas antar gap yg di sebutkan..

    Mantul2… Tarik selimut dl mimpi x ja bs punya

  8. Sy jg termasuk kaum mendang mending itu om leo…
    Lebaran kemarin pegang duit 125 jt…Wlaupun sbenarnya ngiler banget dg zx25r..
    tp stelah mlalui banyak pertimbangan akhirnya duit sy belikan sawah d desa..hehehe

  9. Salah satu insight dari artikel ini adalah “jangan telat nikah”.
    Ada hikmah disaat usia ayah biker masih lumayan enerjik dan punya anak dg usia mulai matang dg antusiasme otomotif yg sama.

  10. apalagi dengan bandrol dibawah 120jt untuk yang SE kemungkinan laris nih motor di kalangan silent market. walaupun banyak yang sounding bakalan muncul cbr 400 atau r series dengan crossplane :).

  11. Saya termasuk kaum yang harus dengar misah misuh istri sama dengar omelan Collector tiap bulan om.
    Sementara ini Silent sambil nabung nunggu unit secondnya 1-2 tahun lagi.
    Gak mau mendang mending ini itu, saya suka ya berusaha beli.
    Biasanya kelas yang udah lumayan premium begini beli second dapat bonus part modif.
    Barangkali saya masuk bikers enthusiast ekonomi pas pasan.
    Maaf om curcol

  12. 1 lagi..motor di atas 250cc cenderung panassssssss…ga asik buat harian, udah gitu harganya ga bersahabat akibatnya beli cuma buat pajangan doang…bangga2an cuma buat wik en ga wot it ah bang leo

  13. Nah bener om, memantau calaon pembeli kelas ini gk pas kalau dari medsos, di medsos kebanyakan ribut mulu πŸ€¦β€β™‚οΈ, mending mobil seken, mocil, bahkan parkir di mall diributin 🀣.
    Silent class terutama di kota* kecil banyak. Mereka biasanya ada barang/liat barang cocok beli, nego pun basa basi 😁.

  14. Yg jelas targetnya juga bukan kaum halu,, yg jelas2 petinggi pabrikan sebelah bilang blm ada fokus mendatangkan 4 cyl 250, malah kekeh bilang pabrikan sebelah segera nyusul.. upss 🀭

  15. Sebagai kaum mendang mending, saya lebih menyarankan “belilah kalo ada uangnya, jangan memaksakan beli kalo nggak ada uangnya”. Wkwkwkwk.. mau 4 silinder 1000 cc harga under 50 jt belilah carry 1.0

  16. Lagi2 punya perspektif yg would never cross many people’s mind nie om leo. Dan juga lagi2 tepat. Nunggu review ride impression dari Regis yang juga kenal baik ninja 400.

  17. Ternyata ada yg mau d jual lg,Mas.. bisa jd dapet indent lebih dr 1 unit.. wehh.. barang blom keluar, tp dah mo d jual dgn SPK lgsg nama pembeli.. sugihh mennn..πŸ‘πŸ€²

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s