Ini 3 Moge Baru Yamaha Untuk Masuk Indonesia 2020. Berapa Harganya?

 

Yamaha ini tergolong salah satu pemain resmi moge yang mulai gebrakannya di 2013. Ketika itu baru Kawasaki yang resmi menghadirkan motor globalnya di Indonesia. Suzuki juga ada tapi seperti kurang serius. Honda belum mulai.

Dan lumayan moto-motor andalan Yamaha di market global mulai ramai di komunitas moge di tahun 2014-2015 ketika itu. Ada R1, R6, TMax, MT-09. MT-09 Tracer, VMAx.

Namun sayangnnya sejalan waktu Yamaha sepertinya kehilangan drive untuk mendatangkan lebih banyak lagi motor-motor globalnya yang justru laku banget di belahan bumi lain.

Padahal Yamaha Indonesia justru mendapat kepercayaan dan ditunjuk sebagai prinsipal yang memproduksi mesin MT-07 crossplane 2 silinder untuk kebutuhan global. Mesin CP2 ini yang kemudian dieksport ke Jepang untuk dirakit disana dan dijual menjadi beraneka kelas motor 700cc seperti MT-07. MT-07 Tracer, XSR-700, bahkan Tenere 700.

Khabar sangat kuat dari berbagai arah yang mengkonfirmasi akhirnya YAMAHA menggandeng 3 product andalan globalnya masuk ke Indonesia.

Apa saja?

1. New MT-09

Ini merupakan penerus Athena, motor MT-09 yang pernah saya pinang di AUstralia dan versi yang dimasukkan oleh Yamaha ke Indonesia.

MT09_01.jpg

New MT-09 lebih maju ketimbang versi MT-09 tahun 2014-2016. MT-09 sekarang diperlengkapi dengan traction control yang diturunkan dari MT-09 Tracer. Juga dengan suspensi depan yang lebih adjustable dan baik. Dan tidak kalah, respons throttle yang lebih mudah dikendalikan.

Pada tampilan, headlamp ala transformer, mud guard yang modular dan gagah serta sub-frame belakang yang lebih pendek.

IMG_6684

Motor ini sudah saya test ribuan km di Australia, dan ribuan km di Kalimantan, terbukti tangguh dan sangat cocok dengan medan Indonesia. Sangat enteng dan bertenaga.

MT-09 ini adalah motor terlaris kedua dari CBU Yamaha. Di Indonesia sudah terjual lebih dari 90 unit di tahun kedua dilaunchingnya.

2. MT-07

IMG_20141012_123843

NAHHHHHH ini dia salah satu motor 697cc baru paling garang dan macho di kelasnya. Yang pertama-pertama adalah dari suaranya. Meskipun hanya bersilinder dua, namun firing order 270′ intervalnya membuat raungan MT-07 ini mengganggu keseimbangan jiwa. Throaty dan garang banget. Efek lain adalah karakter mesin crossplane 2 silinder ini terasa lebih liar ketimbang twin silinder pada umumnya. Torsi MT-07 ini tiga kali lipat MT-25 dengan berat hanya 179 kg!

Saya saat itu sedang riding santai pulang dari MotoGP di Philip Island ketika disalip sekitar 8-10 rider MT-07… ya alamakkkk gagah banget suaranya. Mana posisi duduknya tegak begitu. MelelehΒ  Hayatiii banggg……

PAdahal saya sambil riding MT-10, dan harus saya akui, mereka tidak kalah perbawa dan gagahnya.

27545570_1604029309693698_7514834679149221190_nPosisi riding yang semi-motard serta suara cross-plane yang serak sangat distingtif sejak jauh. Semakin dekat semakin merusak kestabilan jiwa mereka yang berusaha untuk tidak noleh. Ini salah satu motor terlaris di UK versi MCN. Saya ga bisa bayangin akan seperti apa modif karya anak bangsa yang akan bikin motor ini tambah pecah galaknya.

 

3. New R1

Ini masih jadi motor flagshop sport Yamaha yang dicari-cari. Apalagi dengan beberapa peningkatan yang membuat motor ini lebih kompetitif di WSBK. Enough said.

DCIM104GOPRO

PRICING

nha ini hal yang tidak kalah penting. Meskipun sudah masuk kelas moge, orang pada kelas ini masih melihat value yang ditawarkan pada harga yang diminta. Apalagi produsen lain juga sudah bermain menawarkan alternatif pada kelas-kelas yang mirip.

Awalnya saya mendengar versi harga yang masih sangat bersahabat dan memikirkan serius pengembangan market (bukan sekedar margin). Seperti MT-07, motor yang dianggap paling value dan laku di kelasnya, akan dijual di harga di kisaran 180-200 juta. Harga ini tidak murah, namun dianggap masih kompetitif jika melihat rivalnya Kawasaki (kelas 650cc) dan Honda (kelas 500cc).

Begitu pula New MT-09 akan lebih mahal namun dalam kisaran harga 20% dari harga yang lama (Rp. 250 juta).

Namun seiring waktu, saya juga mendengar versi harga yang dianggap lebih ‘realistis’ dengan costing yang harus dihadapi Yamaha di 2020 ini. Misalnya untuk MT-07 konsumen mungkin harus merogoh saku lebih dalam karena harga MT-07 bisa mendekati harga MT-09 lama (250 jt, wahduhhh).

Saya berharap Yamaha lebih agresif dalam mengembangkan unit CBUnya di Indonesia, berinvestasi lebih besar, dan memberikan harga yang agresif terhadap kompetitor.

Jangan sampai motor2 Yanaha global yang laku dan dianggap sangat value, justru sulit bersaing dari segi harga di Indonesia.

 

 

31 thoughts on “Ini 3 Moge Baru Yamaha Untuk Masuk Indonesia 2020. Berapa Harganya?

  1. Syukurlah kalo harganya 200jutaan buat MT 07.
    Jadi ngga terlalu nyesek udah inden ZX25R.
    😁😁😁😁😁😁😁

  2. And finally Indonesian tax speaking πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Menurut saya yg mematikan potensi dan penetrasi market moge (merk apapun) d indonesia ya itu.

    Mau demo dibilang moge bukan kebutuhan pokok.

    Sebenarnya orang indo jg udah pada dewasa kok, yakin sekalipun ketika harga moge jd “murah” (misal nya hanya lebih mahal 10-50jt maksimal dr negara2 eropa, amrik, ato asia pasifik) orang2 indo masih akan pake jurus mending2 sbelum membeli, mending rumah dulu, mending mobil dulu, mending kawin dlu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.
    dan saya yakin dengan dibuat “murahnya” dan resminya harga moge akan menghindari moge2 ilegal yg g bayar pajak. Mending harga moge baru nya murahin, pajaknya tahunanya biarin aja tetep gede, lebih masuk akal.

    just a humble opininon from civil who blind about economic n laws

    CMIWW

  3. Belum kuat beli tapi barangnya inshaallah dah masuk n siap d beli. Alhamdulilahh. Mudah2an Alloh denger doa hambanya yg ngidam MT07 ini. Aamiinn.
    Bravo infonya Om Leo. Mantabs

  4. r6 baru nggak masuk2 om leo ? padahal itu pasti yg paling laku ke 2 setelah mt09/mt07 sih menurut saya wkwk.. saya suka heran dengan harga di indo ini, setiap brand harganya bisa beda banget, kecuali Ducati / MV dan merk2 exotic lainnya ya, mungkin mereka jual merk. bukannya tax yg dilalui bukannya sama aja ya? misal ambil contoh superbike di indo yg paling murah zx10r di angka 460an tapi r1, fireblade harga barunya bisa tembus 550+ itu yg jepangan, yg eropa malah lebih nggak masuk akal aka saya belum mampu belinya wkwk, Sistemnya gmn ya om, kesannya kalau dibandingkan dengan Kawak mereka agak overprice, dan di luar pun harga yg jejepangan kan bersaing tuh, naksir parah sama mt09 yg baru, coba harganya di kisaran z900 230-240 sih pasti laku keras

    • iya struktur costing tiap pabrikan di Indonesia memang beda2. YAmaha agak tinggi krn paket layanan yg ditawarkan ke pembeli cukup banyak, plus unit yg didatangkan terbatas.

  5. XSR 900 kenapa nggak di masukin πŸ˜… keren padahal tuh model buat di modif lagi , hanya bisa memimpikan saja XSR 900 Pake Alpine Wheel yang jari jari 🀀 aja doain bisa beli mogenya πŸ˜‹.

  6. Sayang banget Om R6 model barunya gak keluar yah..
    Dinegara lain uda kayak model “Robotic Look” likenya R1 dengan buntut aduhai disini masih model yg lama.. (yang lama tetap ganteng kok) wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s