Musim Banjir, Banyak Motor Bekas Terendam Banjir Dijual. Ini cara deteksinya.

Ngilu banget lihat foto/video banjir kemarin. Terutama jajaran motor-motor yang terendam hingga ke bagian stang. Simpati dan turut prihatin dari saya bagi rekan-rekan pemilik motor, terutama yang menjadikan motor sebagai alat pencari nafkah.

79096610_10157743335312731_3846328627306168320_n-001

 

Kalau saya yang punya hampir pasti patah arang dan feeling riding sudah berbeda, bahkan mungkin kepikiran untuk dijual. Biaya pembersihan dan perbaikan juga tidak murah-murah banget karena mesin, kelistrikan dan bodi terendam air kotor cukup lama.

Seorang pedagang motor kawasan Cipinang, Ghozali, sebagaimana dilansir Kompas.com (02/2015), mengakui mendapat banyak tawaran motor bekas banjir yang dijual oleh para pemilik selama musim hujan. Beberapa pemilik mengakui kendaraan-kendaraan tersebut bekas banjir, namun juga sejumlah pemilik tidak mengakui.

Ghozali mengatakan sebagai pedagang tentu ia harus melakukan pemeriksaan lebih detil untuk tahu kondisi/kerusakan sebenarnya akibat banjir. “Iyalah, kan pedagang harus perbaiki dulu. Lumayan juga, kalau sudah kena mesinnya, kita angkat tangan. Siap-siap rugi. Makanya, daripada risiko, palingan kita teliti dulu,”

Kalau ternyata memang bekas banjir, maka motor ditampung dengan harga beli yang rendah.

Apakah berarti motor bekas banjir ciri-cirinya = harga jual murah mas Leo?

Engga juga. Tidak bisa jadi patokan.

Masih di artikel yang sama, Agung Barata dari Saudara Motor menyatakan “Harga sama aja, kan sudah kita perbaiki, lama pula.”

Lalu bagaimana dong cara mengetahui motor bekas yang akan kita pinang pernah terendam banjir lama atau tidak.

Kedua pedagang menyatakan umumnya pemilik hanya membersihkan seadanya PLUS mengganti oli mesin. Sehingga ada beberapa jejak bekas kotoran/lumpur/pasir yang masih tersisa di sambungan bodi bagian dalam, sambungan kabel ataupun dek motor. Memang jadi agak repot karena harus random buka salah satu bagian body.

Suara mesin juga terdengar lebih kasar. Ini bisa akibat terendam banjir ataupun perawatan yang buruk, tapi sama aja, keduanya harus dihindari.

Indikasi lain adalah saklar motor yang seret akibat residu pasca banjir yang menghalangi kontak saklar.

Jadi dalam kondisi musim banjir seperti ini dan setelahnya, kita perlu ekstra hati-hati dalam membeli motor bekas banjir.

Lhoh mas Leo katanya simpati dengan pemilik motor yang terendam banjir, kok malah menulis artikel peringatan ini?

Ya karena saya juga simpati dengan rekan-rekan yang berpotensi membeli motor dengan kondisi bekas banjir yang tidak diketahui.

 

 

21 thoughts on “Musim Banjir, Banyak Motor Bekas Terendam Banjir Dijual. Ini cara deteksinya.

  1. Kok yg berteduh gk pda inisiatif pindahin motornya ke tempat lain sih begitu lihat air mulai genang? Hujan2 kuyup menurut sy gpp dripada harus motor yg kerendam. Pakai helm juga kan, setidaknya kepala tdk begitu basah. Apalagi klo ojek online, mungkin malah bisa pulang dlu, ngopi amgetin badan, ganti baju baru ngojek lagi. Seandainya kena jebak banjir saat jalan. Bukan sebelumnya psti lewat jalan yg gk kerendam? Brhenti saja, putar balik bukan diterabas.

    • kalau di daerah saya justru malah makin macet, banyak motor yang berteduh di halte, halaman toko orang, dan di bawah jembatan. tentunya motor diparkir di pinggir sampai tengah jalan dan hanya menyisakan 1 lajur saja

  2. Usahakan beli motor 2nd dr yg udah kenal orangnya n tau riwayat motornya saja.IMHO

    Tetep safety badan n safety motor saat hujan:

    1. Berteduh d bawah jln layang seminimal mgkin biar jalanan gak macet
    2. Saat ujan terlalu deras sebaiknya menepi dulu d tmpat aman, takut petir kalo ane sih
    3. Sopasti raincoat model top-bottom bukan betmen
    4. Selalu siapkan plastik bening tebal utk membungkus laptop, PB dll, n plastik kecil buat mbungkus HP, duit, slip setoran, dll saat musim hujan (bila gak pake box)
    5. Sy lebih pilih pake sepatu basah drpd sendal jepit
    6. Sy lebih mengutamakan kaca helm clear drpd dark/smoke saat musim hujan
    7. Maap kepanjangan om Leo😁

  3. Air, banjir sifatnya liquid. Kek duit. Datang pergi gak terasa. Gak direncanakan ehh… Ada rejeki lumayan datang. Lagi rencana belanja, lohh kok tinggal segini duitku? Asyem sekali kan?
    Itulah duit… Eh banjir a.k.a air

  4. ….ini hanya genangan, air yg antr dgn motor 2x itu kelelep ….. disalahkan pemilik gedung sekotar tidak banyak bikin sumur serapan ? …..perasaan setelah lebar jalan di embat sepihak blm ada imbal baliknya malah jalan jadi aliran air genangan ? Hallo

  5. simpati dgn motor yg ter’genang’ cai ujan dr langit 😊 tapi ampe se tinggi setang ….. akibat kurang seruskah? persiapan di waktu kemarau ..jatohnya dah takdir 😢

Leave a Reply to Dullah Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s