Welcome New NMax 155, Matic pertama yg “Connected” di kelasnya. Traction Control, Perlu?

Setelah mungkin kita pikir Yamaha sudah berada di zona nyaman, dengan laris manisnya Nmax dan Xmax di luar dan dalam negeri. Sore kemarin, setelah hampir 4 tahun, muncul gebrakan baru.

Yamaha lepaskan New NMax dengan beberapa feature baru dan ga terpikirkan oleh khalayak kayak sayah.

IMG_7467

 

Teknologi pertama yang dipresentasikan dengan sangat menarik adalah konsep β€œconnected” dimana NMax dilengkapi dengan CCU (Communication Control Unit) yang terkoneksi dengan aplikasi MyYamaha di mobile phone kita. Dengan aplikasi ini biker akan lebih terkoneksi dengan sepeda motornya. Melalui aplikasi rider bisa melakukan pengecekan secara mudah atas kondisi oli, aki, dan konsumsi bensin.

DSCF6094.JPG

CCU juga memungkinkan pengendara mengetahui last parking location (lokasi terakhir motor disconnected dg handphone), notifikasi sms atau telp (disarankan berhenti dan tidak mengendarai motor) dan notifikasi malfungsi.

DSCF6095

Muncul pertanyaan di Medsos: “mas feature connected ini ga guna, siapa yang butuh notifikasi hp di jalan?”

Saya butuh mas. Saya tidak selalu pakai packtalk. Saya butuh notif jika ada panggilan telpon dari rumah/ibu/kerjaan. Tentu tidak harus dijawab seketika. Tapi saya jadi tau harus respon ketika situasi memungkinkan. Tentu ikut aturan lalu lintas dan keselamatan ya.

Kondisi oli dan aki juga jadi pengingat yang membantu. Juga posisi parkir terakhir. Kalau saya lho.

Feature yang kedua, dari segi teknologi, Yamaha royal menanamkan feature traction control system pada motor yang dinyatakan bermesin baru ini. Apakah dibutuhkan? Menurut saya jika ada itu feature yang akan membantu. Kondisi spinning terjadi, saat torsi melebihi grip ban pada jalanan. Bisa dalam kondisi tikungan basah, ataupun berpasir.

Jika bro/sis belum pernah mengalami ini, bukan berarti tidak akan pernah terjadi.

Ah mas Leo, berapa besar sih torsi NMax? Kayak moge-moge aja.

Anda punya tenaga ga sampai 1 DK saja kalau jalan telanjang kaki di semen licin bisa kepleset kok. Kalau dikasi sepatu yg lebih ngegrip why not?

 

Perbedaan lain dengan NMax lama adalah pada air box yang lebih besar, kepala silinder yang baru dengan katup intake yang lebih besar serta menggunakan piston R15. New NMax juga sudah mengalami adjustment chassis untuk meningkatkan pembagian bobot antara suspensi depan dan belakang. Yamaha menjanjikan upgrade maneuverability pada New NMax ini.

 

Smoothness dan keeping up to date dengan feature kompetitor juga dilakukan dengan membenamkan feature SSS (Stop & start system) dan SMG (Smooth motor generator) untuk efsiensi bahan bakar dan kehalusan start mesin.

 

Saat ngobrol bersama mas Abidin GM YIMM, beliau menyampaikan dengan keluarnya new NMax ini bukan berarti existing NMax akan serta merta dihentikan produksinya.

 

Menurut saya ini berarti diversifikasi pasar, paling engga ya sementara:

  1. Existing NMax utk pasar yang belum membutuhkan keterbaruan dan teknologi. Mungkin dijual di harga terdiskon?
  2. New NMax utk market yang melek dan butuh teknologi

 

Pricing menurut saya jadi sangat crucial. Saat sessi tanya jawab, saya bertanya langsung kepada Board of Director, berapa harganya NMax, mengapa tidak diumumkan.

Pak Dion menjawab karena New NMax akan dilepas tahun 2020, Yamaha masih menunggu perhitungan hingga saat terakhir, termasuk pasca kenaikan BBN.

 

Nampak Yamaha lebih hati-hati dengan pricing New NMax ini dibandingkan WR ataupun XSR yang ceruk pasarnya memang lebih kecil. HARGA ADALAH KOENTJI.

 

Jadi gimana nih sob? Oh yes or oh no?

 

SPESIFIKASI ALL NEW NMAX 155 CONNECTED/ABS & ALL NEW NMAX 155 STANDARD

DIMENSI
P X L X T : 1.935mm X 740mm X 1160mm
JARAK SUMBU RODA: 1.340mm
JARAK TERENDAH KE TANAH: 124 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK: 765mm
BERAT ISI: 132 kg 130 kg (Tipe Standard)
KAPASITAS TANGKI BENSIN: 7,1 Liter

MESIN
TIPE MESIN: Liquid Cooled 4-stroke, SOHC,VVA Liquid Cooled 4-stroke, SOHC,VVA
JUMLAH/POSISI SILINDER: Single cylinder
DIAMETER X LANGKAH: 58 mm X 58,7mm
VOLUME SILINDER 155
PERBANDINGAN KOMPRESI 11.6 : 1
DAYA MAKSIMUM 11,3kW/8.000 rpm
TORSI MAKSIMUM 13,9 Nm/6.500rpm
SISTEM STARTER: Electric starter
SISTEM PELUMASAN: Wet Sump
KAPASITAS OLI MESIN 0,9 L (periodical change) 0,9 L (periodical change)
SISTEM BAHAN BAKAR: Fuel Injection
TIPE KOPLING: Single dry clutch
TIPE TRANSMISI: Automatic

RANGKA
TIPE RANGKA: Underbone
SUSPENSI DEPAN: Telescopic Telescopic
SUSPENSI BELAKANG: Unit Swing
BAN DEPAN 110/70-13M/C 48P
BAN BELAKANG 130/70-13M/C 63P
TIPE BAN Tubeless Tubeless
REM DEPAN Hydraulic Single Disc brake
REM BELAKANG Hydraulic Single Disc brake

KELISTRIKAN
SISTEM PENGAPIAN TCI
BATTERY YTZ6V
TIPE BUSI NGK/CPR8EA-9

71 thoughts on “Welcome New NMax 155, Matic pertama yg “Connected” di kelasnya. Traction Control, Perlu?

  1. Terlepas tidak perlu atau perlu TCS, tapi bagi Amateur Rider seperti saya, itu perlu mas, Kadang di jalan kan ora mesti mas, kadang safety riding, kadang yo PECICILAN, hahaha

    • Betul sekali bro, tcs itu fitur safety standar eropa, orang +62 itu memang lugu kali ya.. dikiranya tcs itu gimmick mungkin πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Dikasih pengaman ekstra malah dibilang ga penting…
      Ekekekek… tp ya tau sendiri orang sini… Ban standar yang sangat vital saja diganti ban cacing πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    • Starter pakai scan wajah ato sidik jari mungkin om, ato display speedometer gede yg bisa dialihfungsikan sebagai maps (jd ga perlu liat hp), hehehe

    • @Redline

      Waiya ini udah saya pikirkan dari tahun 2015

      Menghidupkan mesin dengan sidik jari atau pun scanning wajah sang pemilik. Jadi kalau mau nyolong auto ndas e mumet. Apalagi di tambah fitur pelacak sepeda motor jarak jauh. Ya semacam chip yg di tempelin di Bagian tertutup dari pandangan mata dan terkoneksi dengan HP. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    • Logikanya sblm pake helm scan wajah dulu om, kalo mau yg lebih canggih ya scan iris mata om (jg ga perlu lepas helm ato balaclava) , tp mahal skali kalo pake itu, sekelas moge harusnya perlu sih itu, tp sekelas pabrikan bmw yg terkenal dg kecanggihan elektronik ya aja blm pake ya hehe

  2. “Anda punya tenaga ga sampai 1 DK saja kalau jalan telanjang kaki di semen licin bisa kepleset kok. Kalau dikasi sepatu yg lebih ngegrip why not?”

    Tepat sekali buat ngejawab si ngeyel…. hahahha

  3. Yes or No? Belum tau sy om. Tergantung harganya berapa? Tergantung nanti pas test ride, enak apa enggak? Suspensinya gimana? Handlingnya gimana? Power sama kayak Nmax lama atau jadi lemot kayak … ups “sensor”.

  4. kalau buat saya sih fitur TCS mungkin ga terlalu terpakai, karena memang betul yang diperlukan adalah “sepatu” yang lebih ngegrip (menurut saya TCS bukanlah analogi sepatu dalam hal ini).

    yang anehnya, kenapa fitur keyless cuman ada di seri ABS?

    • oh iya, untuk harga (melihat harga kompetitor) saya rasa untuk versi biasa ada di 28,499,000.
      yang ABS perkiraan akan diatas PCX ABS

    • Setuju, dari segi fitur jomplang banget antara versi standart dengan ABS. Minimal semuanya harus keyless lah. Atau bikin lagi 1 varian di tengah2 (udah keyless + connected, tapi belum abs-tcs)

    • Betul justru matic lebih sering spinning bahkan di jalan kering dan bebatuan apalagi jalan licin

  5. Pingback: Teknologi bisa konek smartphone, y-connect Yamaha NMAX itu mubazir, nggak secanggih punya TVS | Mengupas soal motor

    • Rasanya kemungkinan Itu ada. walaupun target marketnya beda, tp Sepupuan ga boleh tampol2an yaah.. Dan yahama ga mau itu..

    • To om Leo:

      Semoga saja om, kalau saya pribadi sih harapan untuk AEROX facelift nanti selain pakai mesin baru ini yakni:

      1. setang telanjang
      2. kapasitas tangki bbm lebih besar
      3. pelek tetap 14 inci
      4. urusan shock breaker mau mono atau dual sih terserah ya, saya yakin insinyur YIMM lebih jago dalam menentukan yang terbaik

      serta tetap mempertahankan fitur AEROX first gen, apalagi kalau bisa kembali jadi sepeda motor dengar power to weight ratio terbaik seperti AEROX first gen, dengan harga lebih murah dari all new NMAX MY 2.020 versi standar jelas calon AEROX facelift bakal killer banget imo.

    • Oh ya. Sebelum itu ada All New MIO Gear dulu bln Maret nanti. Ada kejutan menarik lg, Bro2. But ngk ada versi Street kyk tetangga sebelah ya πŸ™‚

  6. Saya pake sendal swallow om…. ga demen sepatuan…. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

  7. Aku sih yess…kayaknya pas banget buat saya, pakbapak penghobby touring dg bb hanya 90kg 🀣🀣🀣 mudah2an harganya gak amsyong.

    Mudah2an laku keras, biar tambah seru persaingannya dg merk sebelah shg bs menjadi trigger lahirnya motor2 yg lebih yahud😊. Dinantikan review n impresi berkendaranya ya Om Leo. Ajibs

  8. Lampu depan kaya slah satu karakter transformer..
    Apakah fitur conected ini bisa untuk immobiliser dr smartphone? Atau ada walkietalky untuk komunikasi dengan boncenger? Menurut saya itu penting krn kita ga perlu lagi pasang alarm,lebih aman di jalan jika ada hal yg tidak diinginkan. Walkie talky bisa memonitor boncemger agar selalu terjaga(atau sebaliknya),khusunsya ktika boncengin anak kecil.

  9. Akinya 6A ? …..sedang lexi 7A …kenapa lexi lbh besar sedang new nmax lbh banyak kebutuhan strumnya, ada yg bisa jawab ……

    • nah yg jadi consern kan masih banyakan yg “pengin” daripada yg “suka” (walopun saya gak ada datanya), gan. Setidaknya bikin Nmax Non ABS dengan keyless sunat fitur macam TCS, Y-connect, shock tabung dilengserkan. Pasti lebih laris dibanding ABS, apa Yamaha bakal pede jual Nmax ABSnya bakal lebih laris dari non ABS. I don’t think so because some people still thinking about “mending ini mending itu” πŸ˜€

  10. Betul om ABS dan TC yg dianggap sebagian orang ga perlu di motor CC kecil itu penting bahkan sangat penting,,

    Pernah ngalamin di kecepatan 40 km/h ban depan ngunci gara” panic brake hampir ndlosor dan hampir disosor truck dari belakang. (Pentingnya ABS bahkan di motor CC kecil dan kecepatan rendah sekali pun).

    Pernah juga lagi high speed hampir jatoh gara” nginjek marja jalan bus way yg warna merah pas ujan itu licin banget. (Lagi” fitur TC di motor CC kecil pun sangat perlu).

    Heran aja sama orang yg dikasih fitur keselamatan lebih kok malah pada nyinyir πŸ˜ͺ

  11. Abs dan TC perlu kalau aplikasinya betul, nanti liat laporan yang sudah pakai dulu apakah beneran bekerja atau cuma fitur tempelan yang mesti dibayar konsumen…analogi kurang grip bisa juga karena faktor ban yang memang licin atau sudah botak….coba aja pakai sandal jepit yang sudah aus di lantai licin ya mending telanjang kaki sekalian…mungkin lebih pas kalau TC ini otak tambahan buat ngontrol kaki supaya lekas nyagak biar gak kepleset.

  12. Ijin urun rembug om leo,

    TC dan ABS dual chanel ini kalo dianalogikan seperti penggunaan multi gear pada sepeda..Bagi sebagian orang yang sudah punya sepeda bilang saya pake single gear depan belakang sudah oke kok, nanjak kuat-kuat aja dsb.. Bagi sebagian orang, wah saya perlu banyak gear buat disesuaikan medannya.. Bagi sebagian lagi yang sudah advance bilang, ini bukan soal kuat ga kuat tapi bagaimana kita bisa efisien..mengeluarkan tenaga sekecil mungkin untuk mencapai jarak yang maksimal.

    Ada 3 alasan mengapa menolak penggunaan multigear:
    1. Kakinya kuat dan terlatih
    2. Sudah punya sepeda single gear depan belakang
    3. Pecinta sepeda single gear depan belakang

    Seperti juga kasus ACG produk AHM waktu awal keluar, alasan menolak adalah
    1. Telinganya sudah kuat dan terlatih
    2. Sudah punya motor yang ga ber ACG atau sejenisnya
    3. Pecinta suara kencang pada starter

  13. karna sudah fully connected mungkin ada fitur yg bisa ditambahin kedepannya. tire pressure control. walaupun sepertinya sepele tapi ini penting. di mobil entry level saja skrg sudah mulai banyak dibenamkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s