Gagalnya Helm Melindungi Wajah Pesepeda Saat Accident

Ini sudah kesekian kalinya beberapa orang yang saya kenal mengalami kecelakaan serius pada wajah akibat gagalnya helm melindungi area depan pesepeda.

Yang terakhir adalah teman yang wajahnya menghantam mobil yang mendadak memotong sehingga harus operasi rongga hidung untuk menghentikan pendarahan dan gangguan pernapasan.

Mountain bike endo

Sebelumnya teman yang lain mendarat dengan wajah nggasruk aspal akibat roda depan clipped di celah sempit. Ia beruntung mata tidak mengalami cedera serius, namun hidung bibir dan gigi penuh darah kental.

Saya tahulah helm sepeda (kecuali MTB. downhill yang full face) itu harus:

  1. ringan,
  2. aerodinamis
  3. keren, dan kalau bisa;
  4. mahal

Tapi apakah helm pesepeda benar-benar berfungsi melindungi area wajah dan titik vital lain di kepala?

Sepeda terutama roadbike bisa mencapai kecepatan yang sama tingginya dengan sepeda motor pada kecepatan dalam kota.

Saya yang bukan pesepeda serius saja rata-rata 22 km/jam dengan roadbike. Maksimal pernah 34 km/jam walau sebentar bgt. Lah apalagi yang serius. Kecepatan diatas 40km sdh biasa.

Taruh deh kecepatan 35 km/jam itu setara dengan wajah kita melesat sejauh 9,7 meter per detik. Bayangkan pada kecepatan seperti itu wajah kita menghantam/menggeser titik stasioner.

Seorang ahli bedah otak dari Inggris, Dr. Henry Marsh, dari St. George’s Hospital London menyatakan, menggunakan helm membuat pesepeda merasa lebih aman, dan berani mengambil resiko. Padahal helm sepeda hanya melindungi kepala bagian atas, sementara sisi lain terbuka. Sehingga pada banyak kejadian helm gagal berfungsi, bahkan ia bilang “pointless”.

Bahkan 3 bulan terakhir ini saja cukup banyak kasus pesepeda profesional dalam lomba meninggal setelah kecelakaan akibat cedera kepala (Bjorg Lambrecht, Giovanni Iannelli).

Bro dan Sis juga tentu ingat bagaimana Nick Hayden, juara dunia MotoGP meninggal akibat kecelakaan saat bersepeda.

Maksud mas Leo, udah ga usah pakai helm saja gitu?

Jelas bukan, saya berpikir dengan sebegitu besar uang yang berputar di industri sepeda, baik utk keperluan kompetisi, sport, kesehatan, rekreasi dll, dan dengan harga yang engga murah-murah juga, kenapa sih tidak ada pengembangan lebih revolusioner utk helm yang lebih safe bagi pesepeda?

 

 

 

43 thoughts on “Gagalnya Helm Melindungi Wajah Pesepeda Saat Accident

  1. Seperti kejadian nicky hayden y om leo… Sepertinya helm untuk pesepeda dan body protector wajib.. walau untuk awalnya bakalan dikira lebay 😁

  2. Kalo utk balap di aspal helm sepeda mmg kurang lebih fungsinya sbg penambah aerodinamika, bentuknya kan mirip tetesan air..

    tapi kalo buat trabasan atau downhill, krn gak terlalu perlu aerodinamika, mending pakai helm trail atau helm cakil.. Lebih pas dan aman.. lengkap dg body protector spt saat pakai motor trail

    CMIIW

    • justru kasus yang fatal seperti Hayden, atau kedua teman saya itu dg roadbike di jalanan aspal mas. Kecelakan lebih fatal krn di jalan aspal dengan kecepatan tinggi.

  3. Pengembangan fokusnya sih melindungi tempurung kepala sih…
    Tp memang saat bersepeda perlu fokus yg tinggi juga.. apalagi kalau mau main speed..
    Lebih baik main di cfd sambil liat yg joging2 cantik

  4. Kalau dulu sepeda buat harian,larinya juga gk kenceng,jadi ya tanpa helm,apalagi anak2 yg pakai,malah kadang tanpa rem atau pake rem sendal 🤣

    Kalau sekarang kan banyak yg pakai sepeda karena “hoby”,harga sepedanya juga ada yg lebih mahal dari motor,sepeda bisa dikayuh lebih ringan & kencang
    Kalau yg untuk off road/down hill biasanya sih sudah pakai full face
    Oh ya lomba balap sepeda kan helmnya pakae helm catok juga ya ? Padahal kenceng tuh larinya

  5. Klo sy lihat Olahraga xtreeme sepeda si pada pke helm fullface tanpa visor, atau helm Cross n pelindung lengkap lainnya.
    Sebut saja Xgames, Bmx Big Air.
    Harusnya semua menggunakan ini si.
    Tapi mungkin sj, untuk balap sepeda. Itu pelindung hanya mengurangi kelincahan si rider untuk berakselerasi 😳
    Mknya bnyak ane lihat, balapan sepeda cuma pke pkean ketat, helm kecil itu.

  6. Ngeri juga ya, btw Kecepatan spd mtb ku max 32kpj itupun jalanan agak turun (aspal) kalo datar avg 20-25kpj (masih aspal), kalo off road 15kpj max, kalo nanjak bisa lebih pelan lg… Dan gak kebayang pake helm fullface… 😀

  7. Waduhh, gmn ini..bru mo mulai sepedahan lgi nih om, ga prnah kebut jg sih klo bwa speda pling di 10-20 km/h, tpi y klo jatuh nyuksruk g pke pelindung helm kan lmayan jg sakitnya!..haha…

  8. Menurut saya lebih baik pakai helm yang biasanya saya pakai saat bawa sepeda motor, lebih kuat dan lebih aman, ada kacanya pula, jadi wajah gak kena debu jalanan langsung.

  9. btw artikelnya dobel ya? ijin kopas komen yg nyasar hehe.
    betul om. helm sepeda memang harus dibuat seringan mungkin tapi imbasnya hanya melindungi bagian atas saja. sedangkan facial terkespose. mungkin amannya pakai helm bmx atau downhill yg secara fisik mirip helm motor cross. tapi ya tentunya harus ditebus dengan harga yg lumayan (termurah 900ribuan) dan juga mengurangi kepraktisan bersepeda. kl gw sendiri baru mampu gowes 20kpj saja. itupun jarang. lebih sering santai. jd masih amanlah pakai yg konvensional. alternatifnya pakai masker airsoftgun om. tapi ya nanti otomatis jadi perhatian orang . nanti komennya “hilih cuma gowes dikomplek aja lebay bingits” wkwkwk padahal buat keselamatan muka sendiri

  10. Mohon ijin ndak helm an dulu Om Leo😁 tapi pake caping lebih penting

    Lha wong larinya cm 3 kpj saja pake Pit onthel Fongers NIK 1923 😊😊😊 tp kalo eventnya agak kenceng ya helm WAJIB dongs

  11. Banyakan lebay sih, merk bla bla bla bla,aerodinamis bla bla

    Padahal pake helm vario gen 1 ja dah ringan ,kuat , shape mirip tetesan air, modular

  12. Saya setuju dengan tulisan yg dibold. Helm yg bentuk nya menurut saya paling melindungi kepala seperti helm biasa buat main bmx atau skateboard masih belum maksimal.

  13. Kalau saya pribadi Selama blm ada helm yg proper melindungi kepala(fullface) untuk penggunaan di jalan aspal dengan harga yg masuk akal. Mending gk pake helm sekalian..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s