Kesan Marquez test ride CBR1000RR-R: “Wow, ini beneran street bike?”

Honda menghadirkan CBR1000RR-R Fireblade yang speknya bikin geger pencinta balap WSBK. Langsung digadang sebagai contender berat juara dunia 2020. Dengan bore x stroke yang sama dg RCV213V-S dan tenaga 215Hp, CBR menjadi motor terpowerful  setelah Panigale V4R.

Mungkin ada yg bilang “ah itu kan speknya mas, real performanya di sirkuit bgmn?”

Lah ya mestinya baguslah, untuk pastinya kita simak saja komentar Marquez yang langsung jajal sendiri CBR baru kepada MCN.

Screenshot 2019-11-12 at 7.39.47 am

“Impressi pertama saya adalah pada tenaga. Saya sampai berpikir, wow, ini beneran street bike? karena bahkan di sirkuit saja, kita bisa rasakan perbedaan tenaganya”

“Hal berikutnya yang saya perhatikan adalah meskipun ini street bike dengan street tyres,  bukan ban spek balap, tapi stabilitas motor ini saat cornering sangat luar biasa. Mungkin ini karena komponen baru aerodinamik yang sangat baik. Jadi meskipun tenaganya kuat, namun stabilitas motor tetap mengesankan”.

“Anda bisa rasakan perbedaan new wing saat berkecepatan tinggi. Saat keluar tikungan, feature anti-wheelie bekerja menjaga roda depan tetap di aspal. Hal yang sama juga bisa anda rasakan  saat tikungan berkecepatan tinggi dan ketika top speed.”

“Ketika anda punya settingan aerodynamic yang baik di MotoGP, anda bisa dengan maksimal membuka gas dengan keyakinan motor akan nurut mengikuti line balap kita, Dengan Fireblade (CBR) ini, saya bisa melakukan hal yang sama.”

Screenshot 2019-11-12 at 7.50.20 am.png

Marquez juga terkesan dengan freedom yang ditawarkan oleh feature elektronik baru CBR.

“Di MotoGP tentu saya bisa eksplore habis2an tenaga tapi tetap aman karena elektronik memberikan saya kontrol penuh atas motor. Pada CBR ini, meskipun saya menggunakan safest mode, elektronik memotong tenaga secara halus. Pada umumnya pada saat kita bermain sangat agresif, elektronik akan juga akan memotong tenaga secara agresif, dan ini akan menimbulkan “movement” yang tidak halus pada motor”

“Namun pada CBR ini saya masih bisa tetap sliding secara halus. Ini oke banget, karena saya masih bisa tetap mempertahankan driting untuk keperluan foto, namun tetap merasa aman”

Mengingat sebagaian besar sirkuit mengandalkan high speed cornering (salah satu sebab Rea dan ZX10RR dominan diatas Ducati) feature yang disampaikan Marquez nampaknya akan bisa membuat CBR jadi motor juara. Tergantung bgmn rider bisa menyatu dan memaksimalkan kelebihan CBR.

Ducati, Yamaha dan Kawasaki, beware!

Screenshot 2019-11-12 at 7.51.20 am.jpg

photo: MCN

24 thoughts on “Kesan Marquez test ride CBR1000RR-R: “Wow, ini beneran street bike?”

  1. Tapi ini yang komentar adalah marquez. Satu satunya rider yang bisa tetap “enak” naik RCV213 saat lorenzo dan crutchlow keteteran. mungkin kalau yang komentar begini adalah crutchlow, akan lebih mewakili pembalap rata rata.

    • hmmm good point, tapi ini CBR mas, motor jalan raya produksi massal. Developmentnya ga spesifik hanya utk satu rider. Saya duga, rider lain feedbacknya juga akan positif.

    • Cuman ntar komennya cal malah gk baik buat produk massal, maksudnya gak masuk bahasa marketingnya krn terlalu jujur wkwkwkwk
      Tp ane rasa impresinya emang mantep nih motor, setidaknya dibandingkan versi sebelumnya..

    • Mnrt saya sih mas. pembalap sekaliber MM mrnt saya punya kapasitas sahih utk mereview motor sesuai dg kapasitas/konfigurasi yang berbeda.

      CBR enak buat dia ya memang dalam konteks CBR yang I4 dan streetbike.

    • JL aja yg ke wsbk, kayake mantap yaaa, mesin Inline 4.. ya ini cuma imajinasi liar aja sih.. lebih liar lg kalo mm93 yg turun balap (setelah udah jurdun motogp 11-12 kali udah cukup).. rea (also kawasika) keder mgkn ya

  2. Belum tentu kenceng nih motor disirkuit…

    Kalo saya yang nunggang🤣🤣🤣

    Masih di tunggu tips n trik nya saat touring jauh om, termasuk bgmn mengatur nafasnya juga dan hal2 kecil lainnya yg mgkin terlewatkan.

    Lanjutkan berbagi ilmunya Om Leo n Mas Regis. Gaspoollll😎.
    Kamsia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s