CBR1000RR-R edisi 2020: Jawaban Serius Honda untuk WSBK

Terakhir kali Honda memenangkan juara dunia WSBK adalah tahun 2007. Setelah itu gelar beralih pada pabrikan lain, dan orang bertanya-tanya setiap kali balap: dimana Honda?

CBR1000RR memang berbeda dengan supersport 1000cc lain. CBR diracik dengan orientasi lebih pada comfort sport riding. Ini sebabnya CBR memilki horsepower yang kalah tinggi, tapi lebih managable dan tergunakan utk kebutuhan sehari-hari menurut Honda. Persentase performa CBR yang bisa dipakai lebih tinggi ketimbang rivalnya. Wajar kemudian pada saat dipakai spesifik di balapan, CBR sulit sundul2an di baris depan.

2020 mungkin akan lain ceritanya. There is a new CBR, and it’s looking like a completely different bike in terms of performance.

Mulai dari fakta sederhana tapi penting saja. Tenaga CBR baru melesat menjadi 215 HP dari sebelumnya hanya 189HP (paling rendah dibanding sportbike 1000cc lain),.

Kok bisa melonjak tinggi om, sampai 26 HP?

Karena ini mesin baru. Apa aja?

  • Pilihan ultra short bore yang sama dg RC213V-S (81 x 48.5mm) sementara yang lama 76 x 55mm. Ukuran borenya sama dg Ducati V4R (217 HP).
  • Sisi atas mesin, menggunakan cam dan gear train yang baru (patent pending). Cam DLC (diamond-like coating) diclaim sanggup mengurangi friksi saat pembakaran dan meningkatkan daya tahan,
  • Sisi bawah ruang pembakaran juga ditingkatkan, Con rod sekarang diperkuat dengan titaniun alloy dan piston skirts dengan lapis teflon.
  • Pembenahan air intake menjiplak teknologi RCV untuk memastikan pasokan udara ke paru2 pada RPM tinggi maksimal.
  • Sistem knalpot baru yang dikembangkan oleh ….. (lihat penampakannya taraaa…) tentu saja Akrapovic. Ini utk memaksimalkan perubahan di ruang bakar dan aturan Euro 5. Ada penambahan berat krn aturan Euro ini sebanyak 6 kg. Kebayang kan utk kebutuhan balap kelebihan bobot itu dipangkas.

Honda CBR1000RR-R Fireblade front right red

  • Swing arm dan wheelbase CBR baru ini diperpanjang totalnya sampai 48mm untuk memastikan stabilitas akibat tenaga baru ini. Sementara itu posisi crank dirubah posisinya untuk memastikan cornering speed tinggi lebih mudah.
  • CBR juga mengadaptasi ‘inner fairing winglets’ dari RC213V untuk mendapatkan downforce yang dibutuhkan di track berkecepatan tinggi. Honda menghitung CBR1000RR baru ini adalah motor paling aerodinamis di jajaran WSBK 2020, dengan drag coeficient hanya 0.270.

 

Kesimpulan:

New CBR1000RR-R punya spek yang jauh berbeda dari CBR yang ada sekarang. Para kompetitor pantas untuk waspada. Apalagi ada Alvaro Bautista di kubu Honda tahun depan. Tunggu launchingnya di EICMA bulan ini.

Congrats Honda, well done!

Competitor, beware!

37 thoughts on “CBR1000RR-R edisi 2020: Jawaban Serius Honda untuk WSBK

  1. Emm dari beberapa fitur, si cbr malah lebih “prototype” daripada rcv ya? 🤣🤣 steering damper dan suspensi elektronik

    • ZX10RR penyesuaiannya bertahap, tiap berapa tahun. CBR jadi loncat jauh, krn selama ini lebih road oriented + sekarang adopsi teknologi RCV

  2. Klo udah kayak gini pabrikan jd berlomba2 buat bikin motor2 “semi prototipe” buat balap WSBK yg sekaligus jd ato g terlalu banyak d utak atik . Klo dlu g salah ada yg ngomong bahwa motor2 d WSBK adalah superbike2 yg mendapatkan “heavy modification” sehingga sudah “tidak berbekas” keaslian dr superbike tersebut CMIIW

  3. Mukanya ada yg bilang kek cbr600 ada yg bilang mlh kyk GSX 150R. Tp mnurutku cenderung lbh kyk GSX 😅
    Powernya diatas ZX10R dibawah Ducati V4R y om.

  4. Saking seriusnya di area mesin dan sasis, model dan desainnya jadi kelihatan biasa aja. Bagus dan saya yakin banyak yang suka, tapi ya biasa aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s