Mengapa PWR itu penting tapi agak terabaikan

Jumpa lagi bro dan sis dengan saya Regis. Kali ini saya pingin cerita dikit tentang seluk-beluk PWR (power-to-weight ratio). Kebetulan minggu lalu saya diundang Yamaha untuk hadir di workshop PWR dan safety riding. Workshopnya menarik, ga hanya teori tapi juga ada prakteknya. Simak aja ya…

Ok jadi PWR itu adalah Power-to-weight ratio atau rasio antar tenaga dan berat.

Bagi orang banyak, konsep PWR itu masih asing. Mungkin konsepnya tidak masuk ke pertimbangan para konsumen sebelum membeli motor. Pertimbangan yang paling sering dipikirkan oleh banyak konsumen menurut saya masih desain dan berapa cc motor tersebut.

Karena sia-sia kalau motor sudah keren, power gede, tapi PWRnya tidak seimbang.

Padahal PWR itu adalah salah satu aspek terpenting. Mengapa? karena PWR menentukan seberapa seimbangnya rasio power terhadap berat motor. Tidak seimbangnya PWR bisa memunculkan beberapa kendala di bagian handling dan akslerasi motor.

Meskipun power besar sebagaimana tertera di brosur, namun jika motor juga terlalu berat, maka akselerasi akan terasa lambat saat berada di lalu lintas melintasi kemacetan. Kalah dg motor yg powernya lebih rendah, tapi PWRnya seimbang.

Rumusnya adalah semakin dekat PWR sebuah motor ke angka 1, itu artinya berat dan power motor makin seimbang.

Contohnya untuk segmen MAXI Yamaha yang PWRnya paling mendekati 1 adalah Aerox. Meskipun menggunakan mesin 155cc yang sama dengan NMAX, berat Aerox yang jauh lebih ringan memberi PWR Aerox yang lebih superior.

Sebagai contoh di real world, kami diberi kesempatan untuk mencoba motor Aerox yang bagasinya kosong dan sudah diisi dengan berat 19kg. Motor diisi 3 barbel, dan satu kantong penuh beras. Ini dibuat sedemikian rupa agar mereplikakan bagaimana PRW itu penting dalam segi handling dan tenaga motor.

IMG_9766.JPGIMG_9765.JPG

Setelah menunggu giliran, akhirnya waktu saya untuk mencoba dan saya mencoba motor yang diberi pemberat terlebih dulu.

Langsung saja saya merasakan bahwa motor rasanya ingin membuang keluar setiap kali mau belok. Belum lagi saat mencoba mengerem motor saat mau masuk tikungan, motor hanya ingin tetap maju dan berhentinya lebih susah. Hal ini pastinya bisa mempengaruhi umur kampas dan piringan rem. Saya bayangin gimana kalau motor dari pabrikannya sudah seberat ini, belum berat bagasi tambahan, tuh motor jadinya berat gan.

Saya diberi 2 lap mengitari treknya, setelah selesai, berat di dalam motor diturunkan dan saya gas lagi. Wahhhh….. akselerasi motor lebih kerasa, nikung lebih precise sehingga bisa pede dan saat ngerem itu jarak yang dibutuhkan untuk berhenti jauh lebih dekat.

Nah PWR ini penting untuk motor-motor yang dibuat sesuai kebutuhan. Ada alasan mengapa NMAX lebih berat daripada Aerox. Salah satunya untuk memberi ride yang lebih stabil untuk jarak jauh. Segmen-segmen MAXI dari Yamaha dibuat sedemikian rupa agar menyesuakan dengan kebutuhan-kebutuhan yang berbeda dari konsumen.

Sekian dulu Bro dan Sis itu catatan dari saya tentang PWR, semoga membawa manfaat.

Saya ingin berterimakasih kepada Yamaha yang sudah memberikan kesempatan ke saya untuk datang ke workshop ini.

Mungkin aspek PWR bisa jadi pertimbangan lain kali bro dan sis ingin test atau beli motor.

80 thoughts on “Mengapa PWR itu penting tapi agak terabaikan

    • Aerox (14.96PS / 116kg) = 0.129PS/kg
      Nmax (15.1PS / 127kg) = 0.118PS/kg
      kira² artinya butuh sekian PS untuk “mengangkut” beban 1kg

      kalau saya lebih suka dibalik hitungnya
      Aerox (116kg / 14.96PS) = 7.75kg/PS
      Nmax (127kg / 15.1PS) = 8.4kg/PS
      kira² artinya 1PS bisa untuk “mengangkut” sekian kg.
      jika 1 PS (atau satuan daya lainnya) “load” / bebannya lebih kecil, berarti tenaga motor lebih sedikit yang terbuang karena beban mati.

      contoh lain:
      YZF-R25 (166kg / 36PS) = 4.61kg/PS
      CBR250RR (165kg / 38.7PS) = 4.26kg/PS
      berarti beban mati CBR250RR lebih sedikit dari YZF-R25

  1. Abai karena motor dibeli bukan “khusus” untuk satu orang. Misal dalam contoh diatas diberi beban 19kg. Bung regis BB brp? Total PWR brp? Konsumen ada yg besar ,medium, atau bahkan kurus.Belum lg klo bicara sesuai kebutuhan,jelas nanti buat boncengan atau bawa barang. PWR berpengaruh besar ketika motor dibuat untuk balapan dan motor tsb dibuat khusus untuk pembalapnya minimal dg bobot rider yg sama. PWR pabrikan biasanya dihitung smp crankcase bukan smp roda belakang(akan berkurang banyak). Yg jelas motor harian bawa beban sesuai rekomen pabrik, sehingga dampak dari PWR yg dibuat oleh pabrikan tidak sia”. Sparepart pun akan lebih awet dan motor lebih mudah dikendalikan.

    • Jika hanya utk beban tambahan 19 kg saja perbedaan PWR terhadap handling sangat terasa, apalagi lagi kalau tambahan bobotnya lebih besar.

      Jadi conttoh yg bro ajukan saya kira linear dg penjelasan ttg PWR.

      Leopold

    • Gini lah coxx,Bobot kau 65kg. .naik motor yg PWR mndekati seimbang sama naik motor yg PWR nya jauh dr seimbang,kira2 enak naik yg mana?

  2. sip, gue sangat suka karakternya aerox ini, satu2nya scooter dengan feel motor sport, sekaligus yg terkencang di kelas 150cc, untuk nikung2 rebahan pede aja, meski masih pake ban standar, bensin juga bisa 1 / 40 dengan pertalite, bagasi besar, motor yg nyaris sempurna

    • Nmax sy rata2 45km/liter…rute jalanan macet kota surabaya
      Klo buat luar kota d atas 50km/liter..smua masih standar pabrik.

    • hahaha itu jg si, versi 250cc nya lom ada, sama monoshock nya yg hrs dikasi utk next gen aerox nantinya, selebihnya no complain (kebetulan lagi ada dagangan Aerox S juga ini)

    • Mantap, ingin saya untuk update Aerox di masa depan bakal pakai setang telanjang dan mungkin seperti kata om Leo ada versi yg pakai mesin seperti XMAX.

    • emm ada 1 sih yg notable om. rem tromol belakangnya yaaa begitulah yg udah pernah nyoba hehe

  3. Ternyata semua ada perhitungan nya, kami lah yang perlu di edukasi untuk agar lebih faham kendaraan sampai detail biar ga ada judge terhadap satu produk,

  4. Saya lebih menyoroti kepada kolaborasi artikelnya. Menurut saya bagus ini jadi ketika babang Leo off g nulis artikel, bung Regis yg ngisi. Jd setiap saya buka blog ini selalu ada berita baru, g cuman PHP. ini PWR content blog yg seimbang menurut saya hehehehehe

    Btw, nice artikel bung Regis thanks for the new knowledge

  5. Hmm. Kalo saya sih tiap naik motor kalo bensin udah tinggal dikit tarikan jadi lebih ringan (terutama motor batangan), pengaruh juga kayanya ya.

    Sering juga liat bocah2 belum cukup umur naik motor2 matic padahal udah bonceng dua bawanya sruntulan, karena PWR nya masih termasuk ringan ya Om.

    • kalau bicara motor dengan tanki sampai belasan liter, bisa saja ya perbedaan antara full tank dan bensin sisa sedikit terasa.

      Kalau utk matic bawanya seruntulan saya kira selain faktor bobot, juga karena wheelbase yang pendek membuat matic lebih lincah (atau seruntulan)

  6. apakah PWR juga ada pengaruh dari distribusi berat kendaraan tsb jg om? misal kalau tangki terisi full ternyata bikin posisi motor cenderung rendah dibelakang bukannya tetap sama rata

    • Lebih ngaruh keseimbangan motor, seperti kata @martin. Kalau motor bebek mungkin ndak seberapa terasa karena posisi tangki di tengah dibanding motor sport tangkinya agak ke depan. Motorsport dgn tangki full maka distribusi bobot lebih banyak ke depan, CoG pun sedikit geser, tangki kosong CoG juga beda.

  7. Mau tanya nih, kan tangki bbm aerox 155 kapasitas nya kecil, di olshop tuh ada tangki modifikasi yang kapasitas nya lebih besar 2X kapasitas tangki standar Aerox 155, jika dipasang trus diisi bbm full tank, akan mempengaruhi PWR secara signifikan ga ya Mas Leo /Bung Regis? Terutama berpengaruh di CoG nya mungkin?

  8. Bobot saya cuma 50-52 kg om,bisa irit tapi gk bisa ngebut 😂
    Kalau bawa barang dibagasi atau di tas masih gk seberapa berpengaruh ke handling,tapi kalau boncengan kerasa bener bedanya 😂

  9. Dulu beli Aerox karna suka aja sama designnya dan gak terlalu besar. Berasa enteng juga kalo makai. Baru tahu ada PWR ini. Good lah! Makin seneng bisa beli Aerox!

  10. Mungkin PWR juga yang jadi rahasia kenapa motor Aerox gila banget. Nyaman dan enteng meski badannya termasuk bongsor. Gak ada tandingannya dah emang motor ini

  11. Hiaaaa, jadi pengen beli Aerox deh kalau begini ceritanya. Emang sih kalau bawa Aerox beda aja gitu. Dibuat nikung, pas ngerem. Justru kerasa bedanya kalo lagi di jalanan yang gak mendukung pernah nyoba punya temen.

  12. Bener nih. Terima kasih dah bahas soal PWR. Penting sering diabaikan. Dulu ane dikasih tau temen ane yg udah lama kerja di permotoran soal ini. Dan katanya Aerox emang yg nilainya paling bagus. Makanya ane beli Aerox

  13. Bener banget! Beda kepentingan juga bisa jadi pertimbangan beli motor. Kalo aq pribadi lbh suka NMAX. Dulu pertimbangannya PCX juga. PWR NMAX jg lbh bagus nilainya

  14. Aku baru tahu juga hahahha. Gak heran lah ya Aerox meskipun badannya terbilang bongsor tapi seimbang sama mesin dan tenaga yang dihasilkan. Mantap yamaha!

  15. W ngerasa juga sih kalo motor bawaannya banyak/bonceng orang yang badannya gede emang pengaruh banget. Konsep PWR ini emang penting. Aerox tak diragukan lagi lah

  16. W ngerasa juga sih kalo motor bawaannya banyak/bonceng orang yang badannya gede emang pengaruh banget. Konsep PWR ini emang penting. Aerox tak diragukan lagi lah

  17. Bener banget dah! Gue gak tau kalau konsep ini ada istilahnya. Tapi gw kalo mau beli motor salah satu yang dipertimbangkan adalah gede motornya. Dan Aerox menurut gue udah pas banget. Gak salah pilih dah emang!

  18. Klo PWR Aerox lebih bagus, kenapa yg laris malah NMAX yg notabene lebih mahal?
    Jadi PWR tinggi/seimbang atau apalah itu memang penting tapi bukan segalanya. Yamaha memberikan edukasi PWR ini kan seakan mau bilang gue juga jualan Aerox lho.

    • salah satunya ya karena itu, PWR selama ini bukan faktor yang dipertimbangkan kebanyakan orang. NMax juga wajar lebih laku krn lebih multi-purpose ketimbang Aerox

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s