Yamaha New MT-25 Menurut 7Leopold7

Mengikuti demand market global di kelas SIM Pemula, Yamaha memperbaharui motor naked entry level nya MT-25. Mewarisi aura gagah abang-abangnya, bgmn motor ini menurut saya.

Buat yg belum kenal, kenalan dulu, saya bukan kaum mending-mending. Saya pernah punya 2 jenis MT kelas diatasnya (09 dan 10), lengkap dengan pujian dan kritikannya.

Sekarang kembali ke kehadiran MT-25.

Metallic Blue-1.jpg

Pasar naked 250cc kian melemah ditanah air, ini terlihat dengan kendornya Z250 dan tidak diturunkannya new Z250 (meskipin Z400nya laku) ataupun Honda CB250 (meskipun CB300 Exmotionnya cetar). Meskipun begitu Yamaha tetap memutuskan melakukan penyegaran pada MT-25. Alasannya sederhana: kelas yang cukup laku di negara penganut sistem SIM berjenjang.

Namun kalau melihat penampakannya yang fresh dan didesain lebih gagah drpd MT25 versi sebelumnya, saya menduga kehadian New MT25 ini bisa sedikit menggairahkan market naked.

Alasan utamanya menurut saya ada pada desain.

Kita lihat satu-satu mulai dengan penggunaan suspensi USD. Pilihan masuk akal karena R25 dan MT15 juga sudah mengadopsi USD.

Kebutuhan USD pada motor naked mungkin tidak se-‘critical’ sport bike yang membutuhkan suspensi yang lebih rigid. Namun pada motor naked kehadiran USD sangat mendongkrak penampilan di area depan yang lebih terkespos karena ketiadaan fairing. Ibarat dua lengan kekar yang memberikan jaminan handling. Sedikit kekurangannya menurut saya adalah tidak digunakannya USD sepuhan warna gold; warna favorit yang dinilai umumnya mendongkrak tampilan USD.

Screenshot 2019-10-03 at 3.46.29 am

Foto: video TMC

Faktor kedua adalah desain headlamp yang total berbeda namun masih sangat MT banget. Clan MT generasi kedua (new MT-09, MT-10, MT-15) dicirikan memiliki design headlamp begins ala transformer. Pada New MT-25, tarikan dua mata DRL yang sipit bermura pada lampu utama LED bulat setipe MT-10. Menurut saya membuat MT-25 ini lebih futuristik dan keren dibandingkan MT25 lama dan MT15 baru. Lampu sen LED yang ramping dan tajam juga

Screenshot 2019-10-02 at 8.47.09 pm

Foto: video TMC

 

Screenshot 2019-10-02 at 5.13.43 pm

Foto: video TMC

Hal ketiga yang penting untuk disebut adalah tampilan tanki dan shroud didesain ulang agar lebih berkarakterΒ  clan MT. Dibuat lebih garang. Tidak sekedar seperti R25 yang ditelanjangin sampe ngilu dan lemes. Namanya naked, tentu desain harus terlihat sekekar mungkin. Desain shroud dan tanki nampak dikerjakan dengan serius dan konsep yang jelas.

Screenshot 2019-10-02 at 8.49.42 pm

Foto: video TMC

Bagaimana dengan performa mesin mas?

Don’t fix thing that doesn’t break. Nampaknya ini jadi alasan Yamaha tetap tidak mengupgrade dapur pacu MT-25. Udah cukup, kira-kira begitu. Idealnya memang karakter MT lebih bertorsi dan galak di RPM low-medium dibandingkan R25. Tapi halloooo ….. apa yang bisa diharapkan berbeda jauh dari satu mesin 250cc 2 silinder. Kalau mau enteng, galak dan torquey ya pake konfigurasi 250cc 1 silinder.

Sekarang untuk yang kurang positif menurut saya.

Buritan. Buritannya tidak helek. Tapi buritan ini sudah beredar 5 tahun lebih. Dipakai di R25, MT-25, dan bahkan new R25. Sebaiknya disegarkan dan disesuaikan dengan desain baru R25 yang YZF meruncing, ataupun clan MT yang lebih minimalis.

Kesimpulan

Saat kemunculan MT-15, saya sempat berharap sembari ngomel “kenapa kelas 150 cc justru lebih keren modelnya ketimbang yang 250cc?”

https://7leopold7.com/2019/02/05/yamaha-mt-15-menurut-mt09-dan-mt10-owner-sudah-cukup-mt-kah/

Dan ini sekarang jawaban dari Yamaha, New MT-25 merupakan facelift serius dari MT-25 sebelumnya. Dipikirkan dengan baik. Dugaan saya akan dapat respons positif dari market global.

Untuk market tanah air, saya kira desain fresh ini juga akan mendongkrak sedikit animo biker +62. Lebih baik ketimbang MT-25 lama. Ingat: desain atau penampakan depan memang faktor penting bagi biker kitah untuk mengambil motor. Faktor penentu “sreg” atau tidaknya di hati.

 

Advertisements

52 thoughts on “Yamaha New MT-25 Menurut 7Leopold7

  1. sepakat bro leo, bentuk r25 overall sdh lebih bagus, bukan sekedar r25 ganti fairing, hanya bagian belakang yg bikin bosan, karena bagian belakang ini sdh beredar terlalu lamaπŸ˜€

  2. Halo Om..

    Kenapa tulisan Om dari semua yg saya baca itu berbeda dg blogger2 lainnya? Blogger2 lain terkesan ctrl A, ctrl C, trus ctrl V (sponsornya lebih banyak lagi)

    Heran..

    Semoga lancar terus nulisnya Om.. πŸ™πŸΌ

  3. Sama seperti Oom Leo bilang … bagian belakang agak kurang, mungkin di akalin dengan ganti ban lebih lebar, buat ngimbangin buntut atas nya ya?

    Sama saya kurang sreg dengan celah antara tangki Dan headlamp… kayak ada β€œgaris” gak nyambung ….

  4. dengan range harga di kisaran 5jutaan antara versi old & new saya rasa udah cukup banyak fitur tambahan di New MT25 ini om. pernah ada yg udah modif old MT25 nya memakai USD R25 & headlamp MT15, harga seperangkat USDnya saja sudah lebih dr 5jt dengan setang model jepit (bukan baplang) belum lagi headlamp MT15 dan biaya customnya. overall new mt25 worthedlah bagi saya. dengan perbedaan harga yg segitu dan penambahan fitur yg lumayan.

    ntar kalo testride bikin videonya ya om leo, share di instagram biar bisa di reshare via snapgram 😁

    semangat berkarya om Leo sekembalinya ke Indonesia dari Aussie. Jangan lupa, tulisan tentang polhukam jg diupdate. Saya suka baca2 tulisan om Leo di bidang itu juga πŸ™πŸ˜Š

  5. Overall udh benar apa yg dilakukan Yamaha, toh menurutku bagian buritan gk jwlek2 amat om.
    Yg patut d acungi jempol adalah komposisi facelift area depan, serasa kompak dgn buritan yg sekarang. Good Job Yamaha.

  6. YESS! Keren, gagah, modern, ramping, teknologi&desain baru. Acungan jempol bwt yamaha, ini angin segar bwt MT lover&naked bike lover pda umumnya.

    Sya pribadi brhubung udh pnya R25 old, ikut brpartisipasi meramaikan dgn membeli lampu sein nya πŸ˜‚πŸ˜‚

  7. Saya malah suka dg buritan yg sekarang(rapi) drpd yg lama (ada tanduknya), MT itu kesannya egois dan bengal, jd emang cocoknya buat riding sendirian (kenyamanan pembonceng nomer sekian), apalagi yg warna item, lekuk desiannya keren, top

  8. Masalah buntut belakang memang bukan clan MT banget untuk MT 25 karena terlalu panjang dan tinggi ga kayak MT lainnya. Baiknya di pendekin dan jadi satu jok ga bertingkat

  9. Thanks Ulasannya om Leo

    Sebetulnya untuk Engine bisa dibuat diferensiasi dengan perbedaan mapping ECU, atau bila perlu saluran exhaust dibedakan sehingga peak torsi digeser di rpm lebih rendah dibandingkan R25.

    Overall, MT 25 Facelift ini keren !!

  10. motor naked modern era 2020 up nanti memang desain headlamp nya harus ala2 robotik gitu ya, udah beda trend sama era 2000an yg model tameng2 segitiga gitu (era 90an sebelumnya cuma bulat doank)

    semoga memang mendongkrak gairah pasar naked 250cc, karena modelnya sptnya sesuai selera pasar, kalo dulu MT25 cuma dikira Byson modifan, ato Z250 yang half fairingnya kedodoran, ato Inazuma yang desainnya ketinggalan jaman 10 tahun (selalu ada aja kontroversialnya) bikin orang males beli

  11. Secara keseluruhan bagus… Tapi misalkan buritan New R 15 bisa plug in di buritan new MT25, mungkin wow effect nya lebih cetar….

  12. Apakah ni emang sengaja dibikin produk nanggung y om,,
    All new nya tu persiapan euro 5 kah yg bentar lg berlaku di eropa

  13. Coba joknya dibuat lebih moderat nggak tinggi2 amat kyk cb300 atw cb650 pasti lebih tcakep mnurutku. Buat boncengan jg lebih nyaman. Itu DRL mengingatkanku pada DRL/lampu seinnya cbr250rr. overall kekar gagah cuma kurang suka sedikit desain shroudnya. Terutama yg mnyatu di tangki

  14. heran klo baca apaun dr om leo, adem, sarat ilmu… ga menjatuhkan, lihat aja paragraf “kurang positif’…. yg baca fansboy pun ga jadi tersungging…. hahahhahahaa

    mantap om…

  15. semoga kedepannya mesinnya berubah jd CP2
    R25 dengan buntut yang mirip R1 trus MT25 mirip MT10/MT09 dengan begitu naiknya harga worthed sama apa yang didapet . .

  16. Tak sekedar r25 yang ditelanjangi Sampai ngilu,lemas, dan terduduk di ujung springbed sambil memeluk dengkul berusaha menutupi apa yg seharusnya tak diumbar.
    Beberapa lembar rupiah sudah tertumpuk di atas meja rias yang tak seberapa besar itu..

  17. Kesimpulannya, diluar mesin MT25 yg lebih powerfull. Secara model lebih ok yg mana om? Khususnya untuk daily use. New MT25 atau MT15?

    • Kalau daily use lebih MT15 soalnya torsi dapet walaupun peak power di sunat di RPM 9500an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s