Melihat Kemungkinan AHM Produksi Sendiri Honda ADV 250

Khabar sedap-sedap ngeri bahwa Honda akan mengeluarkan versi matic beraroma adventure sebenarnya sudah semenjak tahun lalu setelah Forza 250 diluncurkan. Bakal ada versi dual sport nya alias Honda Forza 250 ADV.

adv

Ini Honda X-ADV, sang sumber inspirasi

Berita ini pun kemudian tenggelam dengan isyu kencang akan hadirnya edisi 150cc dari matic tersebut. Selanjutnya ya kita sudah tau kelanjutannya.

Mari kita kupas satu persatu khabar sedap ini.

Pertanyaan Pertama: apakah Honda Forza 250 ADV mungkin?

Dari segi teknis, jelas sangat mungkin. Basic motornya sudah ada dan diproduksi oleh Honda AP Thailand. Pengembangan lebih lanjut dari segi spec yang khusus/lebih jelas jawabannya sangat mungkin.

Dari segi parts, diperkirakan lebih dari 75% parts antara Forza 250 dan versi ADV akan berbagi common parts. Ini jelas meringankan dari segi produksi maupun layanan after market.

Dari segi ceruk market, jelas produk ini akan punya pasarnya sendiri. Mungkin tidak akan sebesar Forza 250, karena kelasnya memang segmented dan harganya akan lebih mahal.

Jadi dari tiga aspek diatas, jelas motor ini sangat feasible dan menguntungkan untuk diproduksi. Jika tidak ada maka akan ada profit opportunity yang hilang.

 

Pertanyaan Kedua: Apakah Benar Motor Ini Akan Diproduksi oleh AHM?

Nah pertanyaan ini memang jadi lebih rumit.

Dan isyunya bukan hanyaย soal teknis seperti ketersediaan parts dan vendor di Indonesia atau di regional.

Ini satu keputusan besar yang harus diambil Honda Jepang. Baik dalam konteks persaingan Honda Thailand vis-a-vis Astra Honda Motor. Maupun dalam konteks strategi bisnis global.

Satu faktor lain yang mungkin jadi pertimbangan untuk mengambil keputusan adalahย  Honda Corp Japan bukan pemilik mayoritas saham AHM. Jardine, sebuah grup yang teregisterย di Singapore, melalui anak perusahaannya Jardine Cycle & Carriage memiliki mayoritas saham Astra Internasional. Jardine sendiri memiliki saham di beberapa industri otomotif di regio ASEAN.

Tentunya kemudian ada faktor persaingan antara Honda di Thailand (AP Honda atau Honda Motorcycle Thailand) dan Indonesia (AHM).

Mengingat Forza 250 adalah produksi AP Thailland, saya menduga akan sangat sulit bagi AHM untuk bisa mendapat approval dari Japan untuk memproduksi sendiri versi ADVnya. AP Thailand tentu juga tidak akan rela begitu saja diambil. Terkecuali ada kesepakatan pembagian line-up AP Thailand utk 300cc pasar global, dan AHM utk 250cc pasar domestik dan Jepang.

 

 

Advertisements

52 thoughts on “Melihat Kemungkinan AHM Produksi Sendiri Honda ADV 250

  1. dengan pengetahuan dan wawasan yang baik, tulisan di blog ini selalu memberikan penjelasan yang sangat bagus dan rasional. terima kasih om leo ๐Ÿ‘

  2. Jd kemungkinan blm ada kepastian ADV250 lokal ya om (atleast sementara ini) sampai ada deal khusus antara AP thai dan AHM. yah sebetulnya kasusnya mirip CB exmot & CB SF yg sebenrnya seibu tapi beda bapak. gitu mungkin ya om?

  3. Ada yg menginfokan kalau ADV250 ini bakal “local made” sehingga nanti scra harga bisa mepet XMax…., tapi stlh membaca ulasan om Leo diatas sprtnya kans untuk jadi” local made” kemungkinannya msh 50:50 ya malahan…

  4. Mungkin tergantung pasarnya jg om, kalo dari riset internal AHM masuk skala keekonomiannya bisa saja jadi local product. Syukur2 mesin yg digunakan sudah generasi baru dgn teknologi vtec

    • saya kira pertannyaannya bukan apakah AHM sanggup secara teknis ataupun efisiensi biaya produksi lokal. Tapi mempertimbangkan approval Honda Japan mengingat basicnya adalah Forza 250. PCX dan CBR150 bisa dibuat lokal terutama karena disetujui

    • ya semoga saja selain diproduksi lokal (dpt acc honda japan), juga jadi new product with new engine.. secara market cukup menjanjikan (sebelum yamaha ngeluarin other product dari xmax)

  5. seumpama jadi di produksi lokal dan hanya untuk market lokal dan mungkin japan apakah kasusnya akan sama seperti cbr 250rr, motor paling wah di kelasnya tapi lakunya cuma sedikit. gak nutup2 biaya produksi.

  6. hahaha sepertinya isu kualitas produksi juga berpengaruh, utk produk premium (kelas 250cc keatas) dan bakal diekspor ke negara2 maju, pastinya AP Honda Thailand lebih dipercaya dan berpengalaman lama, dibanding AHM

  7. Hmmm 50:50 ya chance adv250 bikinan lokal ahm, tapi di blog sebelah udah ada bocoran printilan adv250 udah ada di plant ahm

  8. Yang buat saya bisa tidur adalah, ini designernya orang jepang aseli atau dari ap honda or designer dari AHM om? Apakah setiap negara / region punya designer masing masing yang di ajukan ke honda jepang untuk di approve jadi produk massal dan di buat di negara mana.
    Tulisanmu selalu kunanti om leo..

  9. “AP Thailand tentu juga tidak akan rela begitu saja diambil. Terkecuali ada kesepakatan pembagian line-up AP Thailand utk 300cc pasar global, dan AHM utk 250cc pasar domestik dan Jepang”. Benar om Leo, tergantung pembuat kebijakan pusat memberi keputusan plan yang mana.

    Tinggal ahm bisa tidak membuat quality sesuai thai, dengan adanya part yang sedang diuji dan komparasi. Dengan harapan bisa bersaing dengan kualitas thai. untuk harga bila deal lokal, biasanya untuk new product biasa lebih high dari sebelah.

  10. Tetep Ninja ZX250RR. ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ
    Biar bisa eargasm…..

  11. Saya yakin adv 250 lokal, sama spt CBR 250rr ,karena AHM sangat perlu sekali utk menghamtam balik image matic gede itu Yamaha, yg sekarang msh melekat.

    Solusi 50:50 nya, adv 300 milik Thailand.

  12. Kalau ymh Ina bisa kualitas erofa saja bisa, kenapa ahm ngak bisa? Mudah saja , itu cuma masalah pembagian jatah, posisi saham, margin dan harga.

    Kalu adv 250 keluar, dan market AHM jadi 80% , plus kondisi Ina lebih baik dari sisi Investa si, bisa saja AHM jadi mengantikan Thai, atau minimal posisi nya sama dgn Thai.

  13. honda yamaha saling berbalas pantun..lha kawasaki suzuki gimana kabarnya om? katanya kawasaki mo bikin basis j125..suzuki mo bikin burgman 180..
    apa dah pada nyerah pusing ya liat tiap semester honda yamaha ngeluarin produk baru/facelift.. mungkin kasus di KPPU kemaren yg sudah vonis di MA itu ada kaitannya ?

  14. Honda Thai jg cari makan n lbh menglobal utk honda cc kecil jepang , market lokal AHM lokal n sedikit asean aja X ya ๐Ÿ˜Š

  15. Setelah kita baca artikel ini, Mari kita ambil secangkir kopi dan sebatang tembakau, duduk manis, dan beragan angan menjadi bosnya honda. Kalau saya memposisikan diri saya disana, mungkin saya akan memantau dulu marginnya adv150, ya mungkin untuk bulan bulan ini akan gegap gempita, baik penjualan di Indonesia dan hype nya di Asia (eropa juga sepertinya memperhatikan). Mungkin paling cepat agenda rapat tentang perlu tidaknya Adv250/300 adalah tahun depan. Tapi sepertinya bos honda pun tidak memikirkan itu, karena..ya ngapain bos repot2 mikir, kan udah ada devisinya sendiri. Hehehe

  16. Menahan diri dan rejeki sebisanya utk motor yg ada dan umum dipasaran sekarang.
    Niatin hati utk beli yg cc gede skalian, syukur2 dapet hibah an MT10 nya Om Leo buat dipajang dimarih. Ahayyy….

    Terima kasih untuk tulisan yang mencerdaskan ini Om Leo

    #nakedbike700ccwannabe
    #megaprosikorapopo
    #kelinganmbiyenbosseyopiksensik

  17. Banyak yg komen built quality Ahm gak sebagus thai dan terkesan karena ahm tidak mampu. Bro, Ahm mampu bahkan sangat mampu. Bukan tidak bisa tp tidak mau karena mau berhemat/ efisien. Lihat saja catnya yg terkenal tipis dan gampang buram. Mang Ahm gak bisa kasi cat mahal dan lebih tebal? Mang Ahm gak bisa kasi body plastik yg tebal?

  18. Apa sih yg gAK bisa buat ahm ……Ada tapi nya walaupun di Kasih ijin Honda jepang , Ap Thailand itu sering Kasih pelajaran secara gAK langsung apalagi soal style Dan design motor cb 150 r street fire vs cb 150 emotion sepertinya ap Thailand ngasih Tau kalau bikin motor tuh Kaya gini loh hehehehheheeh, cuma becanda and just my opinion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s