SELAMAT! Setelah KNALPOT PALSU, Indonesia kini juga dikenal dgn HELM PALSU!

 

Prestasi yang sungguh luar biasa bagi Indonesia sebagai market motor terbesar ketiga di dunia. China dan India, kedua negara ini tidak hanya menjadi market motor teratas, namun juga bangkit menjadi produsen otomotif yang perlahan kian disegani di pasar dunia.

Tidak kalah dengan dua negara itu, Indonesia juga sudah meletakkan dirinya di jajaran penjualan parts otomotif palsu. Pertama sebagai produsen knalpot palsu. Saya sering melihat warningnya di forum rider local termasuk Canberra Riders.

 

Dan baru saja MCN (tabloid motor kondang dari Inggris yang oplagnya mendunia) meluncurkan laporan investigative mengenai beredarnya helm palsu tersebut.

IMG_0479

IMG_0480-001.jpg

MCN melakukan pengetesan atas helm palsu tersebut (bermerk AGV dan ARAI) sesuai dengan standard keselamatan, salah satunya impact test di 4 titik yang berbeda dengan kecepatan 30 mph.

 

Dan hasilnya luar biasa, helm pada moment persentuhan impact pertama langsung pecah terbelah. Membuat kepala pengendara langsung terekspose dengan benturan utama.

 

MCN menekankan betapa berbahayanya penggunaan helm ini, karena sama sekali tidak berfungsi dalam kondisi minimal yang disyaratkan. MCN mengatakan rider pemula yang tidak mengerti product, lebih mementingkan gengsi dan resiko yang mudah dimanfaatkan untuk membeli helm ini.

IMG_0479-001

MCN di tajuknya mengindikasikan produsen helm ini adalah negara di Asia Tenggara. Namun di forum lain, jelas-jelas disebutkan nama Indonesia, serta warning untuk membeli helm dari tanah air.

 

Screen Shot 2019-07-24 at 4.12.27 PM.png

Dada saya sungguh sesak akan rasa bangga dan haru. Hidup INDONESIA!

Market motor ketiga terbesar di dunia!

 

Note bagi yang berkeberatan dan ingin berdebat dipersilahkan dengan menunjukkan identitas yang jelas.

Penulis sedikit mengerti hukum, bukan sarjana hukum lulusan Facebook (sejak 1998 pengacara LBH, S1 FH Undip, S2 LLM di Inggris, Diploma di Univ of Capetown, saat ini sedang S3 Kriminologi di Australia, semuanya beasiswa), 

65 thoughts on “SELAMAT! Setelah KNALPOT PALSU, Indonesia kini juga dikenal dgn HELM PALSU!

  1. Hehe, akhir2 ini memang marak helm KW seperti Shoei & Arai, malah penggemarnya jg banyak + harga sebetulnya ga murah, 1.2 – 2 jt an.
    Secara fisik sekilas mirip banget dengan asli + ada label merk asli nempel di plastik pelindung visornya, entah buatan mana. Saya pernah lihat di toko online macam t*k*pedia & bklapak ada yg jual.

  2. Jadi ragu, helm agv dirumah palsu apa kagak ya. Bedain secara fisik bisa gak om? Susah kl bedainnya harus lewat tes benturan.

  3. Memang lg rame helm2 fesyen
    Bagi bocah2 duid pas2an yg penting keren, safety urusan terakhir, umur udah ada yg ngatur KATANYA.

  4. Lebih baik merek lokal om Leo, bukan berarti merek luar jelek, cuma memang harganya sesuai wkwk. Masalahnya ialah banyak orang di Indonesia ini (memang tidak semua pasti) lebih peduli sama gengsi.

    Menurut saya helem merek luar palsu ini muncul karena ada oknum nakal yang melihat potensi pasar yang bermanfaat bagi mereka untuk dapat untung. Target mereka ya pasti orang yang hidupnya makan gengsi wkwkwk.

    • Tapi ada yang lucu om, contohnya saya, dengan motor saya sekarang si Betem, yang kalau dijual sekarang syukur banget kalau bisa laku 3 juta, dan helem lokal full face yang cukup mantap saat ini ada KYT NX Race mulai harga 2,7 juta ots Jakarta (2,9 juta ots Samarinda), terus ayah saya bilang, kenapa kamu tidak jual saja si Betem (meski pasti tidak akan saya jual) untuk beli helem? Masih ada kembali 100 ribu katanya wkwkwk. Semoga om Leo bisa menangkap joke dari saya ya hahahaha.

      Entah apakah edukasi penggunaan helem berkualitas yang masih kurang atau memang paradigma rerata masyarakat yang masih berpikir, untuk apa beli helem mahal-mahal, atau demi apa harga helem bisa lebih mahal dari harga motor yang dipakai hahaha.

  5. Sedih rek, padahal untuk keselamatan kepalanya sendiri.
    Lg pula helm lokal kayak NHK sudah punya kualitas yg bagus dengan harga terjangkau…

  6. Dr awal emang niat nya udah g baik tu produsen helm palsu…
    Safety harus nya tetap jd yg utama…
    Sekedar corak warna di tiru mungkin masih bisa diterima y…kalo sampai logo merk…duh jangan dah

  7. Saya termasuk yg aktif di dunia perhelman. Utk arai palsu itu biasanya brand nya TSR, secara kasat mata copy cat persis arai asli, dan hebatnya laris manis disini, selidik punya selidik kabarnya itu dari Malaysia dan banyak pedagang yg masukin ke Indonesia. Kalo agv palsu biasanya dari tiongkok contohnya brand Decken. Selain itu kreatifnya orang Indonesia banyak yg jago repaint pakai basic helm seperti kyt/ink/nhk supaya dibikin mirip helm kondang seperti arai/shoei/agv. Kalo saya pribadi sih melihatnya lebih banyak yg mementingkan gengsi dan tampilan supaya keren, mentereng dan tenar meskipun mengorbarkan keselamatan, apalagi buat rider yg modal pas-pasan tapi pengen beken.
    Malu sih sebenernya, seharusnya Indonesia terkenal karena prestasi positif bukan negatif. Semoga kesadaran rider kita mengenai hak cipta dan safety lebih baik kedepannya, termasuk ekonominya jg supaya ga doyan belanja riding gear palsu. hehehhe

  8. Wedew….
    Abis beli nolan n70 2-x, kok ada logo SNI? Itu beneran nggak ya om leo?.
    Ane belinya di toko terkenal di jogja.
    Mana nyesek abis 5,3jt…

  9. Digrup facebook helmet lovers banyak nih pak Leo (penjual & pembelinya). Malahan ada yang helm dql (tiruannya agv yang gak ada sertifikasinya sama sekali) direbus biar rada tirus, katanya biar makin agak mirip sama agvnya. Padahal harga helm dql itu 1-2 juta, direntang harga segitu banyak pilihan helm yang punya sertifikasi yang jelas dan bukan abal-abal (KUAT, NHK, Zeus, KBC, LS2, dll). Kalo dinasihatin mereka kadang malah ngeyel, kalo saya sih biar cuma make helm fullface 500rban yang penting mereknya jelas dan ada sertifikasinya (SNI & DOT)

  10. Asik juga nih Om kalo ditambahin tips ngebedain yg asli n palsu, kalo perlu ajakin juga para ATPM nya langsung biar jelas.
    Naksir helm e kang Rossi sayah, pas baca artikel ini jadi ngeri2 sedap mo belinya. Karena saya masih awam bginian.
    Makasih Om Leo

  11. Tantangan sih buat pabrikan helm ori dan pemegang brand supaya nyari produknya di Indonesia lebih gampang. Lha helm lokal yang harganya 200-300 ribu aja ada kw-nya gimana lagi yang harganya jutaan.

  12. Kebanyakan helm merek dql yg mirip² agv, kalo liat dimarket place itu pengirimannya dari tiongkok harga 900-1,2jt
    Kalo yg jual dari jakarta harganya diatas 1,5, kemungkinan dropshiper dari tiongkok

    Kalo di harga segitu beli helm kyt/ nhk udah dapet yg bagus, mnding lokal tapi berkualitas

  13. Tantangannya ada di edukasi thd konsumen, saat nggak ada demand maka produsen dan pedagang ya ikutan berhenti bikin dan jualan
    Di tanah air ini agak sulit berharap efektifitas faktor regulasi (aturan/perundangan) utk bisa mnegntaskan masalah macam ini

  14. ijin ninggalin jejak om leo..saya juga termasuk yang sering ngomel2 perihal helm palsu gini,kalo soal helm repaint beda kasus ya,karena biasanya ngambil basic dari helm lokal yang sudah lolos tes minimal SNI

    • Yang repaint tiruan banyak om kayak INK itu ada yg abal2 yang jual 100ribuan dari bentuk mirip bgt plek tapi pas dicoba ringan kata yg jual sih SNI tapi ane ragu juga. Lebih baik ambil kyt atau nhk toh harganya juga gak mahal

  15. Riding gear palsu banyak yg beredar di Indonesia.
    Mulai dari helm, jacket, sarung tangan, celana riding, sepatu, tas pinggang.
    Hampir semua ada palsu nya.
    Kadang banyak oknum rider yg lebih mentingin gengsi biar kelihatan mevvah daripada keselamatan nya sendiri.

  16. Saya mampunya snail supermoto, dah mayan cakep nemein kyt n mds halface ..motornya jg astrea grand ….. tapi ponakan pd berebut helm trx punya yg enteng 😂wkwkwk sekali banting pecah kaca plastiknya 😞 ….yah helm ber merek pd berat …

  17. Kalo model gp1 kayanya ori agv tapi buatan pabrik kyt karena mereka kerjasama cuma model jadul itu makanya murah, kalo kw2 yg saya tau tsr niru shoei sama arai dari malaysia, terus dql lain2 niru agv dari tiongkok, yg lucu mereka yg pake helm kw ini sensitif kalo dinasehatin hahaha

  18. Temen ane hampir aja mau beli helm kek gitu macam dql , mhr , tsr dll , untung ane arahin beli kyt nfr sayang duitnya 1-2jt udah bisa padahal dapet helm lokal keren dan aman , kebayang aja itu helm direbus (dql) dagunya bisa tirus dari situ aja ketauan shellnya tipis , lebih tipis dari ember plastik 😂

  19. Saya masih bangga dan senang dgn helm fullface yg saya beli di ymh sewaktu beli old vixi th2009 dan sampai skrng awet( sama dgn helm bawaan ymh mx edisi awal). Helm berkualitas, dipakai juga nyaman dan bukan abal2 plus kw atawa palsu 😊

  20. helm kw ini skrg banyak banget om. yg parah di situs fjb ol beredar bebas. padahal salah satu situs tsb tagnya “dijamin ori” sepertinya cuma jargon sj. yang paling bikin penasaran itu helm KW harganya gak murah juga. sekitar 1jt – 2jtan tapi ada saja yg beli. pdhl dengan harga segitu bisa dpt brand lokal dgn spek bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s