Ini Dia Tipe Ban Dual-Sport Untuk Honda 150 ADV

 

Satu hal yang buat saya kagum saat melihat penampakan Honda 150 ADV adalah pilihan bannya. Istimewa.

Mengapa? karena pilihan ban, seperti juga suspensi, sangat berpengaruh pada sebuah motor adventure.  Karena pilihan ban = menentukan berapa persen perimbangan peruntukan motor antara aspal vs tanah. Apakah 80% aspal + 20% light off-road, ataupun sebaliknya.

Itu sebabnya saat saya melihat ban yang terpasang, saya betul-betul asli salut dengan pilihan Honda.

Apa sih ban yang dipilih mas Leo?

Yang saya lihat adalah Dunlop D607 Dual Sport, Ini tapaknya sangat khas berbentuk kurva U terbalik dengan tapak tengah polygon yang besar, dikawal disisi tepinya tapak pendukung kecil lainnya. Biasanya dipasang kawan-kawan di motor adventure kelas mid-to-premium.

D607 200x200.jpg

Ada sedikit keraguan karena setahu saya ban ini dipakai pada velg dengan ring terkecil ukuran 17 inchi. Keraguan lain, ini bukan ban murahan, tapi sebagai produk andalan global mengapa tidak?

Awalnya saya sempat pikir Shinko SR428 yang tapaknya mirip dan punya line-up khusus untuk matic memang. Tapi sekali lirik lagi, jelas bedanya.

Apakah nantinya untuk versi produksi massal Honda akan menggunakan Dunlop D607 ini? Bisa iya, bisa juga tidak… ini yang perlu menunggu saat launching. Yang mestinya tidaklah lama lagi.

Tapi kalau benar begitu, maka menurut saya Honda terutama AHM brilian dalam mengeluarkan matic adventure ini utk pasar Indonesia dan global.

Spek Dunlop D607 Dual Sport

 

Advertisements

36 thoughts on “Ini Dia Tipe Ban Dual-Sport Untuk Honda 150 ADV

  1. Pingback: LES PRIVATE SURABAYA SMC 081230238023 WA | LES PRIVAT SURABAYA I LBB PRIVAT SURABAYA I BIMBEL SURABAYA I BIMBINGAN BELAJAR SURABAYA I LES PRIVAT SURABAYA SMC I LBB PRIVAT SURABAYA SMC I GURU LES PRIVAT SURABAYA I HARGA LES PRIVAT SURABAYA I BIAYA LES PRIV

  2. jadi inget X-Ride nya Yamaha yang katanya adventure matic, kelihatan banget gak ada apa2nya ketimbang ADV nya Honda… IMHO makin gak ada lawan nih kayaknya Honda kalo diliat dari line up nya sejauh ini… Gimana menurut mas..?

  3. Di 1 sisi salut dgn AHM yg mengisi setiap segmen produk, sisi lainnya heran dgn “ketidakberdayaan” pabrikan lain menghadapi AHM…

  4. Saya kutip ya om:

    “Ada sedikit keraguan karena setahu saya ban ini dipakai pada velg dengan ring terkecil ukuran 17 inchi. Keraguan lain, ini bukan ban murahan, tapi sebagai produk andalan global mengapa tidak?”

    “Apakah nantinya untuk versi produksi massal Honda akan menggunakan Dunlop D607 ini? Bisa iya, bisa juga tidak… ini yang perlu menunggu saat launching. Yang mestinya tidaklah lama lagi.”

    Dari sini saya bisa tebak kalau om Leo sepertinya sudah tahu kalau ban bukan pakai Dunlop hehe. Tapi saya yakin banget, orang yang mampu beli motor ini tidak akan pusing masalah ban, kalau ragu sama ban bawaan pasti tinggal cari ban yang lain yang sesuai keinginan.

    • Itu dia om, by the way ban Federal juga awet dan lengket kok wkwk, pengalaman saya pakai pada Betem (Supra X 2003) motor kesayangan saya waktu masih zaman SMK kalau pas hari panas, setiap ada tikungan patah sedikit pasti alamat footstep on fire hahaha. Kalau sekarang sudah mulai tua nyali ikut turun wkwk.

    • Bukan agak susah om kalau pas jalan dalam kondisi basah, memang licin wkwk. Tapi kalau pas kering dan kondisi jalan agak panas, lumayan mantap juga hehe.

    • Kalau om Leo pasti pengalaman lah ya wkwk, yang penting sih menurut saya tinggal kita sadar diri pas bawa motor dan tahu batas kemampuan dari ban yang dipakai hehe.

    • To bung zchide:

      Kembali saya kutip ya om Leo:

      “Ada sedikit keraguan karena setahu saya ban ini dipakai pada velg dengan ring terkecil ukuran 17 inchi. Keraguan lain, ini bukan ban murahan, tapi sebagai produk andalan global mengapa tidak?”

      “Apakah nantinya untuk versi produksi massal Honda akan menggunakan Dunlop D607 ini? Bisa iya, bisa juga tidak… ini yang perlu menunggu saat launching. Yang mestinya tidaklah lama lagi.”

      Maksud om Leo sebelum resmi rilis, dari teaser yang beredar ban yang dipakai itu mirip sama Dunlop bung, hanya saja menurut om Leo dari sisi ukuran dan harga sepertinya meragukan. Makanya om Leo bilang bisa iya bisa tidak, dan ternyata benar yang dipakai ban Federal. Kalau bung baca lagi pelan-pelan, bung pasti paham maksud om Leo hehe.

    • Makasih infonya mas David,

      Saya tau artikel om leo ini tayang sebelum launching,
      Saya hanya mau konfirmasi apakah bener pake federal dan mas david udah mejawabnya.
      🙂

    • To bung zchide:

      Sama-sama bung hehe, senang kalau disini komentar adem saling mengingatkan buat belajar bersama wkwkwk if you know what I mean hahaha. Saya juga masih banyak belajar soalnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s