Kesan Melihat Penampakan Honda 150 ADV: Agresif dan Adventure Habis. Product Global AHM?

Penampakannya tidak berbeda jauh dari hasil rekaan Kang Joe Motoblast dan TMC.

Perbedaanya: aslinya lebih agresif dan keren, terutama area knalpot dan belakang.

Komentar pertama saya: Gilak kerennn…

Area depan sangat terinspirasi olehj abang besarnya Honda X-ADV. Berbeda sekali dari Honda PCX ataupun Vario. Dua lampu dengan bentuk trapezium bak mata tajam. Dahi yang tajam namun tidak securam PCX, agak tegak memberi sudut yang pas untuk windshied ukuran medium to big. Ukuran yang pas utk motor semi adventure melindungi hingga dada bagian atas. Stang terekspose telanjang. Dudukannya masih bisa dipasang raiser agar lebih tinggi.

 

 

Velg masih palang, dengan ukuran kemungkinan besar 15 inchi. Shock masih telekospik. Agak terlihat kekecilan dibandingkan ukuran ban yang lumayan besar dan bertapak dual purpose.

 

Ke area tengah, sangat mengingatkan saya akan PCX, bahkan sisi dalam dari fairing depan mirip banget PCX. Begitu pula dek sedikit menukik ke depan, Masih nyaman, agak datar dg sudut dibawah 15 derajat. Sementara itu disediakan juga foot rest di sisi depan.

 

 

Motor terlihat sangat sporty dan agresif kalau dilihat dari samping dan belakang. Dengan sudut yang menghujam. Segaris dengan sudut knalpot yang juga menengadah gagah ke belakang.

 

Ukuran bagasi cukup besar mulai dari sisi boncenger. Memberi ruang kaki yang cukup bagi rider di depan.

Lampu belakang cakep banget, mirip PCX.

Shock belakang dual, kombinasi spiral dengan reservoir berwarna emas, Diduga jarak main suspense belakang cukup panjang, penting utk adventure matic yang berat di belakang. Motor ini juga dibekali dengan rem belakang disk berdiameter cukup lebar. Motor adventure khas.

 

Memang masih ada beberapa kelemahan:

  • Velg masih palang, gampang diganti.
  • Suspensi depan butuh diameter lebih besar, spek adventure. Ini juga bisa diakalin
  • Jarak antara posisi kaki dan stang terlalu dekat, menyulitkan bagi rider untuk bisa berdiri. Perlu raiser stang custom atau dek tambahan
  • Ground clearance masih rendah, nampaknya memang hanya utk light off-road.

 

Kelebihannya:

  • Desain dan style sangat advonturir
  • Kualitas bahan dan material akan baik mengingat ini akan jadi produk global AHM
  • Ban standar bawaan sudah dual purpose

 

Kesan saya?

 

Honda tampil total dan sangat strategis melakukan move pertama mengeluarkan matic 150cc adventure. Memang Yamaha punya X-Ride, namun menurut saya kelas ini kurang digarap. Dengan motor ini menjadi produk global saya yakin ini akan jadi hits dan menyumbang pemasukan besar untuk pundi AHM.

Melihat desain, saya yakin Honda ADV ini akan jadi favorit pencinta kepraktisan matic + advonturir. Motor ini tentu bukan utk trabas, hill climbing, MX atau ekstrim off-road. Tapi sudah sangat memadai utk tour adventure dengan medan kombinasi light off-road. Ada beberapa kekurangan, tapi masih sangat  bisa diatasi.

 

WELL-DONE HONDA !!

 

Competitors, now your move …

 

Advertisements

92 thoughts on “Kesan Melihat Penampakan Honda 150 ADV: Agresif dan Adventure Habis. Product Global AHM?

    • tidak dapat konfirmasi, tp basis mesin yang ada sudah cukup. Riset + produksi mesin baru malah membuat motor jadi tidak ekonomis

  1. Oooh Gini komennya Di FB .. sambil ngasih foto X-ADV ..

    Ya kalau cuma samain bodynya doang mah Kang fiberglass juga bisa bikin … Ujarnya sambil kasih icon ngakak..

    .. wkwkwk..

    • Kalau menurut saya tidak bung karena target market antara NMAX dan X-ADV 150 (mungkin bakal memang ini namanya wkwk) berbeda imho. Yang satu urban yang satu adventure (light adventure imo) hehe.

      Kalau dari AHM sudah bikin lawan NMAX yakni PCX, tapi tetap the power of first mover is tough to beat, NMAX tetap lebih laris dari yang saya lihat di kota tempat tinggal saya.

  2. Ndak ada foto motore, apa memang ngk di upload? ntar pakai box kiri kanan buat turing pas lebaran tahun depan ….bgaya peturing,

  3. Pingback: Hal yang sangat penting dari calon motor matik adventure Honda nanti: ukurannya | Mengupas soal motor

  4. Satu lg mungkin bs jadi kekurangan om leo terutama saat ini, dengan ban ring 15 akan sedikit sulit mencari ban gantinya, apalagi yg tinggal bukan di perkotaan

  5. X ride pelopor yg tersia2kan..sayang memang yimm kurang maksimal menggarap pasar adventurebike metik..desain udah keren2..di peslif malah ancur..ga x ride..ga vixion..ga scorpio,,,trio macan yg nyungseb gara2 salah desain…saya curiga..jgn2 desainer yimm pada bedol desa membelot ke ahm semua nih..honda makin kesini desainnya keren2,yamaha malah tambah ancur…semoga new n max desainnya tdk mengecewakan

    • Iya nih pdhl kmrn2 berita yg rame YIMM yg mau bikin matik adventure 150/x-ride 150, eh kok tau2 malah AHM yg brojol duluan, pdhl udah punya x-ride sbg pembuka pasarnya dan platform sasis&mesin 150 punya aerox sbg basisnya, tinggal menggarap desainnya yg sesuai pasar indo tp kok cuma kabar angin sj…
      Halooo YIMM….

  6. Pingback: UPDATE Kesan Pertama Sosok Maxi Scooter Honda ADV 150 2019, Agresif dan Mengejutkan! - IndoRide.com

  7. Om Leo pasti ini, terlalu, sudah lebih dahulu malah lihat gambar asli wkwkwk. Om kalau boleh saya titip pertanyaan sekalian, saya jujur belum pernah lihat X-ADV secara langsung tapi apakah nantinya posisi duduk untuk X-ADV 150 bakal bisa selonjor (atau setidaknya selonjor tipis) seperti NMAX juga?

  8. bah, honda nyiapin peluru lagi buat nutupin new nmax..
    saya agak skeptis sih yamaha mau invest jor joran untuk lawan honda, lebih mungkin bikin pasar baru yang belum tergarap, kasus vixion dulu, sekarang kasus nmax..
    kalo kata mas tri, mesti siapin barrier to entry, dan menurut saya barrier to entrynya dah ada, tinggal mainkan harganya aja sih..
    judulnya sekarang adalah, liat pergerakan nmax..

  9. Thanks atas pencerahannya, Om Leo! Udah seminggu ini rajin baca artikel dari mana aja tentang Honda X-ADV versi 150 cc ini. Semuanya berasaskan dugaan. Begitu tau ini berasaskan video call langsung dengan barangnya, saya langsung klik, baca dengan penuh semangat, dan makin pengin beli 😂

  10. Pingback: Gosip akan hadirnya Motor Honda Adventure Kelas 150 CC Semakin Berisik | rudyasmandara.com

    • Saya sih tetap menunggu X-Ride 150 atau olnyu NMax atau olnyu Aerox.. Sekarang cukup dengan si amazing Freego dulu.. Pakai si Freego aja sering lihat mata pengguna matik sebelah sekelasnya melirik depan bawan kanan motor saya kalau lg papasan maupun mereka yg lg ngetem.. Dan saya berharap motor listrik segera meluncur atau motor mesin 50 cc dari yamaha.. Matiknya..!!

    • Betul.. Serang dengan jitu dan lumpuhkan dia.. Bisa kok yamaha.. Kalau mba city diproduksi di Indonesia apalagi olnyu mba city (ada dua lg nih yg ditunggu2 : olnyu mba city n qbix) harga ga jauh dr nmax, saya langsung beli.. Ehhh ngomong2 kok banyak amat ya yg ditunggu.. Yaaa pokoknya siapa yg duluan brojol, sy langsung datang ke dealer terdekat dan terpilih..

  11. ini yang akhirnya jadi nmax killer..apa sebabnya..seperti biasa..Yamaha selalu membiarkan flagshipnya jalan sendirian..meski beda kelas satu maxi satu adv, tapi bisa dipastikan ini akan menjadi killer buat nmax, secara pcx adalah sesuatu yang tidak seperti yang diharapkan,
    sepertinya di depeannya akan mudah untuk nebak bagaimana jalur produlsi motor (IMO)
    Tmax—xmax(250)–nmax–
    Xadv–xadv(250)??-xadv150
    forza(250)–Forza(150)??

  12. Pingback: Deskripsi Tampilan Calon Honda ADV150 - tmcblog.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s