[UNOFFICIAL] Motor 4 Silinder Baru Sudah Di Tanah Air. Siapkan Dana Berapa? Apa Speknya?

Disclaimer dulu ya, ini tulisan bukan didapat dari sumber resmi/official pabrik. Jadi ga ada pihak yang harus dipertanggungjawabkan. Kalau teman=teman media/blogger konfirmasi ke sumber resmi juga pasti antara dikasi senyum atau dikasih jawaban yang ga boleh dipublish. Manajemen tentu butuh level of deniability.

 

Berita ini naik dan turun, karena memang sampai 3 tahun lalu ini masih berupa research project. Yang dikaji feasibility-nya. Baik dari segi market maupun spek teknis.

 

 

 

Ada beberapa teman yang pernah diajak test versi motor yang lama di jalur pendek dan tertutup untuk mendapatkan gambaran awal apakah teknologi ini memang ada tempatnya di market. Dan ini memang bukan hanya untuk di Indonesia.

Karena ternyata global market segmentnya cukup potensial untuk kelas ini. Akan keluar di dua kelas cc.

  • Satu mengikuti batasan kelas SIM A2 di luar yang saat ini bermain di rentang 400cc. Pasar global yang tumbuh pesat sekarang.
  • Sementara itu satunya lagi mengikuti regulasi seperti Indonesia dan Jepang agar tidak terkena tembok PPNBM.

Mengenai Spek Mesin

Sebagai motor 4 silinder, motor baru ini akan dipotong maksimal RPMnya pada angka kisaran 18ribu RPM. Ini adalah setting standard dengan menggunakan ECU merk D. Tentunya ECU bisa direflash atau jika kemudian beredar ECU edisi racing maka batasan RPM bisa dinaikkan.

Tenaga on crank juga dibatasi maksimal di angka 47 BHP. Demi alasan safety dan daya tahan. Ini kondisi standard ya.

Kalau ECU sudah diganti/reflash/piggyback, maka AFR (Air Fuel Ratio) dan derajat pengapian bisa dibuat lebih advanced, hasilnya lebih parah lagi, saya dibisikin bisa tembus ke angka 55. Tentunya untuk keperluan racing dimana, motor selalu dalam kondisi terkontrol, asupan bensin dan perawatannya.

Menunjang kebutuhan 4 silinder yang bekerja keras pada kitiran tinggi, diduga system injeksi tergantung pada throttle body dengan ukuran sedikit di bawah kerabatnya 2 silinder saat ini yang di angka 32mm. Ukurannya berbeda karena kubikasi per silinder mptpr 4 silinder lebih kecil dibandingkan 2 silinder.

DIdesain sebagai motor kompetitif, bukan motor santai, akan ada versi yang dilengkapi dengan ABS dan Quickshifter. Menjaga power di roda belakang, motor dibenamkan feature traction control yang kalau punya Kawasaki itu halus banget intervensinya.

Mengenai chassis dan bentuk.

Chassis akan mengikuti MODEL kakak tertua bernafas super. Ingat ya, modelnya, bukan berarti chassisnya sama, karena pasti beda. Sementara body dan design mengikuti kakak-kakak lain yang saat ini sudah ada di showroom.

Buritan belakang akan kuncup seperti pada kelas middleweight 2 silinder (NInja 650) atau superbike. Sementara tampak depan mirip middleweight berpiston 4 (New ZX636).

Swing arm akan mengikuti kelas middleweight 2 silinder (Ninja 650).

Berapa harganya?

Untuk menekan harga, motor diusahakan datang dalam kondisi CKD, bukan CBU. Jika bisa CKD maka tergantung versinya harga akan berada di antaraย  100-120 juta rupiah. Ini masih perkiraan ya. Kita harapkan harga yen dan dollar ga kacau dan ga ada perubahan kebijakan bea/pajak import ya.

Unit awal, bukan utk dijual, sudah sampai di tanah air ya.

Saya sih pasti ambil, insyaallah. Sobat sobit persiapkan diri ya.

 

100 thoughts on “[UNOFFICIAL] Motor 4 Silinder Baru Sudah Di Tanah Air. Siapkan Dana Berapa? Apa Speknya?

  1. “Kakak tertua bernafas super”, H2R om ? ๐Ÿค”

    Ikut nyimak & nunggu riview om leo,gk ikut beli ๐Ÿ˜

  2. Semoga bisa nabung lagi sepertinya cocok 250cc 4 cyl untuk kota besar jakarta secara z800 tenaganya terlalu mubazir buat saya ( alesan manis karena dah dijual ๐Ÿ™‚ )

  3. Wadaaauuuuuuuuuuu telaaaattttttt bisikan maut nya oooommmmmmmmmmmmmmmm. Duit tabungannya udah dipake buat beliin istri LCGC hadeeuuuwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

    Sakit aku om walo g bedarah

  4. wha ini, kelas yang akan bikin motor sport rame lagi, heboh seperti pas motor 2 silinder era modern (Ninja 250R Karbu) pertama kali ada, 11 tahun lalu, dah bosen liat matic2 gambot terus ๐Ÿ˜€

  5. Hmmm. Kira kira pajak e gimana mas? Beda tipis apa beda jauh sama 250 yang 2 silinder? #ngarepmurah.. Hehehe

  6. Beli second… Trus beli paket 400 cc… pajak dan SIM cukup 250cc, Yg penting body harus beda sama yang 2 silinder.. berharap disusul versi sport touring.. capek juga kalau harus bongkok terus… Z800 dirumah bisa tergeser ini… Sip dahhh

  7. Alhamdulillah.. sukses selalu tuk om Leopold..
    *ุขู…ูู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูŠู†ู’ ูŠูŽู€ู€ุงุฑูŽุจู‘ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ู*

  8. Diluaran 400cc, disini mesti 250cc. The dream comes true ya mas. Setelah di php bertahun tahun wkwk (sampe lupa kapan tepatnya isu ini mulai kedengeran). Eniwei, 1cyl user nyimak aja lah ๐Ÿ˜Ž

  9. Kira kira si fansboy pada sanggup beli gak ya? apa bisa nya cm nungguin uploadan youtube aja trus dengerin suara knalpot nya udah gitu aja beli mah kagak.. ๐Ÿ˜€

  10. Sayang sekali zx pake teralis om, huhuhuhu kawasaki udah ketemu resep teralis bisa nikung smooth? Kasian ktm belom nemu…

  11. WAAH.. NGILER PARAH.. DITUNGGU KALO ADA SPYSHOTNYA OM WKWKWKWKW, harus diakui emang kelas 250cc paling cocok di Indo, 600cc 4cyl dalem kota cuma pake gigi 3 mentok, itu aja ga redline, superbike apalagi.. nabung2 deh wkwkwkw

  12. bukannya pabrikan jepang umumnya emang pake denso yah? coba aja kalo rangkanya mirip gen 1, bukan kayak si napas super. beeeuh seksi baget kayaknya.

  13. Pingback: Siapa Target Market Kawasaki Ninja 250cc 4 Silinder? Siapin DP Sob | 7Leopold7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s