Tips penting utk rider Kawasaki KLX450R (Part 2) (Seputar jetting dan kelistrikan)

 

Sebagai sesama pemilik KLX450R, saya kali ini pengen share sedikit masukan penting dari mas Farkhan. Beliau ini pencinta dirbike yang sudah 7-8 bulan menunggangi KLX450R. Mas Farkhan sebelumnya juga pembesut Husqvarna TE250 utk main enduro. Sementara utk dual purpose mengandalkan CRF250 Rally dan DR200.

 

Ini catatan dari mas Farkhan yang banyak share perihal jetting pada KLX450R ini. Monggo silahkan disimak.

blog 7.jpg

  1. KLX450R didesain untuk enduro., sehingga menggunakan kick starter., namun memang sayangnya memang masih menggunakan teknologi karbulator, jadi sdh dilarang di beberapa negara., akhirnya mereka berusaha untuk mencapai emisi Euro2 dng settingan yg tentunya kering, dan cenderung panas mesinnya., namun masih cocok utk tipikal negara2 beriklim dingin.
  2. Jika dipaksakan digunakan di Indonesia dng setingan tersebur., maka:
  • -Mesin jadi panas bahkan overheat
  • -Starter jadi sulit krn ada pemuaian logam., sehingga suaian join part menjadi ketat
  • -Akibat panas., bensin cenderung menguap., sehingga AFR jadi berantakan.
  1. Karena didesain untuk enduro., maka KLX450 didesain seringkas mungkin:
  • Double Radiator., sehingga tidak perlu lagi extra fan (patut disyukuri., artinya desain tanpa extra fan ini berarti tidak mengandalkan kehandalan kelistrikan fan dan sensitivitas sensor temperatur utk bekerja normal., padahal kondisi di jalur2 extrim kadang2 radiatorpun penuh dengan tanah dan lumpur., dan sistem kelistrikan paling anti dng air dan kotoran)
  • Karena tanpa extra fan., sistem kelistrikannya sangat sederhana., dan cukup menggunakan baterai dan pengisian yg kecil., artinya seluruh tenaga (mesin) akan tersalur ke roda.,bukan untuk pengisian baterai dan perangkat2 kelistrikan lain.
  1. Untuk menyesuaikan terhadap kondisi di Indonesia., maka KLX 450 jangan pernah dipaksa digunakan dng settingan asli karena akan berakibat sangat fatal., mesin pastinya akan overheat., dan akan merusak komponen2., apalagi dalam kondisi pemakaian yang lama., untuk itu wajib lakukan perubahan berikut:
  •  Jetting ulang untuk menyesuaikan kondisi climate di Indonesia. Kawasaki telah menyediakan Jetting Kit untuk konsumennya untuk penyesuaian itu., namun mereka asumsikan tetap menggunakan knalpot standar., sehingga maksimal jetting yg tersedia adalah: MJ: 142, 145 dan 148., sedangkan PJ: 42., 45 dan 48. Settingan asli pabrik adalah MJ:142 dan PJ:42., ini sangat tidak sesuai dng iklim Indonesia
  •  Karena didesain untuk road legal di negara lain., maka lampu akan langsung menyala ketika mesin hidup., sebaiknya buat by pass lampu dng saklar tambahan., krn siang hari yg panas ditambah beban lampu., maka mesin akan makin terbebani
  •  Karena juga didesain untuk road legal., maka gearing dari KLX450R dibuat dng bandwidth yg lebar., baik putaran bawah – atas utk kecepatan maksimal di road., namun jika dipakai untuk Enduro murni., maka wajib melakukan seting ulang gearing agar tenaga maksimal disalurkan di putaran bawah ke roda., karena di jalur enduro., kecepatan 60 km/j sama saja adrenalinnya dng kecepatan 160 km/j di jalan raya.
  1. Untuk dipakai di enduro murni., sangat disarankan mengganti knalpot free flow yang mumpuni untuk kapasitas mesin 450 cc agar tenaga bawahnya terisi., sehingga torsi akan meningkat signifikan., untuk itu lakukan setting ulang terhadap jetting PJ., MJ dan juga jarum skep disesuaikan dng kebutuhan. Produsen2nya seperti JD Jetting., FMF., Two Brothers dll telah melakukan riset lama untuk KLX450R dengan harga yg cukup kompetitif., dan settingan rekomendasi di forum2 telah banyak., dan yg paling optimal adalah di angka: MJ: 165., PJ: 52 ., angin 2 1/4 – 2 1/2 putaran., dan jarum skep disesuaikan dgn kondisi ketinggian kita., dan dijamin KLX 450Rnya akan dasyat tenaganya., mesin dingin dan starter baik elektrik maupun kick starter hanya dng 1 kali tekan/injak.

 

Kalau mau lebih dasyat lagi dan lebih adem lagi pakai settingan MJ: 170., PJ: 55., Angin 2 1/2 putaran., dan jarum skep warna merah dan cincin ke 3., dijamin you will be a king of Enduro., tapi bensin tentunya akan lebih boros.

Cukup detil dan berdasarkan pengalaman mas Farkhan. Nah tentunya perihal jetting harus menyesuaikan lokasi tinggal bro dan exhaust system yang dipakai. Kalau settingan pas, start engine dari kondisi dingin pun ga ada masalah. Jrenggg langsung.

Dan tenaga berlimpah ruah. Nikmatnyaaa…

Screen Shot 2019-03-19 at 5.42.35 PM

Om Farkhan di tanjakan Babe pasca longsor

Advertisements

5 thoughts on “Tips penting utk rider Kawasaki KLX450R (Part 2) (Seputar jetting dan kelistrikan)

    • Klo segera mengakrabi bini mudanya, paling cepat bulan september. Tapi kalo masih menikmati bini tua dan nunggu restunya, ya bakalan lama reviewnya.
      Berdoa saja, segera dikangkangi saja bini mudanya begitu sampai di Indonesia hahaha

  1. “Karena didesain untuk road legal di negara lain.,maka lampu akan langsung menyala ketika mesin hidup., sebaiknya buat by pass lampu dng saklar tambahan., krn siang hari yg panas ditambah beban lampu., maka mesin akan makin terbebani”

    Dibagian ada kesalahan om, cara kerja regulator motor aka kiprok adalah shunt sistem, jadi kalo ada arus berlebih dari sepul maka oleh kiprok akan dibuang ke massa (dikonsletin) jadi meskipun lampu nyala atau tidak ngga berpengaruh ke tenaga mesin, karena strum yg dihasilkan klo tidak dipakai ke lampu atau charge aki, pasti akan dibuang ke massa oleh kiprok.

  2. Om boleh minta advis tempat yg rekomen buat setting carb klx450r? Punya sy susah starter & sering mati2. Sampe pegel starternya 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s