Upgrade Cerdas Honda CB500X. Middleweight Adventure Yang Kini Lebih Menarik Di Kelasnya.

 

 

Sejak di rilis di Indonesia, CB500X ini jadi salah satu moge favorit biker Honda pemula. Entry level dengan harga yang masuk dan handling yg bersahabat. Setelah 3 tahunnHonda memutuskan untuk mengupgrade keduakalinya CB500X membuat motor ini jadi lebih menarik menurut saya. Apa aja sih yang perlu bro/sis pertimbangkan?

cb500x

MCN 27 February 2019

 

Tenaga yang lebih berisi

 

Saya sempat merasakan sekitar 1 jam-an. Motor ini sangat nyaman handlingnya, namun setelah beberapa lama, apalagi yang biasa dengan cc yg lebih besar, akan merasakan butuh lebih banyak tenaga dari sector dapur pacu 500cc 2 silinder ini.

Dan persis di area iniah Honda melakukan upgrade pada generasi mesin 500cc-nya. Valve timing yg baru, airbox yang lebih besar dengan jalur masuk angina yang disempurnakan, gearbox baru, slip-and-assist clutch, dan exhaust baru yang membuat gas terasa lebih spontan.

Saya perlu coba sendiri nih, tapi menurut MCN dari hasil test ride, perubahan di sector mesin ini membuat motor terasa lebih bertenaga 20%an di rentang RPM bawah 3000-7000 RPM.

Screen Shot 2019-02-27 at 5.26.56 PM

 

Kemampuan Off-road yang meningkat

 

Kemampuan CB500X menghadapi jalanan off-road ditingkatkan, sesuai masukan pengguna. Perubahan itu meliputi:

 

  • Travel suspensi yang lebih panjang sehingga lebih mampu meredam medan light off-road
  • Ukuran ban depan naik dari 17 menjadi 19 inchi. Ini signifikan meningkatkan handling di kondisi jalanan kurang baik.
  • Ground clearance yang meningkat 1 cm menjadi 180mm, akan membantu CB melewati level permukaan yang tidak sama
  • Sudut putar stang yang bertambah luas memudahkan maneuver di track sempit
  • Posisi handlebar yang lebih tinggi (8mm) dan lebih dekat (3mm) dengan tubuh rider.

 

Screen Shot 2019-02-27 at 5.19.35 PM.jpg

CB500X tetap merupakan motor yang lebih berorientasi ke jalan raya, namun ubahan diatas menurut MCN membuat motor ini jadi lebih nyaman dan terkendali melewati light off-road atau jalan raya yg kondisinya di Indonesia ya tau sendiri deh. Penuh khianat.

 

 

 

Desain yang lebih Africa Twin

 

Konsep simplicity-adventure yang dibawa oleh Africa Twin diperkuat pada desain baru CB500X ini. Desain body, shroud radiator yang lebih panjang, tanki yang lebih ramping dan windscreen yang lebih tinggi membuat CB500X terlihat lebih adventure ready.

Honda juga memutuskan untuk mengupgrade dashboard semua kelas 500 (CB500X, CBR500R dan CB500F) dengan membenamkan LCD dash. Dash berisi semua informasi dasar, tidak terlalu fancy, tapi untuk ukuran 500cc light adventure cukuplah.

 

cb.jpg

PROs:

  • Desain dan kemampuan light-off road jelas lebih meningkat dibandingkan versi terdahulu.
  • Mesin terasa lebih bertenaga pada putaran bawa 3k-7k RPM.
  • MCN mengagumi kualitas finishing yang diatas kelasnya.

 

CONs:

  • velg jari-jari akan lebih flexible lagi menghadapi jalanan Indonesia yang banyak makan korban velg palang dari motor kelas entry level.
  • Kalau ada standar tengah bakal lebih mudah utk loading atau maintenance.

 

Kesimpulan:

 

Untuk kelas middleweight/light adventure di Indonesia ada CB500X, Versys 650 dan Vstrom 650. Ketiganya memiliki perbedaan cukup signifikan dan berdiri pada kelas harga yang cukup berbeda. CB500X 150an (harga versi 2016), Versys 170an, dan Vstrom 200an. Tergantung bagaimana AHM melakukan pricing. Tapi jika melihat ketiganya CB500X terlihat lebih bersahabat dan tidak se-intimidating dua lainnya.

 

CB500x-2019-2.jpg

15 thoughts on “Upgrade Cerdas Honda CB500X. Middleweight Adventure Yang Kini Lebih Menarik Di Kelasnya.

  1. Paket moge adventure entry level yg yahud om 😁.. kaki² ala africa twin/crosstourer bakal bikin lebih kerasa “adventure”, tgl menanti temannya honda x-adv, maka lengkaplah sudah 😁😁

  2. untuk kapasitas 500cc engga terlalu galak mesin CB500X ini, cukup lembut, bahkan CBR250RR dengan mode sport+ lebih galak, jadi memang cocok buat pemula

    Versys 650 memang bukan untuk pemula, jambakan mesin sudah cukup nggilani, ditambah tingginya jok + besar body + berat motor, kalo jarang bawa motor sport dengan dimensi besar, pasti kaget

    V Strom 650 blom pnah coba, jadi gak tau spt apa nih, mgkn lebih hebat dari Versys karena V Engine

    • betul, saya udh ngerasain sendiri engine 500cc yg lama terlalu empuk utk selera saya. Dan persis itu yg direvisi oleh Honda, dengan perubahan yg dibahas di artikel. Semoga lebih cocok nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s