Harga OTR Honda Forza 250 – Rp 76,5 jt. Hmmmm … Apa Kira-kira Strategi AHM?

Saya dapat kiriman foto dari bro Wira Pekerti yang memperlihatkan harga resmi Honda Forza 250. Tertera harga jual OTR adalah Rp. 76,5 juta. Hmmm kening saya berkerut.

forza 250

Tentu tidak bisa dihindari orang akan membandingkan dengan Yamaha XMax 250 yang hingga saat ini dibanderol di kisaran Rp. 56 juta. Alias 20 juta lebih murah.

Tentu salah satu pertimbangan perbedaan harga adalah Forza merupakan motor produksi AP Honda Thailand. Yang artinya ada biaya ekstra untuk pengiriman dan beraneka pajak tambahan.

Saya jadi berpikir mengapa?

Mungkin ini penjelasannya:

1. AHM belum menghadapkan Forza sebagai perebut market XMax. Iya dong dengan perbedaan harga segitu sangat signifikan (hampir 35% lebih mahal). Kalau memang ingin head-to-head, harga Forza harus mendekati XMax dan agak sulit dg status CBUnya. Saat ini Xmax laku terjual diangka 1,000an unit per bulan. Mengalahkan sport 250.

2. AHM lebih menempatkan Forza sebagai placeholder sambil melihat geliat market matic 250 dan mendapatkan persetujuan untuk memproduksi Forza 250 secara nasional di Indonesia. Tentu ini menyangkut persaingan antara prinsipal Honda Thailand dan Indonesia. Bukan semata soal penguasaan teknologi, atau sanggup tidaknya AHM produksi domestik.

Sebagai placeholder, konsumen tau: oh ada alternati lho utk matic 250 selain XMax. Ada disana.

Bro Wira sendiri sebagai salah satu penginden pertama yang sudah bayar DP jadi ragu-ragu untuk lanjut dengan harga yang resmi disampaikan di IMOS.

Kalau bro dan sis sendiri bagaimana?

forza

Advertisements

36 thoughts on “Harga OTR Honda Forza 250 – Rp 76,5 jt. Hmmmm … Apa Kira-kira Strategi AHM?

    • Yach om, itu mah cerita lama.
      Cuma kadang fb sebelah aja pura pura ngak tau. Palagi R & D honda di Thailand, yach dia lebih kuasa.

      Dlm.bisnis, walu satu merk, yach tetap bisnis jual beli.

      Beda ymh, memang indonesia sbg home Base R & D ymh Asia. Keputusan langsung dari ikatan Jepang utk bisnis di Indonesia.

  1. Yah, mahal amat ya, secara psikologis dan pembulatan sdh masuk 80 jt. Ya mesti bener2x ada kelebihan signifikan dari XMax, saya sih belum lihat itu, kecuali mungkin buatan Thailand masih bisa dianggap sesuatu kelebihan. Tapi saya sudah lihat xmax bagus kok.

    Mungkin sizenya yang lebih kecil bisa menarik orang, walau cuman beda tipis aja sih.

  2. Kalau dah ngasih TDP bisa di stop om? Terus uang yang sudah masuk bisa kembali 100% ga?
    Ngeri jiga si harganya, entah lah AHM ni ngerasa fans nya banyak kali ye…

  3. kalo gak salah bbrp bulan lalu SYM Crusym 300i harganya sekitaran itu jg, 70an jt.. lupa persisnya brp.. padahal cc nya udh diatas 250 yg berarti kena ppnbm,.. kalo diliat reviewnya di yutub sih cruisym cukup bagus jg.. harganya bisa deket bgt gitu..

  4. Bisa jadi itu harga 2019, xmax 2019 pasti naek.juga, entah jadi brp, jadi harga yg tertera sdh masuk harga inflasi. Ymh biasa inflasi per thn itu di angka 10% utk harga produksi. Katakanlah xmax jadi 60 jt, selisih berkurang. Tapi spt review para Blogger yg sdh coba keduanya di Thailand, forza punya sisi lebih dari kualitas. Xmax menang Power,, karena cc lebih dan jok lebih empuk. Tapi kembali ke konsumen, suka beli, duit ngak cukup batal, kecuali konsumen yg duitnya ngak berseri, suka yg beli, toh konsumen lain tau pasti tuh org duitnya banyak.

  5. Di Thailand saja yg lokal, forza lebih mahal.dari xmax yg impor dari Indonesia, jadi ngak mungkin harga forza dimareh cuma beda 5 – 10 jt.

    Kalu di thai forza lebih murah atau lebih mahal sedikit aja dari xmax, mungkin bisa selisih 5 – 10 jt.

    Yach konsumen yg duitnya nanggung pasti mikirin lah selisih 20 jt.

    Kalu kita mah cuma jas Jes jos aja, beli kagak.

  6. Klo uda kebelet ada uang dan Pengen ya no problem sih .. Beda kualitas build up pastinya tapii 75 juta utk 250cc ya ngerut dahi juga bagi yg ga kebelet2 bgt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s