[Perspektif MT-10 Owner] Yamaha FZ-1 Motor Andalan Paspampres dan Jokowi Saatnya Diupgrade

Kita semua sudah tau Jokowi pencinta motor. Bukan hanya utk dipajang, namun juga dipakai untuk meninjau proyek atau hobby personal. Kita sudah tau itu. Tapi tetep aja ajibb saat lihat presiden kita memilih naik motor untuk menghadiri pembukaan Asian Games di GBK.

1d8b2187-67c2-4f64-859a-35c2a2dbbfc8

Mungkin mirip dengan perasaan bro/sis saat hadir di acara wisuda atau mantenan dengan menunggang motor kesayangan kita. Yang non-biker mungkin agak sulit paham.

Yang menarik saya adalah pilihan Paspampres akan Yamaha FZ-1 sebagai sepeda motor tactical yang tepat dengan kondisi jalan macet di Jakarta.

paspampres

Pada umumnya moge pengawal selalu menggunakan moge besar gedabang berukuran 1300an cc ke atas. Ukurannya hampir menyerupai dimensi mini car.

Honda-Gold-Wing-Patwal.jpg

Namun di era SBY pada tahun 2010, Paspampres memilih Yamaha FZ-1, versi streetfighter dari Yamaha R-1 2005 era non-crossplane.

FZ-1 ini seat heightnya rendah, lincah (karena menggunakan sasis dan suspensi sportbike) dan sangat torquey dengan mesin 4 silinder segaris 1000cc. Cocok untuk kawal VVIP dalam kondisi jalan macet. Top speed yang bisa diraih antara 277 hingga 292 km/jam. Top speed saya kira tidak terlalu penting, akselerasi yang menjadi kebutuhan untuk jenis patwal. Torsi 106 Nm memungkinkan motor ini melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 2.7 detik.

Motor ini handlingnya juga lincah dan netral karena 51% bobotnya ada pada ban depan. Atraksi stoppie yang dilakukan oleh stuntman encess aja. Bobot kering motor sekitar 198 kg. Bobot basah 220 kg. Masih tergolong ringan utk moge patwal.

c3ad51657bbc95a5e93ccfa554828500.jpg

Motor ini diproduksi dan import langsung dari pabrik Yamaha di Iwata Jepang. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing alias YIMM mengimport secara khusus untuk keperluan Paspampres dan tidak dijual di pasaran di Indonesia. Kalau ada FZ1 yang beredar dan digunakan oleh umum itu kemungkinan diadakan oleh Importir Umum (IU).

Menurut saya sudah saatnya paspampres melakukan peremajaan motor kawal ini dengan mengganti FZ-1 dengan (kalau masih Yamaha) MT-09 atau sekalian MT-10. Kedua motor ini lebih lincah dan bertenaga dibandingkan FZ1.

Kelebihan yang akan didapat dari menggunakan MT-10 adalah: sudah dilengkapi dengan cruise control yang sangat berguna saat kawal dimana motor bisa distel melaju pada kecepatan konstan diatas 60 km/jam, konsentrasi rider bisa lebih untuk mengamati situasi.

Selain itu sistem traction control juga memungkinkan pengendalian motor yang lebih baik jika motor harus melewati kondisi jalan yg licin, baik disengaja maupun tidak.

Faktor lain tentu kemudahan pengadaan parts, karena FZ1 memang sudah discontinued dan digantikan dengan MT10 (atau FZ10 utk pasar Amerika bagian utara).

Kalau Paspampres butuh survey atau tes, silahkan ke Canberra utk coba-coba hehehe

 

IMG_0143.JPG

Advertisements

49 thoughts on “[Perspektif MT-10 Owner] Yamaha FZ-1 Motor Andalan Paspampres dan Jokowi Saatnya Diupgrade

  1. Sudah dua motor yang dapat promosi langsung dari Presiden: Kawasaki dan Yamaha. Tinggal nunggu Honda dan Suzuki aja nih 😁

  2. Sudah dua motor yang dapat promosi langsung dari Presiden: Kawasaki dan Yamaha. Tinggal nunggu Honda dan Suzuki aja nih 😁

  3. sejak ada video itu, harusnya byson karbu jadi naik daun dan inceran lagi unit sekennya, motor ini secara tampilan paling mirip FZ1,

    buat yg mau bergaya ala pak presiden tapi murah meriah, tinggal naik byson karbu warna item, lalu pake jas dan helm item, hahaha…..

  4. Itu edukasinya gimana ya buat yg nonton… viral sih viral tp apa sepsntasnya kaya gitu?

    Klo yg dicontoh ugal2an dijslannya gimana?

    Apakah dipikirin??
    Lha eong yg difilm ma iklsn aja ditulisi dilakukan oleh profesional.. jsngan ditiru dan lsin2.

    Ini makah dg bangganya bikin video viral make basic krpala negara!!!

    Helloowww ini mo dibawa kemaana negri ini klo cuma yg penting viral???

    • Semoga ada video susulan yg menjelaskan mana yg pantas ditiru mana yang kagak!

      Lampu hazard apa fungsinya kaya gitu ya?
      Stopie digang kampjng apakah dibolehin?
      Ngetrail lewat bak truk sperti itu dianggap wajarkah?

      Srjntulan dikemacetan seperti itu apakah patut dicontoh??

    • Nulis bellepotan itu banyak faktor… sekelas blogger wahid dinegri ini aja yv ngebaca ribuan pembaca banyaknkov tulisan belepotan apalagi saya yg cuma komentator melalui sebuah layar hp android!!

      Beda dg keyboard warior yg kerjaannya komen diblog mereka sangat terlatih buag ketik komen panjangblebar tanpa mleset satu huruf pun ..karena mereka kerjaan nya “keyboardwarior”

      Semoga paham.

    • Ane tahu ujung2 nya komen ini kemana nih?cuma 2 kemungkinan.
      1. FB akut brand sebelah
      2. Mau dibawa ke isu politik

    • Minum air kali Sentiong dulu geh baru koment, biar otak ngeres mu kaga ngotorin ini blog!!

    • Minum air kali Sentiong dulu geh baru koment, biar otak ngeres mu kaga ngotorin ini blog!!
      Ini blog otomotif woiii, jgn bawa2 politik!!

    • sudah makan dulu sana… wkwkwkwkwk
      btw bales komen seriusnya nih,… mendingan mana udah biasa pake motor terus mempertontonkan keahlian, drpd belom biasa pake motor begitu pake motor patwal, asal gas rem, tp ngegabruk.. terus kalo situasi dan lokasinya memang buat ajang show off knp nggak om? emak emak sama nenek nenek pake matic terus sein kanan belok kiri juga tau kalo mereka lagi show off buat ajang unjuk kebolehan, kalo dipake di jalan raya baru salah..

    • Oooo ketahuan yg penggitingan kearah poliyik siapa. ..akhirnya buka topeng sendiri…

      Uhuy

    • Nonton videone kagak sih luuu. .yg dicontohin divideone tuh jelas2 dijalan raya digang kampung ditengah kemacetan …

      Klo belum nonton tonton dulu…

      Trus dipikitin edukasinya sebelah mana ??

      Yg ada cuma breenti dahuluin orang nyebrang jalan tp tengok ugal2annya kaya apa

      Btw kog gak ada yg bisa jawab pertanyaan saya diatas?? Benar pa salah tuh contoh2 kesalahan yg video

    • Lampu hazard apa fungsinya kaya gitu ya?
      Stopie digang kampjng apakah dibolehin?
      Ngetrail lewat bak truk sperti itu dianggap wajarkah?

      Sruntulan dikemacetan seperti itu apakah patut dicontoh??

  5. selama ancaman ke presiden masih emak emak alay pake matic 100 cc sein kanan belok kiri mah ga perlu diupgrade om defisit neraca pembayaran neh πŸ˜€ πŸ˜€

  6. Om leo kq MT-10 blm pernah di bahas d blog nya,perasaan om leo jg lama gk update info,sy demen baca tulisane om leo,klo boleh request di bahas donk MT-10 nya om,syukron

  7. Hasil kebebasan reformasi demokrasi di Indonesia yg positip kita nikmati dan bersyukur atas usaha kreatif etalese asian gamesnya, yg negatif hanya bisa nyinyir dan mengadu domba, dan belaga bodoh, terima kasih atas artikelnya omπŸ‘

  8. Kalo boleh saranin om leo namain motor barunya Phantom sesuai dengan warna dan kesangaran motor MT10, saya alvin yang dulu dapet doorprice penamaan Regina di Baby RR a.k.a CBR250RR om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s