INDONESIA RAYA BERKUMANDANG! Galang Hendra Juarai SSP300 di WSBK Brno!! Lainnya Ditinggal Sekebon.

 

 

Setelah hari Jumat dan Sabtu tampil konsisten 0.3 detik selalu lebih cepat dari posisi di kedua, Galang Hendra memulai race ini dari posisi grid pertama.

Startnya luar biasa, berbekal karakter engine R3 yang lebih galak di bawah, Galang melesat. Sayangnya saat positioning memasuki tikungan 1, Ana Carrasco ambil alih.

 

Tempel ketat,  2 tikungan kemudian tanpa lama Galang salip lagi Carrasco

 

Setelah itu Galang Hendra makin tak tertahankan….

 

Bebas dari gerombolan, Galang bisa bebas mengeksekusi riding style dan racing linenya yg rapid an konsisten. Selisih waktu mencapai 0.5 detik per lap lebih cepat dari yang lain.

Screen Shot 2018-06-10 at 11.37.23 PM (2).jpg

Saat race tersisa 3 lap lagi terjadi crash di barisan belakang. Imanuel Putra Pratna!! Saya perhatikan betul marshall. Awalnya dari bendera hijau lalu ke merah. RED FLAGGG!!

 

Masih menunggu…. Tik tok tik tok….. dan karena sudah 2/3 race berjalan akhirnya keluar keputusan dari Race Director bahwa race sudah dinyatakan selesai. FULL RACE.

Saat itu Galang sudah di depan, ninggalin temen2nya 5 detik, sekebon. DAN BOCAH BANTUL INI JUARA SSP 300 teman-teman!!

Screen Shot 2018-06-10 at 11.09.04 PM (2)

Screen Shot 2018-06-10 at 11.09.10 PM (2).jpg

Memang ini bukanlah kemenangan pertama, akhir tahun lalu Galang juga memenangkan seri di Jerez sebagai pembalap pengganti. Namun kemenangan ini begitu berarti karena separuh musim, Galang dan R3 dikeroyok oleh pasukan Ninja 400 dan RC390 yang begitu superior dari segi kapasitas mesin.

 

Mengapa Galang Hendra bisa menang disini dan dengan selisih jarak begitu jauh? Komentator menyebut “pace” nya Galang “Meteoric”.

Padahal ini kelas SSP300 yang di seri-seri sebelumnya dikuasai oleh Ninja 400 dan RC390R dimana pemenang selalu dalam posisi rapat dengan posisi 2-3. Bahkan masih dalam satu rombongan,

Screen Shot 2018-06-11 at 12.01.46 AM.png

Jujur saja, saya juga ga ngerti, Tidak hanya faktor motor, karena pembalap Yamaha yang lainpun ditinggal Galang jauh hingga 5.5 detik. Kalaupun dipaksa, saya kira paling tidak ada beberapa factor:

  1. Sirkuit Brno yg penuh tikungan ini memang cocok dengan karakter R3 dan Galang. Meskipun kalah top speed cukup telak dengan motor lain (sampai 11 km/jam), namun Galang bisa memanfatkan kondisi penuh tikungan dengan riding style yang halus dan cornering speed yang lebih cepat daripada yang lain.
  2. Penerapan bobot minimal pada motor dan batas RPM membuat balap lebih seimbang setelah sebelumnya 10 besar selalu didominasi Ninja 400 dan RC390R.
  3. Bertubuh, mungkin paling, mungil membantu Galang memanfaatkan agility dan bobot motor yang paling ringan dalam melalap tikungan demi tikungan.

 

Yang pasti meskipun tidak diuntungkan dengan kapasitas mesin paling kecil, Galang tidak patah mental.

Saat diwawancarai Galang tidak bisa berkata-kata: ”Alhamdulillah bisa dapat posisi pertama. Terima kasih atas semua dukungannta, Keluarga, teman, dari tim dan seluruh masyarakat. Akhirnya bisa mengibarkan merah putih di podium. Dan saya akan melanjutkannya merah putih semakin di depan!”

Screen Shot 2018-06-10 at 10.51.52 PM (2).jpg

Terharu mendengar nama Indonesia berulang-ulang disebut oleh komentator dengan nada positif.

Selamat untuk Galang, utk Indonesia dan kita semua!!

 

 

 

 

Advertisements

19 thoughts on “INDONESIA RAYA BERKUMANDANG! Galang Hendra Juarai SSP300 di WSBK Brno!! Lainnya Ditinggal Sekebon.

  1. Congrats Galang, semoga bisa mengibarkan merah putih lagi di sirkuit – sirkuit lainnya, tetap konsisten di jalur kemenangan, kami semua rakyat Indonesia pasti mendukungmu sepenuh hati. Berkah ramadhan, semangat …

  2. Sebenarnya melihat gab dengan posisi 2 saat kualifikasi saya sdh yakin galang bakal juara…tp g berani bilang krn g mau mendahului kehendak tuhan… 😋😋

  3. Mantaaaapppp alhamdulillah… terima kasih Galang sudah bikin bangga kami se-Indonesia… belum pernah ada sembalap Indonesia yg menang di ajang dunia… semoga ini awal utk karir yg lebih gemilang kedepan… Go Galang! Utk merah putih semakin di depan…. *berkaca2 mata ane

  4. Tak terbantahkan diantara pemakai R3 galang pebalap tercepat.
    Bahkan dari seri pertama udah keliatan. Namun eksekusi saat kualifikasi dan race masih kurang rapi.
    Namun semenjak imola galang seperti udah tune-in dengan karakter balap worldssp300.
    Jika dihitung-hitung seri demi seri seri adalah pembelajaran, galang ini progressnya melejit naik terus.

  5. Liat tu catatan top speed tertinggi…beuuuhhh jauh
    Tapi menang ?
    Ya ya ya bukan hanya top speed
    Hebat
    Semoga terus dengan hasil positif…gooooooo

    • Ali Adrian yang benar. Kondisinya katanya sadar dan stabil tapi dengan trauma di berbagai tempat (politrauma). Mudah-mudahan bisa cepat pulih.

      Btw, kita sebenarnya tidak heran lagi Galang bisa menang. Tinggal menunggu waktu..

      Tanda-tandanya sudah ada. Dia konsisten di tiap balapan. Tiap seri selalu improve. Di beberapa FP terakhir pacenya bagus terus bahkan beberapa kali memimpin.

      Dia tampak dari planet lain karena pacenya jauh di atas pebalap dengan motor yang sama (Yamaha), hampir 1 detik tiap lapnya.

      Awal-awal seri orang Yamaha sudah praise kalau dia benar-benar berpotensi, dikasih motor yang sama persis dengan motor tahun lalu tapi fastest lapnya sudah lebih kencang 1 detik dari fastest lap tahun lalu. Itu baru awal musim, gimana setelah dia sudah terbiasa dengan motor, sirkuit, iklim luar negeri, dll.

  6. Semoga ga jd selebritis dadakan yg diundang bwt naikin rating tipi…dan muncul setan2 yg sok jd pahlawan merasa pling berjasa bwt karir kamu…go galang go indonesia..yes!

    • Ga usah heran bro… ntar bakal ada “beliau-beliau” yang menyambut Galang di Indonesia, pake acara gala dinner, yang jelas masuk tipi, padahal ga ada (atau minim) kontribusinya buat motorsport di tanah air. Mudah2an ga terjadi deh 😔

  7. Satu langkah utk berlari di dunia, terima kasih orang2x pendahulu yg telah berkorban ,tongkat estafet lanjut ,merah putih diatas berbagai merek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s